RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK
KIMIA
X / 1
Semua Bidang Keahlian
12 Jam × 45 Menit (6 Pertemuan)
1. Memahami konsep
materi dan perubahannya.
1.1.
Mengelompokkan sifat materi.
1.2.
Mengelompokkan perubahan
materi.
1.3.
Mengklasifikasi materi.
1. Mengelompokkan sifat materi, yaitu sifat
fisika dan sifat kimia, serta sifat intensif dan ekstensif.
2. Mengelompokkan perubahan materi secara
fisika dan kimia.
3. Mengklasifikasi materi berdasarkan
komposisi kimianya.
|

A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Memahami konsep tentang materi dan energi.
2. Menjelaskan kembali bunyi Hukum kekekalan energi.
3. Membedakan pengertian materi dalam ilmu kimia dan ilmu
fisika.
4. Menjelaskan sifat
materi atau zat melalui percobaan dan contoh kasus di dalam kehidupan
sehari-hari
5. Membuktikan adanya perubahan fisika melalui percobaan.
6. Mengetahui perbedaan perubahan fisika dan kimia .
7. Membuktikan Hukum Lavoisier melalui percobaan dan contoh
kasus di dalam kehidupan sehari-hari
8. Mengetahui perubahan kimia melalui percobaan dan contoh kasus di dalam kehidupan sehari-hari.
9. Membandingkan zat tunggal dan campuran .
10. Membuktikan hukum perbandingan tetap (hukum Proust)
melalui percobaan.
B.
Materi Pembelajaran
Sifat materi, Perubahan fisika, Perubahan kimia, Penggolongan materi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah,
demonstrasi, diskusi, dan praktik
D.
Kegiatan
Pembelajaran
Ø
Pertemuan
Ke-1
v Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan pentingnya materi dan
perubahannya.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai materi.
b. Peserta didik menjelaskan perbedaan materi dalam ilmu kimia dengan
ilmu fisika.
c. Peserta didik menjelaskan perbedaan energi kinetik dan energi
potensial.
d. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai energi dan hukum
kekekalan energi.
e. Peserta didik menyebutkan hukum kekekalan energi.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai materi dan energi.
Ø Pertemuan Ke-2
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai materi dan
energi.
v Inti
1.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai sifat materi (fisika dan kimia).
2.
Peserta
didik menjelaskan perbedaan sifat kimia dan fisika.
3.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai sifat intensif dan sifat ekstensif
4.
Peserta
didik menjelaskan sifat intensif dan sifat ekstensif.
5.
Peserta
didik berlatih melakukan percobaan untuk mengenali sifat kimia dan sifat
fisika.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai sifat materi.
Ø Pertemuan Ke-3
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai sifat materi.
v Inti
1.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai perubahan fisika, termasuk diantaranya
dua jenis perubahan fisika (wujud dan pelarutan).
2.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai titik cair dan titik didih
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
uji kepahaman mengenai perubahan fisika.
Ø Pertemuan Ke-4
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai perubahan fisika.
v Inti
1.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai perubahan kimia.
2.
Peserta
didik berlatih melakukan kegiatan praktikum untuk mengetahui perubahan fisika
dan kimia.
3.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai ciri-ciri reaksi kimia.
4.
Peserta
didik menyebutkan hukum Laviosier.
5.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai perubahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai perubahan kimia.
Ø Pertemuan Ke-5
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai perubahan kimia.
v Inti
1.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai zat tunggal dan campuran.
2.
Peserta
didik menjelaskan pengelolaan zat.
3.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai unsur dan senyawa.
4.
Peserta
didik mendemonstrasikan dan mendiskusikan unsur dan senyawa.
5.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai hukum perbandingan tetap (hukum
Proust).
6.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai logam dan nonlogam, senyawa, partikel
unsur, dan partikel senyawa.
7.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai campuran (larutan, koloid, dan
suspensi).
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai penggolongan materi.
Ø Pertemuan Ke-6
v Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai materi dan
perubahannya.
v Inti
1.
Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
2.
Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian.
3.
Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
4.
Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
v Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya,
yaitu rumus kimia dan persamaan reaksi.
E.
Sumber Belajar
a.
Buku Kimia SMK
b. Lembar kerja
c. Alat dan bahan praktikum
F.
Penilaian
Hasil Belajar
a.
Teknik Penilaian:
§ Tes
unjuk kerja
§ Tes
tertulis
b.
Bentuk
Instrumen:
§ PG
§ Uraian
c.
Contoh
Instrumen:
§ Contoh
tes PG
Pernyataan
yang tidak tepat tentang materi adalah . . . .
a. mempunyai
massa
b. mempunyai
volume
c. terdiri
atas partikel
d. menyimpan
energi dalam jumlah tertentu
e. tidak
dapat diubah menjadi materi lain
§ Contoh
tes uraian
Besi
adalah logam yang paling banyak penggunaannya, dari segi jumlah maupun
ragamnya. Hal ini terjadi karena besi mempunyai sifat-sifat yang baik, yaitu
kuat dan mudah dibentuk, berbeda dengan kayu yang mudah terbakar, besi tahan
api serta mempunyai titik leleh yang relatif tinggi. Namun demikian, ada
kelemahan dari besi, yaitu mudah berkarat, khususnya dalam suasana lembab.
a.
Diantara
sifat-sifat besi yang dikemukakan dalam bacaan diatas, manakah yang tergolong
1.
Sifat fisika?
2.
Sifat kimia?
b.
Sebutkan
penggunaan utama besi.
c.
Sebutkan
beberapa upaya yang dilakukan orang untuk mencegah perkaratan besi.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
, ……
…………………… 2013
Guru Mata
Pelajaran
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK
KIMIA
X / 1
Semua Bidang Keahlian
8 Jam × 45 Menit (4
Pertemuan)
2.
Memahami
konsep penulisan lambang unsur dan persamaan reaksi
2.1.
Memahami lambang unsur
2.2.
Memahami rumus kimia
2.3.
Menyetarakan persamaan reaksi
1.
Memahami
aturan dan makna lambang atom dan rumus kimia.
2.
Memahami
persamaan reksi kimia.
|

A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Membedakan lambang atom.
2.
Memformulasikan komposisi/struktur zat.
3.
Mengetahui jumlah atom diketahui secara kuantitatif.
4.
Mengetahui konsep persamaan reaksi.
5.
Menghitung persamaan reaksi kimia.
B.
Materi Pembelajaran
Sifat materi, Perubahan fisika, Perubahan kimia, Penggolongan materi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah,
demonstrasi, diskusi, dan praktik
D.
Kegiatan
Pembelajaran
Ø Pertemuan Ke-1
v Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan rumus kimia.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai lambang atom.
b. Peserta didik menyebutkan beberapa lambang atom.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai rumus kimia unsur,
senyawa, serta molekul dan rumus empiris.
d. Peserta didik berlatih memformulasikan komposisi/struktur zat.
e. Peserta didik berlatih menghitung jumlah atom dalam rumus kimia.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai lambang atom dan rumus kimia.
Ø Pertemuan Ke-2 dan Pertemuan Ke-3
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai lambang atom dan
rumus kimia.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai persamaan reaksi.
b. Peserta didik berlatih menuliskan.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai penyetaraan
persamaan reaksi.
d. Peserta didik berlatih melakukan penyetaraan persamaan reaksi.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
uji kepahaman mengenai perubahan fisika.
Ø Pertemuan Ke-4
v Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai rumus kimia dan
persamaan reaksi.
v Inti
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan
peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan
harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
v Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya,
yaitu struktur atom dan sistem periodik.
E. Sumber Belajar
a.
Buku Kimia SMK
b. Lembar kerja
F.
Penilaian
Hasil Belajar
a.
Teknik
Penilaian:
§ Tes
unjuk kerja
§ Tes
tertulis
b.
Bentuk
Instrumen:
§ PG
§ Uraian
c. Contoh
Instrumen:
§ Contoh
tes PG
Lambang atom dari unsur raksa
adalah . . . .
a. Ra d.
H
b. Rg e.
Hg
c. Mg
§ Contoh
tes uraian
Tulislah
nama unsur serta jumlah atomnya dalam reaksi berikut:
a. 2Al
+ 3H2SO4 à AL2(SO4)3
+ 3H2
b. H3PO4
+ 3NaOH àNa3PO4
+ 3H2O
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
Cianjur, ……
…………………… 2013
Guru Mata
Pelajaran
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK
KIMIA
X / 1
Semua Bidang Keahlian
16
Jam × 45 Menit (8 Pertemuan)
3.
Mengidentifikasi
struktur atom dan sifat-sifat periodik pada tabel unsur periodik.
3.1.
Mendeskripsikan perkembangan teori atom.
3.2.
Menginterpretasikan data dalam tabel sistem periodik.
1. mendeskripsikan komposisi atom dan ion, serta
menentukan konfigurasi elektron dari suatu atom atau ion.
2.
mendeskripsikan sistem periodik modern dan hubungannya dengan
konfigurasi elektron, dan mendeskripsikan sifat-sifat periodik unsur.
|

A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan teori-teori atom.
2.
Menggambarkan partikel inti atom.
3.
Menghitung komposisi atom (nomor atom, nomor massa, notasi komposisi atom, isotop,
isobar dan isoton) dan komposisi ion.
4.
Mengetahui aturan konfigurasi elektron.
5.
Menghitung konfigurasi elektron.
6.
Mengelompokkan unsur logam dan nonlogam.
7.
Membedakan sistem periodik Mendelev dan sistem periodik moderen dari Henry
Moseley.
8.
Mengetahui struktur sistem periodik modern (periode, golongan, unsur
transisi dan transisi dalam).
9.
Mengetahui hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik.
10.
Mengetahui sifat-sifat periodik unsur (jari-jari atom, energi ionisasi,
afinitas elektron, elektron kenegatifan, sifat logam dan nonlogam, serta
kereaktifan).
B.
Materi Pembelajaran
Teori atom,
partikel penyusun inti atom, komposisi atom dan ion, konfigurasi elektron,
perkembangan dasar pengelompokkan unsur, sistem periodik modern, sifat-sifat
periodik unsur.
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah,
demonstrasi, diskusi, dan praktik
D.
Kegiatan
Pembelajaran
Ø
Pertemuan
Ke-1
v Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan struktur atom.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai teori-teori atom,
diantaranya teori atom Dalton, teori atom Thomson, teori atom Rutherford, teori
atom Niels Bohr, dan teori atom modern.
b. Peserta didik menyebutkan teori-teori atom.
v Penutup
Peserta
didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai perkembangan
teori atom.
Ø Pertemuan Ke-2
v Pembuka
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai perkembangan teori atom.
v Inti
a.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai partikel penyusun inti atom,
diantaranya proton, dan neutron.
b.
Peserta
didik menggambarkan partikel inti atom.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai partikel penyusun inti atom.
Ø
Pertemuan
Ke-3
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai partikel penyusun
inti atom.
v Inti
a.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai komposisi atom dan ion (nomor atom, dan
nomor massa), serta notasi komposisi atom.
b.
Peserta
didik berlatih menghitung jumlah proton, elektron, dan neutron.
c.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai isotop, isobar dan isoton.
d.
Peserta
didik menyebutkan perbedaan isotop, isobar dan isoton.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
latihan mengenai komposisi atom dan ion.
Ø Pertemuan Ke-4
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai komposisi atom
dan ion.
v Inti
a.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai konfigurasi elektron.
b.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai elektron valensi.
c.
Peserta
didik berlatih menuliskan konfigurasi elektron, dan menentukan elektron
valensinya.
v
Penutup
Peserta didik diminta
membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai konfigurasi
elektron.
Ø Pertemuan Ke-5
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai konfigurasi
elektron.
v Inti
a.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai pengelompokan atas logam dan nonlogam.
b.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai triade dari Dobereiner.
c.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai hukum Oktaf Newlands.
d.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai sistem periodik Mendeleev dan sistem
periodik modern dari Henry Moseley.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai perkembangan dasar pengelompokkan unsur.
Ø Pertemuan Ke-6
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai perkembangan
dasar pengelompokkan unsur.
v Inti
a.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai struktur sistem periodik modern.
b.
Peserta
didik berlatih menyebutkan nama-nama unsur segolongan/seperiode.
c.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai hubungan konfigurasi elektron dengan
sistem periodik.
d.
Peserta
didik berlatih menentukan letak (periode dan golongan) dari suatu unsur.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai sistem periodik.
Ø Pertemuan Ke-7
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai sistem periodik.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai jari-jari atom.
b. Peserta didik berlatih menentukan jari-jari atom.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai energi ionisasi.
d. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai afinitas elektron.
e. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai
keelektronegatifan.
f. Peserta didik berlatih menentukan keelektonegatifan suatu unsur.
g. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai sifat logam dan
nonlogam, serta kereaktifan.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai sifat-sifat periodik unsur.
Ø Pertemuan Ke-8
v Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai struktur atom dan
sistem periodik.
v Inti
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan
peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan
harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
v Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya,
yaitu ikatan kimia.
E. Sumber Belajar
a.
Buku Kimia SMK
b. Lembar kerja
c. Alat dan bahan praktikum
F.
Penilaian
Hasil Belajar
a.
Teknik
Penilaian:
§ Tes
unjuk kerja
§ Tes
tertulis
b.
Bentuk
Instrumen:
§ PG
§ Uraian
c. Contoh
Instrumen:
§ Contoh
tes PG
Pendapat
Dalton yang menyatakan bahwa atom merupakan partikel terkecil yang sudah tak dapat
dibagi, dipatahkan ketika para ahli menemukan berbagai partikel subatom,
diantaranya proton, elektron, dan neutron. Muatan listrik partikel dasar
tersebut berturut-turut adalah . . . .
a. 1;
+1; 0 d.
-1; 0; +1
b. +1;
-1; 0 e.
0; -1; +1
c. +1;
0; -1
§ Contoh
tes uraian
Lengkapi
daftar berikut
Unsur
|
Notasi
|
Nomor atom
|
Nomor massa
|
Jumlah proton
|
Jumlah neutron
|
Jumlah elektron
|
Helium
|
2He4
|
|
|
|
|
|
Nitrogen
|
|
7
|
|
|
8
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
Cianjur, ……
…………………… 2013
Guru Mata
Pelajaran
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK
KIMIA
X / 2
Semua Bidang Keahlian
16
Jam × 45 Menit (8 Pertemuan)
4.
Perhitungan kimia
4.1.
Menerapkan hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro
4.2.
Menjelaskan konsep mol
1.
Menerapkan
hukum perbandingan volume (hukum Gay Lussac) dan hukum Avogadro.
2.
Mengkonversikan
jumlah mol dengan jumlah partikel massa, volume dan zat.
|

A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Membuktikan
hukum perbandingan volume melalui percobaan.
2.
Membuktikan
hipotesis Avogadro melalui percobaan.
3.
Menghitung
massa atom relatif dan massa molekul relatif secara kuantitatif dan disajikan
berdasarkan satuan massa atom (sma).
4.
Menghitung Jumlah partikel yang terdapat dalam mol.
5.
Menghitung Jumlah mol dan jumlah dihitung dengan benar.
6.
Menghitung jumlah massa molar (mm), dan volum molar gas (vm)
secara kuantitatif.\
B.
Materi Pembelajaran
Hukum Gay Lussac, Hipotesis Avogadro, mol.
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah,
demonstrasi, diskusi, dan praktik
D.
Kegiatan
Pembelajaran
Ø Pertemuan Ke-1
v
Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan perhitungan suatu unsur
kimia.
v
Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai hukum perbandingan
volume (hukum Gay Lussac).
b. Peserta didik berlatih melakukan percobaan untuk membuktikan hukum
perbandingan volume.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai hipotesis
Avogadro.
v Penutup
Peserta didik diminta
membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan uji kepahaman mengenai hukum-hukum
dasar kimia.
Ø Pertemuan Ke-2 dan Pertemuan Ke-3
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai hukum-hukum dasar
kimia.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai massa atom
relatif.
b. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai satuan massa atom
(sma)
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai massa isotop dan
massa atom.
d. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai massa atom relatif
(Ar)
e. Peserta didik berlatih mengitung suatu massa atom relatif suatu
unsur.
f. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai massa molekul
relatif (Mr).
g. Peserta berlatih mengitung suatu massa molekul relatif suatu
unsur.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
uji kepahaman mengenai massa atom relatif dan massa molekul relatif.
Ø Pertemuan Ke-4 dan Pertemuan Ke-5
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai massa atom
relatif dan massa molekul relatif.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai standar mol dan
hubungan jumlah mol dengan jumlah partikel.
b. Peserta didik berlatih menghitung jumlah atom dan mol.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai massa molar (Mm).
d. Peserta didik berlatih menghitung massa dan jumlah mol.
e. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai volum molar gas (Vm).
f. Peserta didik berlatih menghitung volum gas.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
uji kepahaman mengenai konsep mol.
Ø Pertemuan Ke-6
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai konsep mol.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kadar unsur dalam
senyawa.
b. Peserta didik berlatih menghitung kadar unsur, massa unsur dalam
senyawa dan menentukan angka indeks berdasar kadar.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai rumus kimia
senyawa (rumus empiris dan rumus molekul).
d. Peserta didik berlatih menentukan rumus empiris dan rumus molekul
dari rumus empiris.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai stokiometri senyawa.
Ø Pertemuan Ke-7
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai stokiometri
senyawa.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai koefisien reaksi
sebagai dasar stiokiometri reaksi.
b. Peserta didik berlatih menghitung jumlah mol dari suatu persamaan
reaksi.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai stiokiometri
reaksi sederhana.
d. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pereaksi pembatas.
e. Peserta didik berlatih menentukan reaksi pembatas.
f. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai stiokiometri
reaksi-reaksi gas.
g. Peserta didik berlatih menghitung volume gas dari suatu persamaan
reaksi.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai stiokiometri reaksi.
Ø Pertemuan Ke-8
v Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai perhitungan kimia.
v Inti
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan
peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan
harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
v Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari seluruh materi pada
semester 1 dan 2 untuk menghadapi ulangan akhir semester.
E. Sumber Belajar
a.
Buku Kimia SMK
b. Lembar kerja
c. Alat dan bahan praktikum
F.
Penilaian
Hasil Belajar
a.
Teknik
Penilaian:
§ Tes
unjuk kerja
§ Tes
tertulis
b.
Bentuk
Instrumen:
§ PG
§ Uraian
c. Contoh
Instrumen:
§ Contoh
tes PG
Bila
diukur pada suhu dan tekanan yang sama, gas yang mengandung jumlah molekul
terbanyak adalah . . . .
a. 5
liter hidrogen (H2)
b. 4
liter karbon dioksida (CO2)
c. 3
liter metana (CH4)
d. 1
liter helium (He)
e. Sama
semua
§ Contoh
tes uraian
Jumlah
partikel yang terdapat dalam 10 liter gas nitrogen adalah 3,01 x 1023. pada
keadaan yang sama berapa jumlah partikel yang terdapat dalam 30 liter gas
amonia?
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
Cianjur, ……
…………………… 2013
Guru Mata
Pelajaran
|
.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Program
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
SMK
KIMIA
X / 2
Semua Bidang Keahlian
16
Jam × 45 Menit (8 Pertemuan)
5.
Memahami terjadinya ikatan kimia
5.1.
Mendeskripsikan terjadinya ikatan ion
5.2.
Mendeskripsikan terjadinya ikatan kovalen
5.3.
Menjelaskan ikatan logam
5.4.
Menuliskan nama senyawa kimia
1.
Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion.
2. Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen
tunggal, rangkap, dan rangkap tiga, serta ikatan kovalen koordinasi.
3.
menuliskan nama senyawa sederhana.
|

A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menerapkan konfigurasi elektron sesuai aturan oktet.
2.
Membuat lambang lewis berdasarkan lambang atom dan elektron valensi.
3.
Menghitung pembentukan ikatan ion pasangan unsur.
4.
Membuat rumus kimia senyawa berdasarkan aturan oktet.
5.
Membantuk dan menggambarkan ikatan kovalen dengan menggunakan rumus kimia
senyawa kovalen biner.
6.
Membentuk ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga menggunakan
rumus lewis dan rumus bangun.
7.
Menghitung pasangan elektron sehingga menghasilkan ikatan kovalen
koordinat.
8.
Menghitung suatu molekul poliatom untuk mengetahui kepolarannya (polar dan
nonpolar) dan dinyatakan dalam satuan momen dipol (debye/D).
9.
Membedakan senyawa ion dan senyawa kovalen.
10.
Menjelaskan sifat logam.
11.
Menerapkan nama senyawa kovalen biner sesuai aturan.
12.
Membuat tata nama senyawa ion sesuai dengan aturan.
13.
Menuliskan nama asam dan basa dengan benar.
B.
Materi Pembelajaran
Ikatan ion/ikatan elektrovalen, ikatan
kovalen, ikatan logam, dan tata nama senyawa.
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah,
demonstrasi, diskusi, dan praktik
D.
Kegiatan
Pembelajaran
Ø
Pertemuan
Ke-1
v Pembuka
Peserta didik dan guru mendiskusikan mengenai ikatan.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai aturan oktet.
b. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai lambang Lewis.
c. Peserta didik berlatih menggambarkan lambang lewis suatu ion.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai aturan oktet dan lambang Lewis.
Ø Pertemuan Ke-2
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai aturan oktet dan
lambang Lewis.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pembentukan ikatan
ion.
b. Peserta didik berlatih menentukan pasangan unsur yang dapat
membentuk ikatan ion.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai rumus kimia
senyawa ion.
d. Peserta didik berlatih menentukan rumus kimia senyawa beserta
proses pembentukan ikatannya.
v Penutup
Peserta didik diminta
membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan soal-soal mengenai ikatan
ion/ikatan kovalen.
Ø Pertemuan Ke-3
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai ikatan ion/ikatan
kovalen.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai pembentukan ikatan
kovalen.
b. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai rumus kimia
senyawa kovalen biner.
c. Peserta didik berlatih membuat rumus kimia senyawa yang dapat
dibentuk oleh pasangan unsur, dan menggambarkan ikatan kovalennya.
d. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai struktur
Lewis/struktur senyawa kovalen.
e. Peserta didik berlatih membuat struktur Lewis suatu rumus molekul.
f. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai ikatan kovalen
rangkap dan rangkap tiga.
g. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai ikatan kovalen
koordinat.
h. Peserta didik berlatih membentuk ikatan kovalen koordinat.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal latihan mengenai ikatan kovalen.
Ø Pertemuan Ke-4
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai ikatan kovalen.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai ikatan kovalen
polar dan kovalen nonpolar.
b. Peserta didik berlatih menentukan ikatan kovalen.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai molekul polar dan
nonpolar.
d. Peserta didik berlatih menentukan kepolaran suatu zat.
e. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai momen dipol.
f. Peserta didik berlatih menghitung suatu molekul poliatom.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai kepolaran senyawa.
Ø Pertemuan Ke-5
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai kepolaran
senyawa.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai sifat senyawa ion
dan senyawa kovalen berdasarkan titik didih, kemudahan menguap, kelarutan, dan
daya hantar listrik.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
soal-soal mengenai sifat senyawa.
Ø Pertemuan Ke-6
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai sifat senyawa.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai ikatan logam.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
uji kepahaman mengenai ikatan logam.
Ø Pertemuan Ke-7
v Pembuka
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai ikatan logam.
v Inti
a. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tata nama dan
rumus senyawa molekul (senyawa kovalen) biner.
b. Peserta didik berlatih menuliskan nama senyawa molekul biner.
c. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tata nama senyawa
ion.
d. Peserta didik berlatih menuliskan nama senyawa ion.
e. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tata nama asam dan
basa.
f. Peserta didik berlatih menuliskan nama asam dan basa.
v Penutup
Peserta didik diminta membuat rangkuman serta berlatih mengerjakan
uji kepahaman mengenai tata nama senyawa sederhana.
Ø Pertemuan Ke-8
v Pembuka
Peserta didik mengingat kembali materi mengenai ikatan kimia.
v Inti
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan
peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan
harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
d. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal
ulangan harian telah selesai.
v Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya,
yaitu perhitungan kimia.
E. Sumber Belajar
a.
Buku Kimia SMK
b. Lembar kerja
c. Alat dan bahan praktikum
F.
Penilaian
Hasil Belajar
a.
Teknik
Penilaian:
§ Tes
unjuk kerja
§ Tes
tertulis
b.
Bentuk
Instrumen:
§ PG
§ Uraian
c. Contoh
Instrumen:
§ Contoh
tes PG

Reaktivitas
unsur berkaitan dengan konfigurasi elektronnya. Unsur tersebut yang paling
stabil adalah . . . .
a. P d.
S
b. Q e. T
c. R
§ Contoh
tes uraian
Nyatakan
jenis ikatan kimia (kovalen atau ion) dalam zat-zat berikut.
a. NaH d.
MgCl2
b. NH3 e.
C2H2
c. CCl4 f.
HCl
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
Cianjur, ……
…………………… 2013
Guru Mata
Pelajaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar