A). Besaran dan Satuan
B). Gerak dan Gaya
C). Gerak Tranlasi, Rotasi dan Keseimbangan Benda tegar
D). Implus, Momentum dan Tumbuka
E). Usaha,Energi dan Daya
Semester II :
F). Sifat Mekanik Bahan
G). Fluida Statis dan Dinamis
H). Suhu dan Kalor
I). Termodinamika
F). Sifat Mekanik Bahan
G). Fluida Statis dan Dinamis
H). Suhu dan Kalor
I). Termodinamika
SILABUS MATA PELAJARAN FISIKA
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN
REKAYASA)
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas
/Semester : X
Kompetensi Inti :
KI
1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah..
KI
4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Besaran pokok dan besaran turunan
· Satuan dan konversinya
· Jenis-jenis
alat ukur
· Pengukuran dan ketidakpastian pengamatan
· Dimensi besaran
· Angka penting
· Besaran skalar dan vektor
· Penguraian, penjumlahan, dan
pengurangan vektor
|
Mengamati
· Membaca bahan bacaan terkait besaran,
satuan, dan jenis-jenis alat ukur dan penggunaannya, kemudian menuliskan
hasil pengamatan ke dalam bentuk tabel
yang memuat nama besaran, alat ukur yang digunakan, dan satuan
pengukuran.
· Mengamati alat ukur panjang, massa,
dan waktu dan memperoleh informasi mengenai cara menggunakan alat-alat ukur
dari besaran tersebut.
· Menyimak informasi besaran skalar dan
besaran vektor
Menanya
· Mengajukan pertanyaan yang berkaitan
dengan cara menggunakan alat ukur, cara membaca skala, dan cara menuliskan
hasil pengukuran
· Membuat
pertanyaan mengenai
ketelitian pengukuran, ketepatan, dan keselamatan kerja dalam mengukur
· Mengajukan
pertanyaan tentang cara
penguraian, penjumlahan, dan pengurangan vektor
Mengeksplorasi
· Menentukan massa jenis dua macam
benda. Pengukuran dilakukan berulang untuk jenis benda yang sama, tapi
berbeda ukuran
· Menentukan besaran-besaran vektor
Mengasosiasi
· Mengolah data hasil pengukuran
berulang, menyajikan data, menginterpretasi data, dan menghitung tingkat
ketelitian.
· Menyimpulkan hasil interpretasi data
· Membuat daftar besaran, satuan, dan
dimensi serta menentukan apakah termasuk besaran skalar atau besaran vektor.
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan lisan dan tertulis
|
Tugas
·
Melakukan
pengukuran, menuliskan hasil pengukuran
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai besaran, satuan, jenis-jenis alat
ukur dan penggunaannya
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda
penggunaan angka penting dalam penulisan basil pengukuran, penguraian vektor,
penjumlahan vektor, mengenai penggunaan alat ukur, penguraian vektor, dan
penjumlahan vektor.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.1.
Memahami konsep besaran pokok,
besaran turunan, dan satuan.
3.2.
Menerapkan prinsip penjumlahan vektor
|
|||||
4.1. Menyaji
hasil pengukuran besaran fisis menggunakan alat ukur dan teknik yang tepat
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Gerak lurus, perpindahan dan jarak
· Kecepatan, kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
· Kecepatan dan kelajuan
· Percepatan
· Gerak lurus beraturan
· Gerak lurus dengan percepatan tetap
· Gerak jatuh bebas
· Gerak parabola
|
Mengamati
· Mengamati demonstrasi gerak untuk
membedakan gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan
percepatan tetap
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan terkait
perbedaan gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan
percepatan tetap
Mengeksplorasi
· Melakukan percobaan gerak lurus
dengan percepatan tetap menggunakan kereta dinamika, ticker timer, troli, dan beban gantung
Mengasosiasi
· Menganalisis besaran-besaran fisika
pada gerak dengan kecepatan tetap
· Menganalisis besaran-besaran fisika
pada gerak dengan percepatan tetap
· Menganalisis besaran-besaran fisika
dalam gerak jatuh bebas
· Menganalisis besaran-besaran fisika
dalam gerak parabola
· Mengolah data percobaan gerak lurus
dengan percepatan tetap (data dapat menggunakan hasil percobaan, atau yang
sudah tersedia/diberikan oleh guru)
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan hasil pengolahan data
percobaan gerak lurus dengan percepatan tetap
|
Tugas
·
Memecahkan permasalahan gerak lurus dengan menghitung
besaran-besaran/variabel yang terdapat dalam gerak lurus
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai gerak lurus
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan
ganda.menghitung besaran-besaran dalam gerak lurus beraturan, gerak lurus
dengan percepatan tetap, dan gerak parabola.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
4
X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.3. Memahami konsep
gerak benda titik melalui besaran-besaran fisika yang terkait
|
|||||
3.4. Menerapkan konsep gerak lurus
dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap
|
|||||
4.2. Menyajikan hasil pengamatan
terhadap gerak benda ke dalam
grafik
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Definisi dan ciri-ciri gerak melingkar
· Kecepatan linier dan kecepatan sudut
· Percepatan sentripetal
· Gerak melingkar beraturan
· Gerak melingkar berubah beraturan
· Perioda dan frekuensi gerak lingkar
· Grafik yang menggambarkan jarak
sebagai fungsi waktu
· Grafik yang mengungkapkan perubahan
kecepatan sebagai fungsi waktu
· Grafik yang menunjukan percepatan
sebagai fungsi waktu
|
Mengamati
· Menyimak informasi pada demonstrasi
gerak melingkar benda untuk menemukan besaran frekuensi, periode, sudut
tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal
Menanya
· Membuat
pertanyaan mengenai gerak
melingkar benda terkait besaran frekuensi, frekuensi sudut,
periode, dan sudut tempuh pada gerak melingkar dengan laju tetap.
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan data besaran-besaran fisis
yang terdapat dalam gerak menggunakan roda-roda terhubung
Mengasosiasi
· Menganalisis besaran-besaran fisis
gerak melingkar beraturan untuk menentukan hubungan antar besaran
Mengkomunikasikan
· Menyajikan informasi aplikasi gerak
melingkar dalam produk-produk teknologi dan rekayasa
|
Tugas
·
Memecahkan permasalahan gerak melingkar dan rotasi dengan
menghitung besaran-besaran atau variabel
yang terdapat dalam gerak melingkar dan gerak rotasi
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai gerak
melingkar
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda
menghitung besaran-besaran dalam gerak melingkar dan gerak rotasi.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3
X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.5.
Memahami gerak melingkar dengan laju tetap dan gerak
melingkar dengan percepatan sudut tetap
|
|||||
4.2. Menyaji
hasil pengamatan terhadap gerak benda ke dalam grafik
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Gaya dan interaksi
· Hukum I Newton
· Hukum II Newton
· Massa dan berat
· Hukum III Newton
· Diagram benda bebas
· Gaya gesekan
· Gerak pada bidang miring
|
Mengamati
· Mengamati peragaan untuk menunjukkan
sifat lembam
· Mengamati peragaan gerak benda karena
ditarik atau didorong
· Mengamati peragaan gerak benda
ditarik tali melalui katrol
Menanya
· Mengajukan pertanyaan untuk
memperoleh informasi penyebab benda bergerak
· Mengajukan
pertanyaan untuk memperoleh informasi pengaruh
masa benda, arah dan besar gaya terhadap percepatan gerak
Mengeksplorasi
· Menentukan jenis, besar, dan arah
gaya yang bekerja terhadap benda bergerak pada bidang datar
· Menentukan besar, dan arah gaya yang
bekerja terhadap benda bergerak pada bidang miring
· Menentukan besar, dan arah gaya yang
bekerja terhadap benda bergerak pada sistem katrol
Mengasosiasi
· Menghitung percepatan benda dalam
sistem yang terletak pada bidang datar, bidang miring, dan sistem katrol
Mengkomunikasikan
· Menyajikan diagram gaya-gaya yang bekerja pada
benda dalam sistem yang terletak pada bidang datar, bidang miring, dan sistem
katrol
|
Tugas
·
Memecahkan permasalahan gerak karena dipengaruhi gaya
menggunakan hukum-hukum Newton dengan menghitung besaran-besaran atau variabel
yang terdapat dalam gerak benda yang dipengaruhi gaya
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai hukum Newton
dan konsep gaya
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda
menghitung besaran-besaran dalam gerak yang dipengaruhi gaya menggunakan
hukum-hukum Newton.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
5
X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.6.
Menerapkan hukum Newton dan konsep gaya
|
|||||
4.3. Menganalisis
gerak lurus berubah beraturan menggunakan hukum Newton
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Usaha sebagai perubahan energi
· Energi kinetik dan teorema energi
· Usaha dan energi karena perubahan
gaya
· Hukum kekekalan energi mekanik
· Daya
|
Mengamati
· Mengamati peragaan usaha positif,
usaha negatif, dan usaha nol
· Menyimak informasi mengenai daya
sebagai laju perubahan energi atau usaha per satuan waktu
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan mengenai hubungan
usaha dengan perubahan energi kinetik dan energi potensial
· Mengajukan
pertanyaan terkait bentuk
rumusan hukum kekekalan energi mekanik
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan data-data aplikasi
kekekalan energi pada teknologi dan rekayasa
Mengasosiasi
· Menentukan hubungan usaha dengan
perubahan energi kinetik
· Mengelompokkan bentuk kekekalan
energi mekanik pada berbagai gerak benda
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan lisan dan tertulis hasil diskusi kelompok
|
Tugas
·
Memecahkan permasalahan usaha yang dilakukan benda
bergerak.
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai usaha,
energi, dan daya
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
Tes tertulis berbentuk uraian
dan/atau pilihan ganda menghitung besaran-besaran usaha dan energi dengan
menerapkan teorema usaha-energi dan hukum kekekalan energi mekanik.
|
3
X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.7.
Menerapkan konsep usaha, energi dan daya
3.8.
Memahami hukum kekekalan energi
|
|||||
4.4.
Menyaji hasil percobaan
menggunakan konsep usaha, energi dan daya
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Momentum dan impuls
· Tumbukan dan kekekalan momentum
· Tumbukan elastik
|
Mengamati
· Membaca informasi momentum, impuls,
hubungan antara impuls dan momentum serta tumbukan dari berbagai sumber
belajar
· Menyimak informasi yang disampaikan
oleh guru, tentang tumbukan benda dihubungkan dengan konsep-konsep momentum,
impuls dan hukum kekekalan momentum.
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan tentang konsep
momentum dan impuls, dan hubungan antara impuls dan momentum.
· Mengajukan
pertanyaan mengenai hukum
kekekalan momentum
Mengeksplorasi
· Menentukan data yang diperlukan untuk
membuat benda aplikasi prinsip momentum dan impuls
· Merancang dan membuat benda yang
mengaplikasikan prinsip momentum dan impuls, dan hukum kekekalan momentum
Mengasosiasi
· Menganalisis kasus/peristiwa tumbukan
untuk memecahkan masalah dan menarik kesimpulan, menggunakan hukum kekekalan
momentum
Mengkomunikasikan
· Membuat laporan lisan dan tertulis
|
Tugas
·
Mengkaji informasi melalui buku rujukan dan sumber bacaan lain
·
Merancang pembuatan benda untuk mengaplikasikan konsep
impuls dan momentum
·
Memecahkan permasalahan tumbukan benda dengan
mengaplikasikan konsep impuls dan kekekalan momentum.
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai momentum dan
impuls
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda
menghitung besaran-besaran impuls dan momentum dengan menerapkan kekekalan
momentum.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
2 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.9.
Memahami konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
|
|||||
4.5.
Menganalisis
hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan
4.6.
Menyaji
hasil analisis gerak benda berdasarkan konsep translasi dan rotasi
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Hubungan gerak translasi dengan gerak
rotasi
· Kecepatan dan percepatan sudut
· Rotasi dengan percepatan sudut tetap
· Energi gerak rotasi
· Momen inersia
· Kekekalan momentum sudut
· Gerak menggelinding
|
Mengamati
· Mengamati peragaan memberikan gaya
pada benda dalam berbagai posisi untuk memperoleh definisi momen gaya
· Mengamati peragaan benda berputar,
menggelinding, dan mengelincir untuk memperoleh hubungan gerak translasi
dengan gerak rotasi
· Membaca informasi mengenai kecepatan
dan percepatan sudut, rotasi dengan percepatan sudut, dan energi gerak rotasi
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan mengenai hubungan
gerak translasi dengan gerak rotasi
· Mengajukan pertanyaan mengenai
penerapan energi gerak rotasi
Mengeksplorasi
· Menentukan faktor-faktor yang
mempengaruhi besar energi gerak rotasi
Mengasosiasi
· Menganalisis variabel peristiwa gerak
rotasi
· Menentukan hubungan antar variabel
gerak rotasi
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan mengenai pemecahan masalah gerak rotasi
|
Tugas
·
Melakukan analisis peragaan gerak translasi dan rotasi,
untuk menemukan hubungan gerak translasi dengan gerak rotasi
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai gerak
translasi dan rotasi
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
Tes tertulis berbentuk uraian
dan/atau pilihan ganda pilihan ganda gerak translasi dan rotasi.
|
3 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.10. Menganalisis gerak translasi dan
rotasi
|
|||||
4.7. Menyajikan hasil analisis gerak benda berdasarkan konsep
translasi dan rotasi
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Titik pusat massa benda
· Torsi dan percepatan sudut untuk
benda tegar
· Keseimbangan benda tegar
|
Mengamati
· Mengamati peragaan aplikasi
keseimbangan benda titik dan benda tegar dalam teknologi dan rekayasa
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan mengenai konsep
torsi dan penerapannya
· Mengajukan pertanyaan untuk
merumuskan dan menerapkan kekekalan momentum
Mengeksplorasi
· Menentukan variabel yang diperlukan
untuk memecahkan persoalan kesetimbangan benda tegar
· Mengumpulkan data untuk memecahkan
persoalan kesetimbangan benda tegar
Mengasosiasi
· Menganalisis data untuk terpenuhinya
syarat kesetimbangan
· Menyimpulkan hasil analisis
kesetimbangan benda tegar
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan mengenai pemecahan masalah kesetimbangan benda tegar
|
Tugas
·
Melakukan analisis untuk menentukan titik pusat massa
benda dengan bentuk geometri beraturan dan benda dengan bentuk geometri tidak
beraturan
·
Memecahkan
masalah berkaitan dengan kesetimbangan benda tegar dalam produk teknologi dan
rekayasa
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai kesetimbangan
benda tegar
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
Tes berbentuk uraian dan/atau pilihan
ganda kesetimbangan benda tegar
|
2
X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.11. Menerapkan konsep kesetimbangan benda
tegar
|
|||||
4.8.
Memecahkan
masalah kesetimbangan benda tegar
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Deformasi bahan oleh tegangan, dan
regangan,
· Modulus elastisitas
· Sifat elastis dan plastis
· Hukum Hooke
|
Mengamati
· Mengamati peragaan benda elastis dan
benda plastis
· Demonstrasi pengaruh gaya terhadap
perubahan panjang benda elastis
· Membaca informasi mengenai deformasi
bahan oleh tegangan dan regangan
Menanya
· Membuat
pertanyaan mengenai elastisitas benda
· Mengajukan
pertanyaan untuk memperoleh informasi mengenai
modulus elastisitas
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan data variabel-variabel
yang terlibat dalam peragaan hukum Hooke
· Menentukan karakteristik susunan
pegas seri dan paralel
· Menentukan data yang diperlukan untuk
melakukan percobaan menentukan elastisitas bahan
· Merencanakan percobaan penentuan elastisitas
bahan
Mengasosiasi
· Menentukan hubungan gaya dan
konstanta pegas
· Menyimpulkan pengaruh gaya terhadap
deformasi bahan
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan mengenai pengujian elastisitas bahan secara lisan dan tertulis
|
Tugas
·
Mengkaji literatur atau artikel rujukan mengenai deformasi
bahan oleh tegangan dan regangan, sifat elastis dan plastis
·
Merencanakan kegiatan percobaan untuk menyelidiki
elastisitas dan aplikasi hukum Hooke
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai elastisitas
dan hukum Hooke
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
·
Tes berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda elastisitas
bahan dan penggunaan hukum Hooke
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.12. Menerapkan konsep elastisitas bahan
3.13. Menerapkan hukum Hooke
|
|||||
4.9. Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan elastisitas bahan
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Tekanan hidrostatik
· Gaya Archimedes
· Hukum Pascal
· Tegangan Permukaan
· Hukum Bernoulli
· Viskositas dan hukum Stokes
· Mengapung, melayang dan tenggelam
· Bejana Berhubungan
· Pompa hidrolik dan dongkrak
· Gaya angkat pada pesawat terbang
|
Mengamati
· Mengamati peragaan benda mengapung,
melayang dan tenggelam
· Membaca artikel untuk memperoleh
informasi penggunaan sistem hidrolik, sistem kerja produk-produk teknologi
dan rekayasa
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan terkait
hukum-hukum fluida statik dan penerapannya
· Mengajukan
pertanyaan terkait
hukum-hukum fluida dinamik dan penerapannya
Mengeksplorasi
· Menentukan data yang diperlukan untuk
membuat peraga alat/sistem hidrolik sederhana
· Merancang benda kerja aplikasi
prinsip-prinsip fluida statik dan fluida dinamik
Mengasosiasi
· Menganalisis benda kerja yang
menggunakan konsep tekanan hidrostatik, hukum Archimedes, dan hukum Pascal
untuk memcahkan persoalan dalam teknologi dan rekayasa
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan mengenai penerapan hukum-hukum fluida secara lisan dan tertulis
|
Tugas
·
Mengkaji literatur atau artikel rujukan mengenai fluida
statik dan fluida dinamik
·
Membuat laporan hasil kajian mengenai aplikasi
prinsip-prinsip fluida statik dan fluida dinamik pada produk teknologi dan
informasi
·
Memecahkan persoalan mengenai aplikasi fluida statik dan
fluida dinamik dalam teknologi dan rekayasa
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai fluida statik
dan dinamik
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
·
Tes berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda aplikasi
fluida statik dan fluida dinamik
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.14. Menerapkan hukum-hukum yang
berhubungan dengan fluida statik dan dinamik
|
|||||
4.10. Memecahkan persoalan dalam teknologi dan rekayasa yang berkaitan
dengan hukum-hukum fluida statik dan dinamik.
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
Suhu, kalor
dan perpindahan kalor
· skala suhu pada termometer
· konversi skala suhu
· jenis-jenis termometer
· perubahan suhu pada zat
· pemuaian (muai panjang, muai luas,
dan muai ruang)
· perubahan wujud zat (melebur,
menguap, membeku, mengembun, dan menyublim)
· pengukuran pemuaian dan penentuan
koefisien muai
· Konduksi, konveksi dan radiasi
· Konduktor dan isolator termal
· Kondensor dan radiator
|
Mengamati
· Mengamati peragaan peleburan es
menjadi air karena dipanaskan
· Mengamati simulasi pemuaian rel
kereta api
· Memperhatikan konduktivitas berbagai
macam logam, dan benda-benda non
logam
· Membaca artikel/buku/ pustaka rujukan
lainnya untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh kalor terhadap suhu
benda, pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda, perpindahan kalor
secara konduksi, konveksi, dan radiasi
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan mengenai pengaruh
kalor terhadap perubahan suhu, wujud dan ukuran benda
· Mengajukan
pertanyaan untuk memperoleh informasi tentang perpindahan kalor
Mengeksplorasi
· Menentukan kalor jenis logam melalui
perhitungan
· Mengumpulkan data variabel-variabel
suhu, ukuran, dan perpindahan kalor
Mengasosiasi
· Menganalisis data percobaan perpindahan
kalor ke dalam bentuk penyajian tabel, grafik.
· Menyimpulkan hasil percobaan dengan
menginterpretasi data dan grafik
Mengkomunikasikan
· Menyampaikan laporan penyelidikan tentang cara
perpindahan kalor secara lisan
dan tertulis
|
Tugas
·
Mengkaji literatur atau artikel rujukan mengenai suhu,
kalor dan perpindahan kalor
·
Membuat laporan hasil pengukuran/percobaan mengenai perpindahan kalor.
·
Memecahkan persoalan mengenai aplikasi perpindahan kalor
dan konduktivitas termal
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai suhu dan
kalor
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
·
Tes berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda aplikasi
perubahan suhu dan perpindahan kalor
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.15. Menerapkan konsep suhu dan kalor
3.16. Memahami pengaruh kalor terhadap zat
|
|||||
4.11. Mengolah hasil penyelidikan yang
berkaitan dengan suhu dan kalor
4.12. Menyaji hasil penyelidikan mengenai cara perpindahan kalor
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, dan kalor
|
· Gas ideal dan karakteristiknya
· Tekanan dan energi kinetik gas ideal
· Persamaan keadaan gas
· Sistem termodinamika (suhu, tekanan, dan volume gas)
· Hukum-hukum Termodinamika (ke-0, I,
II, dan III)
· Mesin kalor
· Mesin pendingin
· Siklus dan mesin kalor (Carnot,
Rankine, Otto, dan Diesel)
|
Mengamati
· Membaca buku rujukan atau sumber
lainnya untuk memperoleh informasi mengenai karakteristik gas ideal.
· Membaca artikel/sumber rujukan untuk
memperoleh informasi mengenai mesin-mesin kalor
Menanya
· Mengajukan pertanyaan untuk menemukan
hubungan impuls dengan gaya dan tekanan
· Mengajukan pertanyaan untuk
memperoleh deskripsi gerakan partikel gas menumbuk dinding
· Mengajukan pertanyaan untuk
memperoleh pemahaman mengenai persamaan gas ideal
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan informasi berbagai
produk teknologi dan rekayasa aplikasi hukum-hukum termodinamika dan mesin
kalor
Mengasosiasi
· Menganalisis cara kerja produk-produk
teknologi dan rekayasa aplikasi mesin kalor dan termodinamika
· Menentukan hubungan antara kalor yang
diserap dengan kalor yang dibuang pada sistem mesin kalor
· Menentukan efisiensi mesin kalor
Mengkomunikasikan
· Presentasi cara kerja mesin kalor
|
Tugas
·
Mengkaji literatur atau artikel rujukan mengenai gas
ideal, teori kinetik gas, dan persamaan keadaan gas
·
Memecahkan persoalan mengenai aplikasi hukum termodinamika
dalam produk teknologi dan rekayasa
·
Memecahkan persoalan mengenai aplikasi mesin kalor dalam
produk teknologi dan rekayasa
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai sifat-sifat
gas ideal dan termodinamika
Portofolio
Menyusun dan
membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada
Tes
Tes tertulis berbentuk uraian
dan/atau pilihan ganda aplikasi hukum termodinamika dan mesin kalor
|
4 X 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas X
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.17. Memahami sifat-sifat gas ideal dan persamaan keadaan gas
3.18. Menerapkan hukum-hukum termodinamika
|
|||||
4.13.
Melakukan perhitungan berbagai proses berdasarkan
hukum termodinamika
|
Catatan:
1.
Lingkup
materi mata pelajaran Fisika dibatasi konsep-konsep dasar.
2.
Perlu
dilakukan pengembangan dan pendalaman materi tertentu yang dibutuhkan di
lingkup program studi keahlian. Untuk itu perlu dialokasikan porsi topik/materi
fisika dalam mata pelajaran dasar kejuruan di tiap program studi keahlian
Contoh:
a.
Di
program studi Teknik Bangunan, mekanika, salah satu topik/materi fisika
dibutuhkan secara lebih dalam oleh program studi teknik bangunan, dialokasikan
dalam mata pelajaran mekanika teknik.
b.
Termodinamika
merupakan topik/materi fisika yang penting untuk lebih didalami di kelompok
program studi keahlian teknik otomotif. Oleh karena itu disarankan ada alokasi
pembelajaran topik/materi termodinamika secara lebih mendalam dalam mata
pelajaran kelompok dasar kejuruan.
SUMBER: https://japemaste.blogspot.co.id/2015/05/silabus-prota-dan-promes-fisika-smk.html
Jika dirasa masih kurang atau ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di kolom komenter.
Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar