SILABUS BAB 1 PENGUKURAN
Mata Pelajaran :
Fisika
Tingkat Pendidikan : SMA
Kelas :
X
Semester :
1 (Satu)
Tahun Pelajaran :
2014/2015
Kompetensi Inti:
KI 1 : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseputal, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Contoh Instumen
|
AW
|
Sumber Belajar
|
3.1 Memahami hakikat
fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan
angka penting).
4.1 Menyajikan hasil
pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat
untuk penyelidikan ilmiah.
|
· Pengukuran
dalam fisika
· Besaran
fisika
|
· Menentukan instrumen dan teknik yang tepat dalam pengukuran.
· Melakukan pengukuran dan menentukan nilai ketidakpastiannya.
· Meminimalisir kesalahan dalam pengukuran.
· Mengolah data dari hasil percobaan.
· Menyajikan hasil pengukuran.
· Memahami besaran-besaran dalam fisika.
|
· Suatu pengukuran berulang massa sebuah benda menghasilkan data
sebagai berikut: 12,5 g; 12,3 g; 12,8 g; 12,4 g; 12,9 g; dan12,6 g. Laporkan
hasil pengukuran berulang tersebut lengkap dengan ketidakpastiannya!
· Jelaskan kegunaan dimensi besaran!
|
… JP
|
· Buku Fisika untuk SMA/MA Kelas X
· Buku-buku referensi lain yang relevan
· Laboratorium
· Internet
· Media cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
...........,
..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Fisika
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar