Jumat, 09 Juni 2017

RPP FISIKA SMK KELAS XI BAB OPTIK SEMESTER 2 (Ana Susana)

 

Dibawah ini adalah RPP Fisika SMK kelas XI semester 2 bab Optik sebagai berikut : 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah              : SMK
Mata Pelajaran             : FISIKA
Program Keahlian        : Multimedia / Otomotif
Kelas / Smester            :  XI /2
Pertemuan                   : 1, 2, 3, 4, 5 dan 6
Alokasi Waktu              : 12 x 45 menit
Alokasi Waktu Praktik  :  3 (6 Jam) x 45 menit
A.    Standar Kompetensi     
Menerapkan konsep optik
B.    Kompetensi Dasar                    
1.     Membedakan konsep cermin dan lensa
2.     Menggunakan hukum pemantulan dan pembiasan cahaya
3.     Menggunakan cermin dan lensa

C.    Indikator                                   
1.  Menjelaskan sifat dan fungsinya cermin datar, cekung dan cembung
2.     Menjelaskan sifat dan fungsinya lensa cekung dan cembung
3.   Mengidentifikasi dan menggambarkan pemantulan cahaya pada cermin datar,cekung dan cembung pada pola pembentukan banyangan sesuai hukum pemantulan
4.     Mengidentifikasi dan menggambarkan pembiasaan cahaya pada lensa cekung dan cembung  dengan pola pembentukan banyangan sesuai hukum snellius
5.   Mentukan jarak dan tinggi banyangan hasi pemantulan dan pembiasan lensa cekung dan lensa cembung menggunakan hukum pemantulan
6.   Mendeskripsikan sifat dan fungsi pemanfaatan lensa sebagai lup, kacamata, kamera, mikrokop, teleskop dan proyektor
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, di harapkan siswa dapat :
1.     Menjelaskan sifat dan fungsinya cermin datar, cekung dan cembung
2.     Menjelaskan sifat dan fungsinya lensa cekung dan cembung
3.   Mengidentifikasi dan menggambarkan pemantulan cahaya pada cermin datar,cekung dan cembung pada pola pembentukan banyangan sesuai hukum pemantulan
4.     Mengidentifikasi dan menggambarkan pembiasaan cahaya pada lensa cekung dan cembung  dengan pola pembentukan banyangan sesuai hukum snellius
5.  Mentukan jarak dan tinggi banyangan hasi pemantulan dan pembiasan lensa cekung dan lensa cembung menggunakan hukum pemantulan
6.  Mendeskripsikan sifat dan fungsi pemanfaatan lensa sebagai lup, kacamata, kamera, mikrokop, teleskop dan proyektor
Karakter siswa yang akan dikembangkan setelah mempelajari bab ini adalah:
Kerja Keras, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Cermat, Teliti.
E.    Materi Pembelajaran
·         Pemantulan  Cahaya
·         Cermin
·         Pembiasan cahaya
·         Alat- alat Optik
F.    Metode Pembelajaran
1.     Ceramah
2.     Diskusi
3.     Tanya jawab
4.     Pemberian Tugas
G.    Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.     Kegiatan Pendahuluan
·    Guru memberikan stimulus respon kepada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan
·    Guru menanggapi jawaban siswa dan kemudian menjelaskan tentang materi yang akan di pelajari
2.     Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
1.     Siswa di minta menjelaskan pengertian cermin
2.     Siswa diminta menjelaskan pengertian pemantulan
3.     Siswa diminta menyebutkan jenis cermin
4.     Siswa di minta menyebutkan contoh di kehidupan sehari yang berhubungan dengan cermin
·         Elaborasi
1.   Guru menjelaskan secara singkat tentang hukum pemantulan, pembentukan banyangan cemin datar, cekung dan cembung
2.     Guru melukiskan sinar-sinar istimewa pada cermin cekung, cembung dan merumuskanya
3.   Guru memfasilitasi siswa agar pemahaman siswa tentang materi yang sedang di bahas menjadi lebih baik dengan cara memberikan beberapa latihan soal menentukan jenis banyangan benda, pembesaran dan tinggi benda pada cermin cekung dan cembung pada buku fisika 2 K13 bidang keahlian teknologi dan rekayasa oleh sudirman penerbit airlangga
4.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum di pahami
·         Konfirmasi
1.     Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi yang sudah di pelajari
3.     Kegiatan penutup
·         Guru memberikan informasi untuk menguji kemampuan siswa melalui ulangan blok yang berhubungan dengan materi yang dijelaskan
Pertemuan Kedua : ujian Blok
Pertemuan Ketiga
1.     Kegiatan Pendahuluan
·         Guru memberikan stimulus respon kepada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan
·         Guru menanggapi jawaban siswa dan kemudian menjelaskan tentang materi yang akan di pelajari
2.     Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
1.     Siswa di minta menjelaskan pengertian pembiasan
2.     Siswa diminta menjelaskan bunyi hukum snellius
3.     Siswa diminta membedakan antara cermin dan lensa
4.     Siswa dimninta memberikan contoh penggunaan pembiasaan pada lensa
·         Elaborasi
1.   Guru menjelaskan secara singkat dan merumuskan tentang  hukum pembiasan menurut snellius (Indek bias, indek bias mutlak dan indek bias relatif)
2.     Guru menjelaskan dan merumuskan pembiasan pada kaca planpararel
3.     Guru menjelaskan dan merumuskan pembiasan pada bidang lengkung (lensa cekung,lensa cembung, persamaan pembuat lensa, jarak fokus, pembesaran banyangan, dan kuat lensa)
4.   Guru memfasilitasi siswa agar pemahaman siswa tentang materi yang sedang di bahas menjadi lebih baik dengan cara memberikan beberapa latihan soal  fisika 2 K13 bidang keahlian teknologi dan rekayasa oleh sudirman penerbit airlangga
5.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum di pahami
·         Konfirmasi
1.     Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi yang sudah di pelajari
3.     Kegiatan penutup
·         Guru membimbing siswa untuk memberikan kesimpulan tentang materi pembiasaan
·         Guru menginformasikan untuk prektik minggu depan dengan materi pembiasan cahaya dan alat yang harus dibawa adalah balok kaca, pengaris, kertas grafik mm,pensil hitam, jarum pentul, busur derajat, papan alas yang linak, paku payung , daftar sinus dan kakulator.
Pertemuan Keempat  
1.     Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengingatkan siswa kembali tentang materi yang telah di pelajari sebelumnya
·      Melalui praktik pembiasan, guru mengungkapkan pengetahuan siswa tentang materi pembiasaan cahaya
2.     Kegiatan inti
·         Eksplorasi
1.     Siswa di minta membaca literature tentang pembiasaan pada kaca .
2.     Siswa di minta membuat kelompok yang masing- masing kelompok terdiri atas maksimal 6 orang.
3.     Siswa di minta duduk secara berkelompok.
4.     Seluruh  kelompok mepersiapkan alat dan bahan di atas meja kelompoknya masing-masing
5.     Seluruh kelompok melaksanakan praktik sesuai prosedur tepat dan benar sesuai didalam LKS
6.     Siswa diminta membuat laporan hasil pengamatan, analisis dan kesimpulan dari pengamatan yang dilakukan .
·         Elaborasi
1.     Guru membimbing jalannya praktik yang berlangsung dengan baik dan benar.
2.     Guru memfasilitasi agar pemahaman siswa tentang materi yang dibahas menjadi lebih baik misalnya dengan memberikan masukan tentang kegiatan yang telah dilaksanakan.
3.     Guru memberi kesempatan siswa untuk mempresentasikan hasil praktiknya didepan kelas.
·       Konfirmasi
1.     Guru memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi yang di pelajari.
3.   Kegiatan Penutup
·       Guru membimbing siswa untuk memberikan kesimpulan hasil  praktik dan dan laporan praktik dan individu dikumpulkan di meja guru.
·       Guru memberikan tugas rumah untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi berupa latihan soal pada buku fisika SMK dan SMA
Pertemuan Kelima
1.     Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengingatkan siswa kembali tentang materi yang telah di pelajari sebelumnya
·    Melalui diskusi penerapan alat-alat optik pada kehidupan sehari-hari, guru mengungkapkan pengetahuan siswa tentang materi penerapan alat-alat optik.
2.     Kegiatan inti
·         Eksplorasi
1.     Siswa di minta membaca literature tentang alat-alat optik.
2.     Siswa di minta membuat kelompok yang masing- masing kelompok terdiri atas maksimal 6 orang.
3.     Siswa di minta duduk secara berkelompok.
4.     Masing-masing kelompok mendiskusikan penarapan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
5.     Siswa diminta membuat laporan hasil diskusi, dan kesimpulan dari diskusi yang dilakukan .
·         Elaborasi
1.    Guru membimbing jalannya diskusi yang berlangsung dengan baik dan benar.
2.     Guru memfasilitasi agar pemahaman siswa tentang materi yang dibahas menjadi lebih baik misalnya dengan memberikan masukan tentang kegiatan yang telah dilaksanakan.
3.     Guru memberi kesempatan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas.
·       Konfirmasi
1.     Guru memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi yang di pelajari.
3.    Kegiatan Penutup
·       Guru membimbing siswa untuk memberikan kesimpulan hasil  diskusi dan dan laporan praktik dan individu dikumpulkan di meja guru.
·       Guru memberikan tugas rumah untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi berupa latihan soal pada buku fisika SMK dan SMA
Pertemuan enam : Ujian Blok
H.  Alat, sumber dan bahan
1.     Alat dan bahan :
Alat           : balok kaca, pengaris, kertas grafik mm,pensil hitam, jarum pentul, busur derajat, papan alas yang linak, paku payung , daftar sinus dan kakulator.
Bahan : -
2.     Sumber belajar :
a.     Buku penuntun belajar Fisika 2 Bidang Teknologi dan Rekayasa untuk SMK dan MAK XI K13 oleh Sudirman penerbit Erlangga
b.    Buku penuntun belajar Fisika 2 Bidang Teknologi dan Kesehatan untuk SMK dan MAK XII KTSP oleh Sudirman penerbit Erlangga
c.     Buku pendukung Pintar Fisika 2 edisi kedua oleh Kamajaya penerbit Ganesa.
d.    Buku pendukung Fisika SMA XII  KTSP oleh Marthen Kanginan penerbit Erlangga
e.     Buku – buku yang relevan
f.     LKS
g.    Internet
I.      Penilaian
Indikator
Jenis Tugas
Bentuk Tugas
Instrument
1. Menjelaskan sifat dan fungsinya cermin datar, cekung dan cembung
2.   Menjelaskan sifat dan fungsinya lensa cekung dan cembung
3.     Mengidentifikasi dan menggambarkan pemantulan cahaya pada cermin datar,cekung dan cembung pada pola pembentukan banyangan sesuai hukum pemantulan
4.     Mengidentifikasi dan menggambarkan pembiasaan cahaya pada lensa cekung dan cembung  dengan pola pembentukan banyangan sesuai hukum snellius
5.     Mentukan jarak dan tinggi banyangan hasi pemantulan dan pembiasan lensa cekung dan lensa cembung menggunakan hukum pemantulan
6.     Mendeskripsikan sifat dan fungsi pemanfaatan lensa sebagai lup, kacamata, kamera, mikrokop, teleskop dan proyektor
1.   Tugas individu.
2.   Performa.
3.   Tes tertulis
4.   Ulangan harian
1.   Produk
2.   Unjuk kerja
3.   Laporan hasil pengamata
( observasi )
4.   Pengamatan sikap
1.   LKS
2.   Soal test pilihan ganda dan uraian (soal terlampir)
Contoh Instrumen
1.    Sebuah teleskop astronomi mempunyai fokus objektif 2 m dan fokus okuler 2 cm. hitunglah pembesaran teleskop tersebut.
a.     120 kali                   c. 110 kali                     e. 150 kali
b.    100 kali                   d. 140 kali
Jawab :
Diketahui : fok = 2 cm = 0,02 m dan fob = 2 m. Ditanya : M ?
Penyelesaianya menggunakan rumus M =fok/fob = 2/0.02 = 100 kali
Mengetahui                                                                           ,.............2015
Kepala sekolah                                   Guru Mata Pelajaran
                                                     

NIP.                                                                                            NIP. 
Sumber: http://www.budilaksono.com/2016/04/perangkat-pembelajaran-rpp-fisika-smk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar