Rabu, 07 Juni 2017

RPP K3LH SMK

Temen-temen seperjuangan yang kemarin minta contoh perangkat K3LH, smoga berkenan..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama SMK                     :    SMK
Mata Pelajaran                :    Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester             :    X / 1
Pertemua ke-                  :   
Alokasi Waktu                 :    7 X 45 Menit

Standar Kompetensi
Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
Indikator

Mendikripsikan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan benar


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu Mendikripsikan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan benar
.

B.  MATERI PEMBELAJARAN
§   Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) :
-  Pengertian
-  Tujuan
-  Program K3

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Simulasi


D.  Langkah-langkah Pembelajaran

Ø   Kegiatan Awal :


·     Menjelaskan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran .
·     Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat pembelajaran
Ø   Kegiatan Inti :


§ Mencari Informasi secara berkelompok tentang diskripsi K3
§ Berdiskusi dan presentasi kelompok tentang K3
Ø   Kegiatan Akhir :


ü  Memberikan pertanyaan sekaligus tugas kepada siswa.
ü  Memberikan pengarahan kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
ü  Penutup




E.   SUMBER BELAJAR :
§  Modul
§  Buku Referensi
§  Internet
§  SOP DU/DI
§  Audio Visual
F.   PENILAIAN

Teknik Penilaian
Materi
Tes tertulis
Soal uraian / Pilihan ganda
Tes lisan

Demonstrasi

Pengamatan


Mengetahui,
Kepala SMK




NIP.


Guru Mata Pelajaran,




NIP.





 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama SMK                     :    SMK
Mata Pelajaran                :    Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester             :    X / 1
Pertemua ke-                  :   
Alokasi Waktu                 :    10 X 45 Menit

Standar Kompetensi
Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
Kompetensi Dasar
Melaksanakan prosedur K3
Indikator
·   Prosedur kerja beserta struktur kerja sesuai lingkungan kerja
·   Bahaya terhadap lingkungan kerja
·   Perubahan terhadap lingkungan kerja baru dengan sikap popsitif
·   Tanggung jawab terhadap  kerja



A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu mengunakan software teks multimedia dengan baik dan benar.

B.   MATERI PEMBELAJARAN
a. Pengetahuan
§  Menjelaskan pengertian kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja.
§  Mengidentifikasi tujuan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
§  Mengetahui UU ketenagakerjaan
§  Mengetahui prosedur bekerja dengan aman dan tertib
§  Memehami prosedur pencegahan agar tujuan K3 dapat tercapai
§  Memahami hal-hal yang berkaitan dengan keamanan
§  Laporan mengenai kejadian pencurian
b. Sikap Sadar dan Teliti
c. keterampilan
1.  Menerapkan prosedur sesuai dengan SOP
2.  Melaksanakan prosedur kerja dengan memperhatikan standard kesehatan, keselamatan dan keamanan ditempat kerja
3.  Menginformasikan laporan kepada pihak yang terkait dengan segera

C.  METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Simulasi

D.  Langkah-langkah Pembelajaran

Ø   Kegiatan Awal :


Menjelaskan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran .
Ø   Kegiatan Inti :


§ Memahami pentingnya keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja.
§ Mengetahui tujuan keamanan, kesaehatan dan keselamatan kerja ditempat kerja.
§ Memahami UU Ketenagakerjaan
§ Memahami prosedur bekerja dengan aman dan tertib
§ Mengetahui prosedur pencegahan agar tujuan K3 tercapai
§ Menguasai hal-hal yang berkaitan dengan keamanan
§ Memahami dan melaporkan kejadian-kejadian pencurian
§ Kesadaran dalam menjaga kesehatan
§ Teliti dalam melakukan / melaksanakan pekerjaan
§ Melaksanakan prosedur bekerja sesuai SOP perusahaan
§ Mengikuti keaman, kesehatan dan keselamatan kerja dengan benar sesuai dengan perusahaan dan relevan dengan PP dan syarat-syarat asuransi
Ø   Kegiatan Akhir :


§  Guru menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan
§  Penutup.




E.   SUMBER BELAJAR :
§  Suma’mur, Dr. P.K, M.Sc 1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: CV Haji Masagung
§  Bagyono, 2005, Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja Bidang perhotelan. Bandung : Alfabet
§  Husni, Lalu, 1998. perlindungan Hukum Bagi tenaga Kerja di Indonesia. Univeritas Mataram:Lemlit.
§  BSE

F.   PENILAIAN
Teknik Penilaian
Materi
Tes tertulis
Soal uraian / Pilihan ganda
Tes lisan

Demonstrasi

Pengamatan



Mengetahui,
Kepala SMK





NIP.


Guru Mata Pelajaran,




NIP.










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama SMK                     :    SMKN
Mata Pelajaran                :    Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester             :    X / 1
Pertemua ke-                  :   
Alokasi Waktu                 :    10 X 45 Menit

Standar Kompetensi
Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
Kompetensi Dasar
Menerapkan Konsep Lingkungan Hidup
Indikator
a.  Mendiskripsikan dengan benar tentang konsep lingkungan hidup
b.  Menangani limbah sesuai dengan konsep lingkungan hidup



A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa.


B.   MATERI PEMBELAJARAN
1.   Konsep lingkungan hidup
2.   Penanganan limbah :
-     Cair
-     Padat


C.  METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Simulasi


D.  Langkah-langkah Pembelajaran

Ø   Kegiatan Awal :


Menjelaskan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran .
Ø   Kegiatan Inti :


§ Secara berkelompok mencari informasi dan mendiskusikan tentang konsep lingkungan hidup
§ Diskusi dan presentasi tentang penanganan limbah yang sesuai dengan konsep lingkungan hidup
Ø   Kegiatan Akhir :


ü  Memberikan pertanyaan sekaligus tugas kepada siswa.
ü  Memberikan pengarahan kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
ü  Penutup





E.   SUMBER BELAJAR :
§  Suma’mur, Dr. P.K, M.Sc 1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: CV Haji Masagung
§  Bagyono, 2005, Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja Bidang perhotelan. Bandung : Alfabet
§  Husni, Lalu, 1998. perlindungan Hukum Bagi tenaga Kerja di Indonesia. Univeritas Mataram:Lemlit.
§  BSE



F.   PENILAIAN

Teknik Penilaian
Materi
Tes Kinerja



         
Mengetahui,
Kepala SMK





NIP.


Guru Mata Pelajaran,





NIP.





 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama SMK                     :    SMKN
Mata Pelajaran                :    Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester             :    X / 1
Pertemua ke-                  :   
Alokasi Waktu                 :    10 X 45 Menit

Standar Kompetensi
Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
Kompetensi Dasar
Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan
Indikator
·      Keadaan darurat dan potensi keadaan darurat dapat segera diketahui dan menentukan tindakan yang dibutuhkan dan melakukannya dalam lingkup tanggung jawabnya
·      Prosedur keadaan darurat diikuti sesuai dengan prosedur perusahaan
·      Bantuan segera dicari dari kawan sejawat dan orang yang mempunyai wewenang apbila perlu
·      Melaporkan rincian keadaan darurat dengan benar sesuai dengan aturan.


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa.dapat menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

B.  MATERI PEMBELAJARAN
a. Pengetahuan
1.     Mengetahui jenis-jenis bahaya ditempat kerja
2.     Memahami tanda-tanda peringatan bahaya ditempat kerja dan ditempat umum
3.     Mengidentifikasi situasi yang dapat menimbulkan bahaya
4.     Memahami karakteristik tamu yang mencurigakan
5.     Mengetahui prosedur keadaan darurat di perusahaan disesuaikan dengan kondisi perusahaan
b. Sikap
Cepat, tanggap, Apresiatif dan bersikap tenang


C.  METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Simulasi


D.  Langkah-langkah Pembelajaran

Ø   Kegiatan Awal :


Menjelaskan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran .
Ø   Kegiatan Inti :


§ Secara berkelompok mencari informasi dan mendiskusikan tentang konsep lingkungan hidup
§ Diskusi dan presentasi tentang penanganan limbah yang sesuai dengan konsep lingkungan hidup
Ø   Kegiatan Akhir :


§ Memahami jenis-jenis bahaya ditempat kerja
§ Mengetahui tanda-tnda peringatan bahaya ditempat kerja atau tempat umum
§ Memahami situasi yang dapat menimbulkan bahaya dan melaporkannya kepada yang berwenang
§ Mengidentifikasi karakteristik tamu yang mencurigakan
§ Memahami prosedur keadaan darurat diperusahaan disesuaikan kondisi perusahaan tersebut
§ Cepat dan tanggap dalam situasi darurat
§ Apresiatif terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat/emergency
§ Bersikap tenang dalam menghadapi situasi darurat.




E.   SUMBER BELAJAR :
§  Suma’mur, Dr. P.K, M.Sc 1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: CV Haji Masagung
§  Bagyono, 2005, Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja Bidang perhotelan. Bandung : Alfabet
§  Husni, Lalu, 1998. perlindungan Hukum Bagi tenaga Kerja di Indonesia. Univeritas Mataram:Lemlit.
§  BSE


F.   PENILAIAN

Teknik Penilaian
Materi
Tes Kinerja



         
Mengetahui,
Kepala SMK




NIP.


Guru Mata Pelajaran,





NIP.


SUMBER: https://risinglab.files.wordpress.com/.../072-dkk-03-rpp-kesehatan-dan-keselamatan-b...



JIka dirasa masih kurang atau ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di kolom komenter.
Terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar