Rabu, 07 Juni 2017

PROTA MATEMATIKA K13



Program Tahunan (PROTA)
Mata Pelajaran         : Matematika
Tingkat Pendidikan   : SMP
Kelas                       : VII
Tahun Pelajaran        : 20…/20…
No.
Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
Alokasi
Waktu
Keterangan
Semester 1


1.
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
.... Jam Pelajaran

2.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
.... Jam Pelajaran

3.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1  Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
3.2  Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
3.4  Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
3.5  Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan).
3.6  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas.
3.8  Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri.
3.12  Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
.... Jam Pelajaran

No.
Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
Alokasi
Waktu
Keterangan
4.
4.   Mencoba, mengolah, dan mengkaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1  Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
4.4  Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
4.5  Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik.
4.7  Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang.
4.10  Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata.
.... Jam Pelajaran

Semester 2


5.
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
.... Jam Pelajaran

6.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.3  Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
.... Jam Pelajaran

7.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.3  Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel.
3.7  Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Cartesius.
3.13  Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri.
3.14  Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data.
3.15  Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis.
.... Jam Pelajaran

No.
Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
Alokasi
Waktu
Keterangan
8.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.2  Menggunakan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana.
4.3  Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variable.
4.6  Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata.
4.8  Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik.
4.9  Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.
.... Jam Pelajaran


Jumlah
.... Jam Pelajaran




Mengetahui
Kepala Sekolah




–––––––––––––––––––––––
NIP.

..........., ..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Matematika




–––––––––––––––––––––––
NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar