SILABUS TEMATIK KELAS V
Satuan Pendidikan :SD/MI
Kelas : V (Lima)
Semester : 1 (Satu)
Kompetensi Inti
KI
1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta
tanah air.
|
KI
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, mengajukan
pertanyaan berkenaan dengan dan mencoba berdasarkan rasa ingintahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
KI
4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia
Alokasi
Waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1 Menerima
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap jujur sesuai
nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Memilah
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.1
Menceritakan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
· Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila
|
Subtema 1: Organ Gerak Hewan dan Manusia (32 jam pelajaran)
· Di Kandang Kelinci
· Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia
· Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan
· Menulis
dan mengembangkan
ide pokok
menjadi sebuah paragraf
· Berdiskusi
menyebutkan pengertian,
fungsi,
dan cara menentukan
ide pokok
bacaan
· Mengamati
dan menceritakan gambar cerita tentang kelinci
· Mengamati
rangka organ gerak kelinci,
burung, katak, ikan, dan
kadal
· Membaca
bacaan gerak hewan
· Mengidentifikasi
dan menganalisis sikap-sikap
yang sesuai
dengan nilai-nilai
yang terkandung
dalam sila Pancasila
· Mengidentifikasi
potensi kekayaan alam bangsa
Indonesia
· Mengidentifikasi
dan menemukan contoh perilaku-perilaku
yang sesuai
dengan nilai-nilai luhur yang
terkandung
dalam sila-sila Pancasila
· Merangkai
sebuah cerita berdasarkan gambar
· Membaca teks berkaitan dengan gerak hewan
· Menyusun
cerita dengan menentukan
ide pokok
· Menggali
informasi dari bacaan untuk dituangkan ke dalam bentuk gambar cerita
· Menyebutkan organ gerak hewan
vertebrata dan
hewan avertebrata
Subtema 2: Manusia dan Lingkungan (32 jam pelajaran)
· Mengamati gambar
yang berkaitan
dengan aktivitas
yang memanfaatkan
kerja organ gerak manusia
· Membaca bacaan tentang
organ gerak
hewan dan manusia
· Menentukan ide pokok setiap paragraph dalam bacaan.
· Menulis
dan mengembangkan
ide pokok
menjadi sebuah
paragraf
· Menyelesaikan soal tentang pangkat tiga bilangan cacah
· Mengamati gambar tulang sebagai salah satu
organ gerak
manusia
· Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan
ide pokok
dari setiap paragraf
· Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai
organ gerak
pada manusia
· Mengidentifikasi
manfaat keragaman flora dan fauna sebagai sumber makanan bagi
kesehatan organ gerak
· Melakukan
gerakan menendang,
menerima, dan
menggiring bola
· Diskusi
untuk memahami fungsi masing-masing tulang pada manusia
· Mengidentifikasi
potensi kekayaan alam bangsa
Indonesia
· Mengamati
peta kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi
· Mencari
data tentang jumlah penduduk di daerah tempat tinggalnya
· Membaca dan menulis untuk menentukan
ide pokok
dari bacaan
· Mengamati gambar kenampakan alam dan buatan
· Menyebutkan kondisi geografis masing-masing pulau besar
di Indonesia
· Memahami
kondisi iklim di
Indonesia
· Mengidentifikasi
perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
· Mengidentifikasi
manfaat organ gerak manusia
· Menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf
· Menggambar
bentuk dan letak otot-otot pada manusia
· Menyebutkan
macam-macam gerak otot
· Menggambar organ gerak manusia
Subtema 3: Lingkungan dan Manfaatnya (32 jam pelajaran)
· Menentukan ide pokok setiap paragraph dalam bacaan
· Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
· Menentukan hasil akar pangkat tiga bilangan cacah
· Mengamati
gambar tulang manusia
· Mengolah
informasi dari bacaan dan menentukan
ide pokok
dari setiap paragraf
· Menyebutkan
berbagai jenis tulang manusia
· Melakukan
gerakan menendang,
menerima, dan
menggiring bola
· Diskusi
mengenai fungsi tulang pada manusia
· Mengidentifikasi
potensi kekayaan alam bangsa
Indonesia
· Mengidentifikasi
pengaruh kondisi geografis bangsa
Indonesia sebagai
negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat
· Membuat
kliping pengaruh kondisi geografis bangsa
Indonesia sebagai
negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat
· Membuat
laporan tentang perilaku
yang sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila
· Menyebutkan
asal daerah beberapa identitas budaya
· Menjelaskan
fungsi bandara dan pelabuhan
yang ada di daerahnya
· Mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis
Indonesia terhadap
budaya masyarakat
· Mengidentifikasi perilaku
yang sesuai
dan
tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
· Menyebutkan kelainan otot akibat kesalahan gerak
· Menggali informasi dari bacaan untuk dituangkan ke dalam bentuk gambar cerita
· Membuat komik
atau cerita bergambar berdasarkan teks
|
Bahasa Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis
4.1 Menyajikan pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual
|
· Teks tentang organ gerak hewan dan
manusia
· Ide pokok dari paragraf
· Cerita berdasarkan gambar
|
|
Ilmu Pengetahuan Alam
3.1 Memahami alat gerak dan fungsinya
pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
4.1 Membuat model sederhana alat
gerak manusia atau hewan
|
Rangka
organ gerak hewan (kelinci, burung, katak, ikan, dan kadal)
Organ
gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata
Organ
gerak manusia:
· Gambar tulang
· Jenis Tulang
· Fungsi Tulang
· Manfaat organ gerak manusia
Otot
manusia:
· Bentuk
dan letak otot manusia
· Macam-macam
gerak otot
· Kelainan/ gangguan otot pada manusia
|
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi
|
· Kondisi
geografis Indonesia
· Potensi
kekayaan alam
Indonesia
· Kepadatan
penduduk tiap provinsi
· Keberagaman
penduduk di daerah tempat tinggalnya
· Kenampakan
alam dan buatan
· Keragaman flora dan fauna di Indonesia
· Kebudayaan
daerah
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1
Memahami gambar cerita
4.1 Membuat gambar cerita
|
· Gambar cerita/komik tentang organ
gerak
manusia
|
Tema 2 : Udara Bersih Bagi Kesehatan
Alokasi Waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2 Menerima dengan tulus makna kewajiban, hak
dan tanggungjawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat
3.2 Mengemukakan pelaksanaan
kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari
|
Subtema 1: Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih (32 jam
pelajaran)
·
Menyebutkan dan mempresentasikan
informasi terkait dengan pertanyaan apa,
di mana, kapan, dan siapa
·
Menemukan
informasi dan membuat bagan cara kerja tentang organ-organ pernapasan
hewan
·
Menghitung dan menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda
·
Menjelaskan dan
mempraktikkan prosedur kombinasi lempar-tangkap dan berjalan dalam
permainan bola kecil
·
Mendeskripsikan dan
membuat bagan cara kerja organ-organ pernapasan pada manusia
·
Menjelaskan
ciri-ciri lagu bertangga nada mayor
·
Menyanyikan lagu
“Hari Merdeka”
·
Bermain alat musik
sederhana
·
Membaca informasi
dan menjelaskan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat
·
Mengamati gambar atau membaca teks
tentang pelaksanaan pengambilan keputusan dalam pemilihan ketua RT, Ketua RW, atau kepala
desa
·
Melakukan kegiatan
wawancara jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi
·
Membaca informasi,
mengidentifikasi, dan mempresentasikan jenis-jenis usaha dan kegiatan
ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang: pertanian, peternakan, perkebunan
dan kehutanan, perikanan, pertambangan dan perindustrian
·
Membaca teks dalam
buku.
·
Membaca informasi,
mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia
dalam bidang jasa
·
Melakukan
presentasi dan menyajikan satu produk unggulan dari daerah setempat yang merepresentasikan
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat setempat
·
Melakukan
presentasi dan menceritakan hasil pengamatannya atas pelaksanaan pengambilan keputusan dalam pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala
desa sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat
·
Membaca teks,
mengidentifikasi, dan membuat bagan fungsi organ pernapasan pada manusia
·
Melakukan praktik/
memainkan alat musik sederhana
·
Membaca teks dan
mengidentifikasi ciri-ciri lagu bertangga nada minor
·
Menyimak penjelasan
guru, membaca teks dan menjelaskan
jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat
·
Melakukan diskusi
dan mengambil keputusan bersama tentang
tanggung jawab sebagai warga masyarakat
·
Menyanyikan lagu bertangga nada mayor dan minor
Subtema 2: Pentingnya
Udara Bersih bagi Pernapasan (32 jam pelajaran)
·
Membaca teks
berkaitan dengan penyebab gangguan pernapasan
·
Membuat kalimat
yang berhubungan dengan kata tanya apa,
siapa, dimana, bagaimana, mengapa
·
Menghitung dan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penjumlahan pecahan campuran dengan penyebut berbeda
·
Melakukan gerak
tari menggunakan properti
·
Menghubungkan hak,
kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat
·
Mengidentifikasi
jenis-jenis usaha ekonomi baik perorangan maupun kelompok
·
Membaca cerpen
berkaitan dengan tanggung jawab
·
Menjawab pertanyaan
dari teks yang berkaitan dengan kata tanya apa, berapa, siapa, bagaimana, mengapa , dimana
·
Membaca pengaruh
kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat (produksi, distribusi dan
konsumsi)
·
Mengamati tarian
daerah yang menggunakan properti
·
Memberikan contoh
nilai-nilai penting dalam pengambilan keputusan secara musyawarah dan mufakat
Subtema 3: Memelihara
Kesehatan Organ Pernapasan Manusia
(32 jam
pelajaran)
·
Membaca teks yang
berkaitan dengan hal-hal yang menyebabkan kerusakan organ pernapasan
·
Mencari ciri-ciri
dari karya gambar cerita
·
Membuat gambar
cerita tentang cara memelihara organ
pernapasan manusia
·
Membaca teks
berkaitan dengan cara memelihara organ pernapasan
·
Membuat poster
tentang cara merawat organ pernapasan
·
Memantulkan dan
menangkap bola kecil
·
Menjawab pertanyaan
dari teks yang berkaitan dengan memelihara kesehatan
·
Menjelaskan
pemanfaatan barang bekas
·
Membuat cerita
bergambar diwarnai
·
Melakukan teknik
pewarnaan gambar
|
Ilmu Pengetahuan Alam
3.2. Memahami
organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara
kesehatan organ pernapasan manusia
4.2.Membuat model sederhana organ pernapasan
manusia
|
·
Organ pernapasan
pada manusia
· Organ pernapasan pada hewan
· Cara memelihara organ pernapasan pada manusia
|
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.3.Menganalisis
peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang
sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran
ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa
|
Kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa
Indonesia dalam bidang:
· Pertanian
· Peternakan
· Perkebunan dan kehutanan
· Perikanan
· Pertambangan
· Perindustrian
|
|
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Memahami gambar cerita
4.1 Membuat gambar cerita
3.2 Memahami tangga nada
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada
dengan iringan musik
3.3 Memahami Pola lantai dalam Tari kreasi daerah
4.3 Mempraktekkan Pola lantai dalam Tari
kreasi daerah
|
· Gambar ilustrasi (komik, karikatur, kartun)
· Tangga nada
· Lagu-lagu berbagai tangga nada dengan iringan musik
· Pola lantai tari kreasi daerah
|
Tema 3 : Makanan Sehat
Alokasi waktu : 96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.3
Menerima dengan tulus keberagaman sosial budaya masyarakat sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
2.3
Bersikap toleran dalam keberagaman
sosial budaya masyarakat dalam
konteks Bhinneka Tunggal Ika
3.3
Menelaah keberagaman sosial budaya
masyarakat
4.3
Menyelenggarakan kegiatan yang
mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat
|
·
Keberagaman sosial budaya masyarakat
|
Subtema
1: Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan (32 jam pelajaran)
·
Mengamati gambar iklan tentang makanan sehat
·
Mengidentifikasikan struktur kalimat pada iklan media cetak
· Menuliskan
hasil pengamatan terhadap iklan media cetak dalam bentuk peta pikiran
· Melaporkan
hasil pengamatan
· Mencermati
teks bacaan tentang organ-organ pencernaan hewan
· Mencari
informasi dalam kelompok tentang organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya
·
Melakukan gerak kombinasi jalan dan lari dalam permainan/olah raga
·
Mengamati iklan media cetak tentang pentingnya air
· Menyebutkan
unsur-unsur iklan
· Menggali
informasi dari teks bacaan
·
Mendeskripsikan organ-organ pencernaan pada manusia
· Membuat
poster tentang sistem pencernaan manusia
· Membedakan
organ pencernaan hewan dan manusia
· Mencermati
teks informasi tentang lagu bertangga nada mayor dan minor
· Menjelaskan
ciri-ciri lagu bertangga nada mayor dan minor
· Menyanyikan
Lagu “Mars Hidup Sehat”
·
Mengamati dan melaporkan interaksi sosial budaya lingkungan sekitar
·
Membuat cerita sederhana tentang interaksi yang memiliki tingkat
keragaman agama, budaya, dan adat istiadat
· Mengidentifikasi
interaksi manusia
dengan lingkungan alam dan sosial sekitarnya
·
Menjelaskan makna keanekaragaman yang tercermin dari cerita yang
disajikan
· Melakukan
kombinasi gerak lari dan lompat
· Melengkapi
diagram sistem pencernaan manusia
·
Melengkapi informasi fungsi organ pencernaan manusia
·
Memainkan alat musik sederhana untuk mengiringi lagu bertangga nada mayor
dan minor
· Merancang
iklan media cetak bersama kelompok
·
Menyajikan kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara visual
·
Mendiskusikan makna keragaman dalam proses kerjasama
·
Menyanyikan lagu “Mars Hidup Sehat”
diiringi alat musik ritmis sederhana
Subtema
2: Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh (32 jam pelajaran)
·
Mengamati iklan media elektronik
·
Mendemonstrasikan iklan media elektronik hasil pengamatan
·
Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan elektronik
·
Mencermati teks bacaan tentang
makanan sehat
·
Menjelaskan macam-macam gangguan pada organ pencernaan
·
Membuat poster yang menggambarkan
dampak makanan kurang sehat terhadap organ pencernaan
·
Membuat larutan elektrolit dengan komposisi tertentu
·
Melakukan gerak kombinasi lari dan lempar
·
Membaca teks bacaan tentang
penyebab gangguan pada organ pencernaan
·
Mencari informasi tentang properti
tari
·
Mengidentifikasi aktivitas
masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya
·
Membuat laporan hasil pengamatan
tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya
·
Menceritakan keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitar
·
Mencermati percakapan tentang takaran bahan untuk membuat kue
·
Berlatih mengerjakan soal yang
berkaitan dengan pembagian pecahan campuran
·
Menuliskan alasan perlunya gotong royong walaupun memiliki perbedaan
dalam hal agama, suku bangsa, pekerjaan, dan usia
·
Menceritakan
tentang keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya
·
Mengamati
lingkungan sekitar dalam upaya
pembangunan sosial budaya Indonesia
·
Mengidentifikasi
aktivitas masyarakat sekitar dalam
upaya pembangunan sosial budaya Indonesia.
·
Melaporkan
aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia
·
Mengamati iklan
tentang kesehatan
·
Mengidentifikasi struktur kalimat iklan yang diamatinya
·
Mencatat informasi yang disampaikan iklan tentang
kesehatan pada organ pencernaan
·
Melengkapi peta
pikiran tentang penyebab gangguan pada organ pencernaan
·
Mengidentifikasi
penyebab gangguan pada organ pencernaan
·
Membuat model dan
mengulas kembali tentang penyebab gangguan pada organ pencernaan manusia
·
Memeragakan gerak tari daerah menggunakan properti
dengan iringan tari
·
Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan tentang
keanekaragaman adat istiadat sosial
budaya dalam masyarakat
·
Membuat booklet yang
menceritakan keberagaman adat istiadat dan memberikan contoh kegiatan yang
mendukung keberagaman sosial budaya dalam masyarakat
Subtema
3: Pentingnya Menjaga Asupan Makanan
Sehat (32 jam pelajaran)
·
Menjelaskan iklan
elektronik
·
Mendemonstrasikan keunggulan produk/jasa dari iklan
tersebut
·
Menghitung dan menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan pecahan desimal
·
Membuat karya poster berbagai macam penyakit yang
mengganggu organ pencernaan manusia
·
Menjelaskan berbagai macam penyakit yang mengganggu
organ pencernaan manusia
·
Mencermati teks informasi dan mengidentifikasi jenis
dan fungsi karya seni rupa daerah
·
Menggali informasi dan mengidentifikasi pembangunan
ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia
·
Mencermati informasi dari artikel tentang nilai-nilai
kebersamaan dalam keanekaragaman
·
Membuat gambar yang menceritakan kebersamaan dalam
keanekaragaman
·
Melakukan diskusi tentang pentingnya nilai kebersamaan
dalam keanekaragaman sosial budaya
·
Mempresentasikan informasi produk iklan dari media
cetak atau elektronik dengan lisan, tulis, dan visual (gambar, film)
·
Mengidentifikasi berbagai macam
penyakit yang mempengaruhi organ pencernaan manusia
·
Mempresentasikan berbagai penyakit
yang mempengaruhi organ pencernaan manusia
·
Merancang karya motif batik
|
Bahasa
Indonesia
3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan
dari media cetak atau elektronik
4.4 Memeragakan informasi yang disampaikan paparan iklan dari
media cetak atau elektronik
|
·
Teks iklan
·
Struktur kalimat iklan
·
Informasi dari iklan media
cetak/elektronik
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.3 Memahami organ pencernaan dan
fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ
pencernaan manusia
4.3 Menyajikan karya (misalnya
poster, model, atau bermain peran) tentang konsep organ dan fungsi pencernaan
pada hewan atau manusia
|
Organ
Pencernaan pada manusia dan hewan
·
Organ pencernaan pada manusia
·
Organ pencernaan pada hewan
·
Cara menjaga kesehatan organ
pencernaan
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.2
Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya
terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang interaksi
manusia dengan lingkungan dan
pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat
Indonesia
|
·
Interaksi sosial budaya
·
Sosialisasi/enkulturasi
·
Pembangunan sosial budaya
·
Pembangunan ekonomi
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.2
Memahami tangga nada
4.2
Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik
3.3
Memahami pola lantai dalam tari
kreasi daerah
4.3
Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi dearah
3.4
Memahami karya seni rupa daerah
4.4
Membuat karya seni rupa daerah
|
·
Tangga nada
·
Lagu-lagu dalam berbagai tangga nada
dengan iringan musik
·
Pola lantai tari kreasi daerah
·
Jenis dan bentuk karya seni rupa
daerah
·
Pembuatan karya topeng, wayang, ukiran batik, ronce,
dan lain-lain
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.3 Menerapkan prosedur kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui permainan/
olahraga yang dimodifikasi dan/atau olahraga tradisional
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar melalui
permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
|
Kombinasi
pola gerak dasar pembelajaran atletik lompat jauh:
·
Awalan
·
Tumpuan
·
Melayang di udara
·
Mendarat
Lempar:
·
Awalan
·
Tolakan
·
Gerak ikutan
|
Tema 4 : Sehat Itu Penting
Alokasi Waktu :
96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.2
Menerima dengan tulus makna kewajiban, hak dan tanggungjawab sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
2.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai
warga masyarakat
3.2 Mengemukakan pelaksanaan kewajiban, hak dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan
kewajiban, hak, dan tanggung
jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Kewajiban, hak dan tanggung jawab
sebagai sebagai warga masyarakat
|
Subtema 1: Peredaran Darahku
Sehat (32 jm pelajaran)
·
Menganalisis ciri-ciri dan
bagian-bagian pantun
·
Menyimak isi dan amanat yang
terdapat pada pantun
·
Menggolongkan pantun yang dibaca
(pantun anak, muda, tua) dan jenisnya (nasehat, suka cita )
·
Membaca wacana tentang kewajiban,
hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
·
Mencoba mencari solusi pemecahan
masalah tentang hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat sebagai
keputusan bersama
·
Menyebutkan interaksi sosial yang
terjadi di masyarakat
·
Mengidentifikasi dampak dari
permasalahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat terhadap pembangunan (sosial, ekonomi, dan
budaya)
·
Mencari informasi organ-organ yang
berkaitan dengan peredaran darah manusia dan hewan
·
Mengamati gambar alur peredaran
darah manusia dan hewan
·
Melengkapi gambar dan membuat gambar
alur peredaran darah manusia dan hewan
·
Menghitung detak jantung teman
dengan atau tanpa alat
Subtema
2 : Gangguan Kesehatan Pada Peredaran Darah (32 jam pelajaran)
·
Membaca contoh pantun tentang
kesehatan tubuh
·
Membuat pantun bertema kesehatan
tubuh
·
Mencari berbagai informasi tentang
darah dan penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia dari sumber
belajar
· Menjelaskan penggunaan
jarak, waktu, dan kecepatan dalam kehidupan sehari-hari
·
Menyelesaikan soal cerita
tentang jarak, waktu, dan
kecepatan yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
· Melakukan
pengamatan aktivitas masyarakat di sekitarnya dalam pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi
·
Mengidentifikasi interaksi manusia
dan lingkungan melalui cerita
·
Menyimak cerita/video/film/gambar
tentang pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
·
Mencari informasi dari berbagai
sumber belajar tentang pelaksanaan kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengidentifikasi cara pengambilan
keputusan bersama
· Melakukan
gerak dasar kuda-kuda (depan, belakang, samping, dan
silang) dan gerak langkah (lurus, zig-zag, huruf U, segitiga, segi
empat, dan huruf S) dalam bela diri
Subtema
3 : Cara Memelihara Kesehatan Peredaran Darah Manusia (32 jam pelajaran)
·
Mengidentifikasi hal-hal yang
termasuk hak dan kewajiban dari tayangan video/film/gambar
·
Membuat pantun yang bertema hak dan
kewajiban dalam bermasyarakat serta membacakannya
·
Bermain peran tentang mengambil
keputusan bersama sebagai wujud tanggung jawab dalam kehidupan sehari- hari
·
Mengisi tabel hak dan kewajiban yang
sudah/belum dilakukan di rumah, sekolah, dan masyarakat
·
Mengisi tabel jarak dari rumah ke
sekolah, waktu berangkat, kendaraan yang digunakan dan waktu tiba selama 1
minggu
·
Menghitung kecepatan rata-rata
selama 1 minggu datang ke sekolah berdasarkan tabel yang dibuatnya
·
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu
·
Mendata cara ke sekolah dan
mengaitkan dengan cara menjaga kesehatan
·
Melakukan diskusi mengenai cara
menjaga kesehatan khususnya organ peredaran darah
·
Membuat dan mempresentasikan karya
komik tentang dirinya dikaitkan dengan hak dan kewajiban
|
Bahasa
Indonesia
3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan
dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
|
Pantun:
· Bagian-bagian
pantun
· Ciri-ciri
pantun
· Membuat
pantun dengan tema tertentu
· Menggolongkan
pantun
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.4
Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta
cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
4.4 Menyajikan
karya tentang organ peredaran darah pada manusia
|
· Organ
peredaran darah dan fungsinya pada
manusia
·
Organ peredaran darah dan
fungsinya pada hewan
·
Peredaran darah besar
dan Peredaran darah kecil
·
Cara menjaga kesehatan
peredaran darah Manusia
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia
|
·
Interaksi manusia dan lingkungannya
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.1
Memahami gambar cerita
4.1
Membuat gambar cerita
3.2
Memahami tangga nada.
4.2 Menyanyikan lagu-lagu alam berbagai tangga nada dengan iringan musik
3.3
Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah
4.3
Mempraktikkan pola lantai pada tari kreasi daerah
|
· Tangga
nada dalam musik
·
Ciri-ciri lagu bertangga nada mayor
dan minor
·
Menyanyikan lagu bertangga nada mayor
dan minor
·
Bermain alat musik sederhana
·
Pola lantai dalam tari kreasi daerah
·
Gambar ilustrasi
(komik, karikatur, kartun)
·
Proses pembuatan gambar ilustrasi
(komik, karikatur, kartun)
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.4 Menerapkan prosedur variasi gerak dasar lokomotor dan non
lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni beladiri**
4.4 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerak dasar seni beladiri**
|
·
Variasi
gerak sikap kuda-kuda/pasang dalam seni bela diri
|
Tema 5 : Ekosistem
Alokasi Waktu :
96 jam pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menerima dengan tulus manfaat persatuan dan
kesatuan sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
2.4
Bersikap jujur dalam penerapan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial
budaya
3.4
Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup
4.4
Menceritakan manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
|
·
Peristiwa Sumpah Pemuda 1928
·
Usaha yang dilakukan para pemimpin
bangsa demi terciptanya NKRI
·
Peta wilayah NKRI
|
Subtema
1 : Komponen Ekosistem (32 jam pelajaran)
·
Mencermati teks non fiksi yang
disajikan dalam bacaan
·
Menyimak penjelasan dan mencermati
teks bacaan, serta membuat pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan bacaan
·
Membuat bagan penggolongan hewan
berdasarkan jenis makanannya
·
Membuat teks non fiksi tentang
penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya
·
Menemukan pokok pikiran dalam bacaan
teks non fiksi
·
Membuat pertanyaan-pertanyaan
sehubungan dengan teks bacaan
·
Melengkapi bagan klasifikasi hewan
berdasarkan jenis makanannya
·
Membuat teks non fiksi tentang hewan
pilihannya dilihat berdasarkan jenis
makanannya
·
Mengenal perbedaan tangga nada mayor
dan minor dengan menyanyikan lagu bertema hewan
Subtema
2 :
Hubungan
antar Mahkluk Hidup dalam Ekosistem
(32 jam pelajaran)
·
Menyebutkan informasi penting dari
setiap paragraf dalam teks nonfiksi yang disajikan
·
Menjelaskan rantai makanan yang ada
pada suatu ekosistem
·
Menyatakan letak suatu benda
terhadap benda lain berdasarkan arah mata angin
·
Menyebutkan peristiwa-peristiwa
bersejarah penting dalam upaya pembentukan NKRI
·
Bermain peran peristiwa penting yang
terjadi dalam proses pembentukan NKRI
Subtema
3: Keseimbangan Ekosistem (32 jam pelajaran)
·
Menjelaskan hubungan antar komponen
ekosistem pada teks nonfiksi yang disajikan
·
Menjelaskan hubungan antar mahkluk
hidup dalam jaring-jaring makanan pada
suatu ekosistem
·
Menyatakan letak suatu benda
terhadap benda lain berdasarkan arah mata angin
·
Mengidentifikasikan berbagai jenis
karya seni rupa daerah
·
Memperagakan gerak tari daerah
dengan menggunakan properti
·
Menjabarkan makna kesatuan wilayah
sosial budaya
·
Mempresentasikan hasil diskusi
tentang makna kesatuan wilayah ekonomi
|
Bahasa
Indonesia
3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks
nonfiksi
4.7 Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks
nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
|
·
Informasi penting dari setiap paragraph dalam teks nonfiksi
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
3.5 Menganalisis hubungan antar
komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
4.5.
Membuat karya tentang
konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
|
·
Jenis makanan hewan
·
Klasifikasi hewan-hewan yang
termasuk dalam kornivora, herbivora dan omnivora
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai
negara kepulauan/ maritim dan agraris
serta pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
|
·
Letak, luas, dan karakteristik
kondisi geografis Indonesia melalui
peta
|
|
Seni
Budaya dan Prakarya
3.2
Memahami tangga nada
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai
tangga nada dengan iringan musik
|
·
Ciri-ciri lagu bertangga nada mayor
dan minor
·
Alat musik sederhana
|
Diambil dari www.gurusd.net
Tidak ada komentar:
Posting Komentar