RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama SMK : SMK
Mata Pelajaran : Dasar
Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester : X
/ 1
Pertemua ke- :
Alokasi Waktu : 7 X 45 Menit
Standar Kompetensi
|
Menerapkan Keselamatan,
Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
Kompetensi Dasar
|
Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
|
Indikator
|
Mendikripsikan Keselamatan dan kesehatan
kerja (K3) dengan benar
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu Mendikripsikan Keselamatan dan kesehatan
kerja (K3) dengan benar
.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
§ Keselamatan
dan Kesehatan kerja (K3) :
-
Pengertian
-
Tujuan
-
Program K3
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
|
||
Ø Kegiatan Awal :
|
||
·
Menjelaskan kepada siswa tentang
tujuan pembelajaran .
·
Menjelaskan kepada siswa tentang
manfaat pembelajaran
|
||
Ø Kegiatan Inti :
|
||
§ Mencari
Informasi secara berkelompok tentang diskripsi K3
§ Berdiskusi
dan presentasi kelompok tentang K3
|
||
Ø Kegiatan Akhir :
|
||
ü
Memberikan pertanyaan sekaligus
tugas kepada siswa.
ü
Memberikan pengarahan kepada siswa
untuk mempelajari materi berikutnya.
ü
Penutup
|
||
E. SUMBER BELAJAR :
§
Modul
§
Buku Referensi
§
Internet
§
SOP DU/DI
§
Audio Visual
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Materi
|
Tes
tertulis
|
Soal
uraian / Pilihan ganda
|
Tes lisan
|
|
Demonstrasi
|
|
Pengamatan
|
Mengetahui,
Kepala SMK
NIP.
|
Guru Mata Pelajaran,
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama SMK : SMK
Mata Pelajaran : Dasar
Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester : X
/ 1
Pertemua ke- :
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
Standar Kompetensi
|
Menerapkan Keselamatan,
Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
Kompetensi Dasar
|
Melaksanakan prosedur K3
|
Indikator
|
·
Prosedur kerja beserta struktur kerja sesuai lingkungan kerja
·
Bahaya terhadap lingkungan kerja
·
Perubahan terhadap lingkungan kerja baru dengan sikap popsitif
· Tanggung jawab terhadap
kerja
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu mengunakan software teks multimedia
dengan baik dan benar.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
a. Pengetahuan
§
Menjelaskan pengertian kesehatan,
keselamatan dan keamanan kerja.
§
Mengidentifikasi tujuan kesehatan,
keamanan dan keselamatan kerja
§
Mengetahui UU ketenagakerjaan
§
Mengetahui prosedur bekerja dengan
aman dan tertib
§
Memehami prosedur pencegahan agar
tujuan K3 dapat tercapai
§
Memahami hal-hal yang berkaitan
dengan keamanan
§
Laporan mengenai kejadian pencurian
b. Sikap Sadar dan
Teliti
c. keterampilan
1. Menerapkan
prosedur sesuai dengan SOP
2. Melaksanakan
prosedur kerja dengan memperhatikan standard kesehatan, keselamatan dan
keamanan ditempat kerja
3. Menginformasikan
laporan kepada pihak yang terkait dengan segera
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
|
||
Ø Kegiatan Awal :
|
||
Menjelaskan
kepada siswa tentang tujuan pembelajaran .
|
||
Ø Kegiatan Inti :
|
||
§ Memahami
pentingnya keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja.
§ Mengetahui
tujuan keamanan, kesaehatan dan keselamatan kerja ditempat kerja.
§ Memahami
UU Ketenagakerjaan
§ Memahami
prosedur bekerja dengan aman dan tertib
§ Mengetahui
prosedur pencegahan agar tujuan K3 tercapai
§ Menguasai
hal-hal yang berkaitan dengan keamanan
§ Memahami
dan melaporkan kejadian-kejadian pencurian
§ Kesadaran
dalam menjaga kesehatan
§ Teliti
dalam melakukan / melaksanakan pekerjaan
§ Melaksanakan
prosedur bekerja sesuai SOP perusahaan
§ Mengikuti
keaman, kesehatan dan keselamatan kerja dengan benar sesuai dengan perusahaan
dan relevan dengan PP dan syarat-syarat asuransi
|
||
Ø Kegiatan Akhir :
|
||
§
Guru menyimpulkan materi pelajaran
yang telah disampaikan
§
Penutup.
|
||
E. SUMBER BELAJAR :
§ Suma’mur,
Dr. P.K, M.Sc 1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: CV Haji Masagung
§ Bagyono,
2005, Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja Bidang perhotelan. Bandung : Alfabet
§ Husni,
Lalu, 1998. perlindungan Hukum Bagi tenaga Kerja di Indonesia. Univeritas
Mataram:Lemlit.
§ BSE
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Materi
|
Tes
tertulis
|
Soal
uraian / Pilihan ganda
|
Tes lisan
|
|
Demonstrasi
|
|
Pengamatan
|
Mengetahui,
Kepala SMK
NIP.
|
Guru Mata
Pelajaran,
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama SMK : SMKN
Mata Pelajaran : Dasar
Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester : X
/ 1
Pertemua ke- :
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
Standar Kompetensi
|
Menerapkan Keselamatan,
Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
Kompetensi Dasar
|
Menerapkan Konsep Lingkungan Hidup
|
Indikator
|
a.
Mendiskripsikan dengan benar
tentang konsep lingkungan hidup
b.
Menangani limbah sesuai dengan
konsep lingkungan hidup
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Konsep lingkungan hidup
2.
Penanganan limbah :
-
Cair
-
Padat
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
|
||
Ø Kegiatan Awal :
|
||
Menjelaskan
kepada siswa tentang tujuan pembelajaran .
|
||
Ø Kegiatan Inti :
|
||
§ Secara
berkelompok mencari informasi dan mendiskusikan tentang konsep lingkungan
hidup
§ Diskusi
dan presentasi tentang penanganan limbah yang sesuai dengan konsep lingkungan
hidup
|
||
Ø Kegiatan Akhir :
|
||
ü
Memberikan pertanyaan sekaligus
tugas kepada siswa.
ü
Memberikan pengarahan kepada siswa
untuk mempelajari materi berikutnya.
ü
Penutup
|
||
E. SUMBER BELAJAR :
§ Suma’mur,
Dr. P.K, M.Sc 1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: CV Haji Masagung
§ Bagyono,
2005, Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja Bidang perhotelan. Bandung : Alfabet
§ Husni,
Lalu, 1998. perlindungan Hukum Bagi tenaga Kerja di Indonesia. Univeritas
Mataram:Lemlit.
§ BSE
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Materi
|
Tes
Kinerja
|
Mengetahui,
Kepala SMK
NIP.
|
Guru Mata
Pelajaran,
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama SMK : SMKN
Mata Pelajaran : Dasar
Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester : X
/ 1
Pertemua ke- :
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
Standar Kompetensi
|
Menerapkan Keselamatan,
Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
Kompetensi Dasar
|
Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada
kecelakaan
|
Indikator
|
· Keadaan
darurat dan potensi keadaan darurat dapat segera diketahui dan menentukan
tindakan yang dibutuhkan dan melakukannya dalam lingkup tanggung jawabnya
· Prosedur
keadaan darurat diikuti sesuai dengan prosedur perusahaan
· Bantuan
segera dicari dari kawan sejawat dan orang yang mempunyai wewenang apbila perlu
· Melaporkan
rincian keadaan darurat dengan benar sesuai dengan aturan.
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa.dapat menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
a. Pengetahuan
1.
Mengetahui jenis-jenis bahaya
ditempat kerja
2.
Memahami tanda-tanda peringatan
bahaya ditempat kerja dan ditempat umum
3.
Mengidentifikasi situasi yang dapat
menimbulkan bahaya
4.
Memahami karakteristik tamu yang
mencurigakan
5.
Mengetahui prosedur keadaan darurat
di perusahaan disesuaikan dengan kondisi perusahaan
b. Sikap
Cepat, tanggap,
Apresiatif dan bersikap tenang
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
|
||
Ø Kegiatan Awal :
|
||
Menjelaskan
kepada siswa tentang tujuan pembelajaran .
|
||
Ø Kegiatan Inti :
|
||
§ Secara
berkelompok mencari informasi dan mendiskusikan tentang konsep lingkungan
hidup
§ Diskusi
dan presentasi tentang penanganan limbah yang sesuai dengan konsep lingkungan
hidup
|
||
Ø Kegiatan Akhir :
|
||
§ Memahami
jenis-jenis bahaya ditempat kerja
§ Mengetahui
tanda-tnda peringatan bahaya ditempat kerja atau tempat umum
§ Memahami
situasi yang dapat menimbulkan bahaya dan melaporkannya kepada yang berwenang
§ Mengidentifikasi
karakteristik tamu yang mencurigakan
§ Memahami
prosedur keadaan darurat diperusahaan disesuaikan kondisi perusahaan tersebut
§ Cepat
dan tanggap dalam situasi darurat
§ Apresiatif
terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat/emergency
§ Bersikap
tenang dalam menghadapi situasi darurat.
|
||
E. SUMBER BELAJAR :
§ Suma’mur,
Dr. P.K, M.Sc 1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: CV Haji Masagung
§ Bagyono,
2005, Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja Bidang perhotelan. Bandung : Alfabet
§ Husni,
Lalu, 1998. perlindungan Hukum Bagi tenaga Kerja di Indonesia. Univeritas
Mataram:Lemlit.
§ BSE
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Materi
|
Tes
Kinerja
|
Mengetahui,
Kepala SMK
NIP.
|
Guru Mata
Pelajaran,
NIP.
|
SUMBER: https://risinglab.files.wordpress.com/.../072-dkk-03-rpp-kesehatan-dan-keselamatan-b...
JIka dirasa masih kurang atau ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di kolom komenter.
Terima kasih.
Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar