Kelas I, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya,
serta cara perawatannya
|
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan
kegunaannya serta cara perawatannya
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
1.3
Membiasakan hidup sehat
|
2.
Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
|
2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat
2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan
lingkungan tidak sehat
2.2 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan
lingkungan sekitar
|
Benda
dan Sifatnya
3. Mengenal berbagai
sifat benda dan kegunaannya melalui
pengamatan perubahan bentuk benda
|
3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di
lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
|
Kelas I, Semester
2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
4. Mengenal
berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan
yang sulit bergerak melalui percobaan
4.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak
(batere, per/pegas, dorongan tangan,
dan magnet)
|
Bumi dan Alam Semesta
5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
|
5.1 Mengenal berbagai benda langit melalui
pengamatan
5.2 Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
5.3 Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan
terhadap kegiatan manusia
|
Kelas II, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta
berbagai tempat hidup makhluk hidup
|
1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di
sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
1.2
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam
ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
1.3 Mengidentifikasi berbagai
tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
1.4 Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
|
Benda
dan Sifatnya
2. Mengenal berbagai bentuk
benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
|
2.1 Mengidentifikasi ciri–ciri
benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
2.2 Menunjukkan
perubahan bentuk dan wujud benda
(plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu
2.3 Mengidentifikasi
benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
|
Kelas II, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
3. Mengenal
berbagai sumber energi yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
|
3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang
ada
di
lingkungan sekitar
3.2 Mengidentifikasi jenis
energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
|
Bumi dan Alam Semesta
4. Memahami
peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
4.2
Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas III, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1.
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup
1.2
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
1.3
Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan,
rekreasi, istirahat dan olah raga)
|
2.
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
|
2.1
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
2.2
Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan
2.3
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
Benda
dan Sifatnya
3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda
berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
3.2
Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran,
bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran,
pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka
3.3
Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan
kertas
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi
dan Perubahannya
|
|
4. Memahami berbagai
cara gerak benda, hubungannya dengan
energi dan sumber energi
|
4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak
benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
4.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang
pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
|
5. Menerapkan konsep energi gerak
|
5.1 Membuat kincir
angin untuk menunjukkan bentuk energi
angin dapat diubah menjadi energi
gerak
5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehari-hari
|
Bumi
dan Alam Semesta
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya
bagi manusia, serta hubungannya dengan
cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
6.1 Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
6.3 Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi
kegiatan manusia
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara
dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
Kelas IV, Semester
1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Memahami
hubungan antara struktur organ tubuh manusia
dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
|
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan
fungsinya
1.2
Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
1.3
Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
1.4
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera
|
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
|
2.1 Menjelaskan
hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang
tumbuhan dengan fungsinya
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun
tumbuhan dengan fungsinya
2.4 Menjelaskan
hubungan antara bunga dengan fungsinya
|
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis
makanannya
|
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan
jenis makanannya
|
4. Memahami
daur hidup beragam jenis makhluk hidup
|
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan
di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing,
ayam, ikan
|
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan
lingkungannya
|
5.1 Mengidentifikasi
beberapa jenis hubungan khas (simbiosis)
dan hubungan “makan dan dimakan”
antar makhluk hidup (rantai makanan)
5.2 Mendeskripsikan
hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
|
Benda dan Sifatnya
6. Memahami
beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan
benda berdasarkan sifatnya
|
6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair,
dan gas memiliki sifat tertentu
6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan
wujud cair àpadat à cair; cair à gas à cair; padat à gas
6.3 Menjelaskan hubungan antara
sifat bahan dengan kegunaannya
|
Kelas IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
7. Memahami
gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
|
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya
(dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya
(dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
|
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat
di lingkungan sekitar serta
sifat-sifatnya
8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan
cara penggunaannya
8.3 Membuat suatu karya/model untuk
menunjukkan perubahan energi gerak
akibat pengaruh udara, misalnya roket
dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui
penggunaan alat musik
|
Bumi dan Alam Semesta
9. Memahami perubahan
kenampakan permukaan bumi dan benda langit
|
9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan
bumi dari hari ke hari
|
10. Memahami perubahan
lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
|
10.1 Mendeskripsikan
berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari,
dan gelombang air laut)
10.2 Menjelaskan
pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
10.3 Mendeskripsikan
cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
|
11. Memahami hubungan antara
sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
11.1 Menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.2 Menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
11.3 Menjelaskan
dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan
|
Kelas V, Semester
1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
|
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ
pernapasan manusia
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ
pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
1.3 Mengidentifikasi fungsi
organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran
darah manusia
|
2. Memahami
cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
2.1 Mengidentifikasi cara
tumbuhan hijau membuat makanan
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan
manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
|
3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian
diri hewan dengan lingkungan tertentu
untuk mempertahankan hidup
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian
diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu
untuk mempertahankan hidup
|
Benda dan Sifatnya
4. Memahami hubungan
antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai
hasil suatu proses
|
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan
penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas
4.2
Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang
perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap
|
Kelas V, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan
energi, serta fungsinya
|
5.1
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya
gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
5.2
Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah
dan lebih cepat
|
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat
suatu karya/model
|
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat
cahaya
6.2 Membuat suatu karya/model,
misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan
sifat-sifat cahaya
|
Bumi dan Alam Semesta
|
|
7. Memahami perubahan
yang terjadi di alam
dan hubungannya
dengan penggunaan sumber daya alam
|
7.1
Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
7.2
Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
7.3
Mendeskripsikan struktur bumi
7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang
dapat mempengaruhinya
7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air
7.6 Mengidentifikasi peristiwa
alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
7.7 Mengidentifikasi beberapa
kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan,
dsb)
|
Kelas VI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
|
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
1.2
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki
tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan
serangga) dengan lingkungan hidupnya
|
2. Memahami cara
perkembangbiakan makhluk hidup
|
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari
bayi sampai lanjut usia
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri
perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
2.3 Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
2.4 Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan manusia
|
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan lingkungan
|
3.1
Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam
(ekosistem)
3.2
Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang
mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
3.3
Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang
mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
|
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis
makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
|
4.1 Mengidentifikasi jenis
hewan dan tumbuhan yang mendekati
kepunahan
4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan
Alam dan kehidupan masyarakat
|
Benda dan Sifatnya
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda
|
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari
berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
|
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda
|
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab
perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan
untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kelas VI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
7. Mempraktikkan
pola penggunaan dan perpindahan energi
|
7.1
Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model
jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)
7.2
Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
|
8. Memahami
pentingnya penghematan
energi
|
8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya
dalam kehidupan sehari-hari
8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel
listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model
penerangan rumah)
|
Bumi
dan Alam Semesta
|
|
9. Memahami matahari
sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
|
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata
surya
9.2 Mendeskripsikan
peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
9.3 Menjelaskan
terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender
Hijriah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar