Program Tahunan (PROTA)
Mata Pelajaran :
Fisika
Tingkat Pendidikan : SMA
Kelas :
X
Tahun Pelajaran :
2014/2015
No.
|
Kompetensi Inti/Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
Semester 1
|
|
|
|
1.
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
2.
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun,
hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
3.
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
3.1 Memahami hakikat
fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan
angka penting).
3.2 Menerapkan prinsip
penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri).
3.3 Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak
lurus dengan percepatan konstan.
3.4 Menganalisis hubungan
antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus.
3.5 Menganalisis besaran
fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam
teknologi.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
No.
|
Kompetensi Inti/Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
Semester 1
|
|
|
|
4.
|
4 Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
4.1 Menyajikan hasil
pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat
untuk penyelidikan ilmiah.
4.2 Merencanakan dan
melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor.
4.3 Menyajikan data dan
grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak
lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
4.4 Merencanakan dan
melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan
dalam gerak lurus.
4.5 Menyajikan ide/gagasan
terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda).
|
.... Jam Pelajaran
|
|
Semester 2
|
|
|
|
5.
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.2 Menyadari kebesaran
Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
6.
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun,
hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
7.
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
3.6 Menganalisis sifat
elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari.
3.7 Menerapkan hukum-hukum
pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
3.8 Menganalisis pengaruh
kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari.
3.9 Menganalisis cara
kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh
cermin dan lensa.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
No.
|
Kompetensi Inti/Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
Semester 2
|
|
|
|
8.
|
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
4.6 Mengolah dan
menganalisis hasil percobaan tentang sifat
elastisitas suatu bahan.
4.7 Merencanakan dan
melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah
suatu pekerjaan.
4.8 Merencanakan dan
melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan,
terutama kapasitas dan konduktivitas
kalor.
4.9 Menyajikan
ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan
pembiasan pada cermin dan lensa.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
.... Jam Pelajaran
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar