Selasa, 24 Februari 2015

SILABUS KELAS X K 13



SILABUS BAB 1 PENGUKURAN

Mata Pelajaran             : Fisika
Tingkat Pendidikan     : SMA
Kelas                             : X
Semester                       : 1 (Satu)
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Kompetensi Inti:
KI 1         :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2         :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3         :   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseputal, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4         :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Contoh Instumen
AW
Sumber Belajar
3.1  Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting).
4.1  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah.
·  Pengukuran dalam fisika
·  Besaran fisika
·   Menentukan instrumen dan teknik yang tepat dalam pengukuran.
·   Melakukan pengukuran dan menentukan nilai ketidakpastiannya.
·   Meminimalisir kesalahan dalam pengukuran.
·   Mengolah data dari hasil percobaan.
·   Menyajikan hasil pengukuran.
·   Memahami besaran-besaran dalam fisika.

·   Suatu pengukuran berulang massa sebuah benda menghasilkan data sebagai berikut: 12,5 g; 12,3 g; 12,8 g; 12,4 g; 12,9 g; dan12,6 g. Laporkan hasil pengukuran berulang tersebut lengkap dengan ketidakpastiannya!
·   Jelaskan kegunaan dimensi besaran!
… JP
·   Buku Fisika untuk SMA/MA Kelas X
·   Buku-buku referensi lain yang relevan
·   Laboratorium
·   Internet
·   Media cetak/elektronik
·   Lingkungan sekitar.



Mengetahui
Kepala Sekolah



–––––––––––––––––––––––
NIP.

..........., ..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Fisika



–––––––––––––––––––––––
NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar