Program
Tahunan
(PROTA)
Mata
Pelajaran : Matematika
Tingkat
Pendidikan : SMP
Kelas : VII
Tahun
Pelajaran : 20…/20…
No.
|
Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
Semester 1
|
|
|
|
1.
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
2.
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
3.
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa
bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan
bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan
bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan
contoh.
3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan
bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk
menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan).
3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas.
3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan
bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri.
3.12 Memahami berbagai konsep dan prinsip garis
dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
No.
|
Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
4.
|
4. Mencoba,
mengolah, dan mengkaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk
menyelesaikan masalah.
4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik.
4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang
terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang.
4.10 Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat
terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah
nyata.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
Semester 2
|
|
|
|
5.
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
6.
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif,
menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
7.
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
3.3 Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan
linear satu variabel.
3.7 Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat
Cartesius.
3.13 Memahami konsep transformasi (dilatasi,
translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri.
3.14 Menemukan peluang empirik dari data luaran
(output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data.
3.15 Memahami teknik penyajian data dua variabel
menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
No.
|
Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
8.
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.2 Menggunakan konsep aljabar dalam
menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
4.3 Membuat dan menyelesaikan model matematika
dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier
satu variable.
4.6 Menerapkan prinsip-prinsip transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan
nyata.
4.8 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi,
dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik.
4.9 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang
empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.
|
.... Jam Pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
.... Jam Pelajaran
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
|
..........., ..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Matematika
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar