Rabu, 07 Juni 2017

RPP MATEMATIKA SMP K13



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran        : Matematika
Tingkat Pendidikan  : SMP
Kelas                      : VII
Semester                : 1 (Satu)
Alokasi Waktu         : ... x 40 menit (... pertemuan)
I.   KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
II.  KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.   Menyatakan himpunan.
2.   Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya.
3.   Membedakan himpunan kosong serta menuliskan notasinya.
4.   Menentukan himpunan bagian dan menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.
5.   Menjelaskan pengertian kurang (difference) dan komplemen himpunan.
6.   Menyelesaikan masalah yang menggunakan konsep himpunan.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui aktivitas pembelajaran siswa dapat:
1.   menyatakan himpunan,
2.   menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya,
3.   membedakan himpunan kosong serta menuliskan notasinya,
4.   menentukan himpunan bagian dan menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan,
5.   menjelaskan pengertian kurang (difference) dan komplemen himpunan,
6.   menyelesaikan masalah yang menggunakan konsep himpunan.
V.  MATERI POKOK
Ø   Pengertian Himpunan
Ø   Himpunan Semesta
Ø   Himpunan Kosong
Ø   Diagram Venn
Ø   Relasi Himpunan
Ø   Operasi Himpunan
VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
waktu
Pendahuluan
1.  Guru mengucapkan salam kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa.
2.  Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang  himpunan.
3.  Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan dibahas dan menggali pengetahuan awal.

... menit

... menit

... menit
Inti
1.  Guru menjelaskan dan memberi contoh tentang masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan himpunan.
2.  Siswa memerhatikan dan merespon penjelasan guru.
3.  Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan tugas mandiri pada Buku Evaluasi Siswa.
4.  Siswa diminta untuk mempresentasikan tugas mandiri di depan kelas.
5.  Siswa bersama dengan kelompoknya berdiskusi untuk mengerjakan tugas kelompok pada Buku Evaluasi Siswa.

6.  Beberapa perwakilan siswa menyampaikan hasil diskusi dari kegiatan kelompok di depan kelas tentang himpunan siswa di kelas.
7.  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
8.  Guru memberikan latihan individu kepada siswa dalam mengaitkan himpunan dengan fenomena-fenomena yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari melalui uji kompetensi.
... menit

... menit
... menit

... menit

... menit


... menit


... menit

... menit

Penutup

1.  Guru melakukan review terhadap hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan meminta siswa mengungkapkan pendapatnya.
2.  Memberikan tugas rumah kepada siswa untuk menyatakan masalah sehai-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya kemudian menyajikan irisan dan gabungan dalam diagram venn.
3.  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
... menit


... menit



... menit

VII. SUMBER BELAJAR
1.   Buku            : buku Matematika untuk Kelas VII SMP, buku-buku referensi lain yang relevan.
2.   Alat Peraga   : alat peraga benda di lingkungan sekitar.
VIII.      PENILAIAN
1.   Tuliskan himpunan bilangan asli kurang dari 6!
2.   Jika himpunan R adalah himpunan bilangan ganjil antara 9 dan 20, maka tentukan n(R)!
3.   Jika P = {faktor dari 6}, tentukan banyaknya himpunan bagian dari P!
4.   Diketahui : S = {1, 2, 3, …, 8}, A = {2, 3, 4}, B = {3, 4, 5, 6}
Tentukan (A  B)c!
5.   Diketahui: P = {m, a, r, s, e, l}, Q = {r, e, s, h, a}, R = {g, e, r, a, l, d}. Tentukan P Q R!


Mengetahui
Kepala Sekolah



   NIP.

..........., ..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Matematika



        NIP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran        : Matematika
Tingkat Pendidikan  : SMP
Kelas                      : VII
Semester                : 1 (Satu)
Alokasi Waktu         : ... x 40 menit (... pertemuan)

I.    KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
II.   KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
3.5 Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan).
4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah.
III.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.   Memberikan contoh bilangan bulat.
2.   Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
3.   Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
4.   Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
5.   Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campuran desimal, persen dan permil.
6.   Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
7.   Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.
IV.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui aktivitas pembelajaran siswa dapat:
1.   memberikan contoh bilangan bulat,
2.   menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan,
3.   melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran,
4.   menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat,
5.   memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campuran desimal, persen dan permil,
6.   mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain,
7.   menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.
V.   MATERI POKOK
Ø   Bilangan Bulat
Ø   Operasi Hitung Bilangan Bulat
Ø   Perpangkatan Bilangan Bulat
Ø   Bilangan Pecahan
Ø   Operasi Hitung Bilangan Pecahan
Ø   Bilangan Rasional
Ø   Pola Bilangan Bulat
VI.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
waktu
Pendahuluan
1.   Guru mengucapkan salam kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa.
2.   Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang  bilangan.
3.   Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan dibahas dan menggali pengetahuan awal misalnya: “Mengapa perkalian dengan nol hasilnya nol? Adakah hasil bagi dengan nol?”
... menit

... menit

... menit
Inti
  1. Guru memberikan penjelasan mengenai bilangan bulat serta operasi bilangan bulat.
  2. Siswa memerhatikan dan merespon penjelasan guru.
  3. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan tugas mandiri pada Buku Evaluasi Siswa .
  4. Siswa diminta untuk mempresentasikan tugas mandiri di depan kelas.
  5. Siswa bersama dengan kelompoknya berdiskusi untuk mengerjakan tugas kelompok pada Buku Evaluasi Siswa.

  6. Beberapa perwakilan siswa menyampaikan hasil diskusi dari kegiatan kelompok di depan kelas tentang mencari KPK dan FPB.
  7. Guru memberikan penjelasan mengenai bilangan pecahan dan operasi pada bilangan pecahan.
  8. Siswa memerhatikan dan merespon penjelasan guru tentang bilangan pecahan serta cara mengoperasikan pecahan pada penyebut sama dan penyebut berbeda.
  9. Siswa secara mandiri diminta untuk mengerjakan latihan soal pada Buku Evaluasi Siswa.
10. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
11. Guru memberikan latihan individu kepada siswa dalam mengaitkan antara bilangan bulat dan pecahan melalui uji kompetensi.
... menit

... menit
... menit

... menit

... menit


... menit


... menit

... menit


... menit

... menit

... menit
Penutup

1.   Guru melakukan review terhadap hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan meminta siswa mengungkapkan pendapatnya.
2.   Memberikan tugas rumah kepada siswa untuk mengelompokkan benda-benda menjadi beberapa kelompok dan menghitung jumlah masing-masing kemudian menentukan sifat-sifat pada bilangan.
3.   Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
... menit


... menit


... menit


VII. SUMBER BELAJAR
1.   Buku            : buku Matematika untuk Kelas VII SMP, buku-buku referensi lain yang relevan, dan lingkungan sekitar.
2.   Alat Peraga   : berbagai bangun dan bilangan

VIII. PENILAIAN
1.   Dua hari yang lalu suhu udara di puncak gunung adalah 5oC. Hari ini suhu udara turun 8oC. Tentukan suhu udara di puncak gunung sekarang!
2.   Hitunglah 1,69 : 13 – 0,125!
3.   Tentukan FPB dan KPK dari 32, 42, dan 36!
4.   Tentukan hasil dari 25 x 29 x 212!
5.   Seorang pedagang ternak menjual kambingnya dengan keuntungan 22%. Jika modalnya Rp525.000,00, maka tentukan harga jual kambing tersebut!



Mengetahui
Kepala Sekolah



   NIP.

..........., ..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Matematika



        NIP.





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran        : Matematika
Tingkat Pendidikan  : SMP
Kelas                      : VII
Semester                : 1 (Satu)
Alokasi Waktu         : ... x 40 menit (... pertemuan)

I.   KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
II.  KOMPETENSI DASAR
1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
3.12 Memahami berbagai konsep dan prinsip garis dan sudut dalam pemecahan masalah nyata.
4.10 Menerapkan berbagai konsep dan sifat-sifat terkait garis dan sudut dalam pembuktian matematis serta pemecahan masalah nyata.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.   Menjelaskan jenis-jenis sudut (siku-siku, lancip, tumpul).
2.   Menjelaskan hubungan antar sudut.
3.   Menentukan kedudukan dua garis,
4.   Menemukan sifat sudut, jika dua garis dipotong garis lain.
5.   Mengenal satuan sudut dan memberi nama sudut.
6.   Menggambar dan mengukur besar sudut dengan busur derajat.
7.   Membagi sudut menjadi dua sama besar.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui aktivitas pembelajaran siswa dapat:
1.   menjelaskan jenis-jenis sudut (siku-siku, lancip, tumpul),
2.   menjelaskan hubungan antarsudut,
3.   menentukan kedudukan dua garis,
4.   menemukan sifat sudut, jika dua garis dipotong garis lain,
5.   mengenal satuan sudut dan memberi nama sudut,
6.   menggambar dan mengukur besar sudut dengan busur derajat,
7.   membagi sudut menjadi dua sama besar.
V.  MATERI POKOK
Ø   Garis
Ø   Sudut
VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
waktu
Pendahuluan
1.  Guru mengucapkan salam kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa.
2.  Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang  garis dan sudut.
3.  Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan dibahas dan menggali pengetahuan awal misalnya: “Bagaimana seorang tukang bangunan, asitek, desainer interior, dsb dalam membuat sebuah rangkaian bangunan yang melibatkan bentuk garis dan sudut?”
... menit

... menit

... menit
Inti
  1.       Guru menjelaskan dan memberi contoh mengenai konsep titik, garis, bidang dan kedudukan garis.
  2.       Siswa memerhatikan dan merespon penjelasan guru.
  3.       Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan tugas mandiri pada Buku Evaluasi Siswa.
  4.       Siswa diminta untuk mempresentasikan tugas mandiri di depan kelas.
  5.       Siswa bersama dengan kelompoknya berdiskusi untuk mengerjakan tugas kelompok pada Buku Evaluasi Siswa.

  6.       Beberapa perwakilan siswa menyampaikan hasil diskusi dari kegiatan kelompok di depan kelas tentang garis berpotongan dan garis yang berimpit.
  7.       Guru memberikan penjelasan dan contoh mengenai konsep sudut, hubungan antarsudut.
  8.       Siswa memerhatikan dan merespon penjelasan guru tentang konsep sudut dan hubungan antarsudut..
  9.       Siswa secara mandiri diminta untuk mengerjakan latihan soal pada Buku Evaluasi Siswa.
10.        Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
11.        Guru memberikan latihan individu kepada siswa dalam mengaitkan antara garis dan sudut melalui uji kompetensi.
... menit

... menit
... menit

... menit

... menit


... menit


... menit

... menit

... menit

... menit

... menit

Penutup

1.  Guru melakukan review terhadap hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan meminta siswa mengungkapkan pendapatnya.
2.  Memberikan tugas rumah kepada siswa untuk mengambil foto dan gambar sketsa benda-benda yang mengandung unsur-unsur garis sejajar, garis tegak lurus, sudut sehadap, sudut berseberangan, dan lain-lain.
3.  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
... menit


... menit



... menit
VII. SUMBER BELAJAR
1.   Buku            : buku Matematika untuk Kelas VII SMP, buku-buku referensi lain yang relevan.
2.   Alat Peraga  : alat peraga garis dan sudut, penggaris, lingkungan sekitar.
VIII. PENILAIAN
1.   Tentukan pelurus dari sudut 119,63o!
2.   Tentukan sudut terkecil yang terbentuk kedua jarum jam pada pukul 09.00!
3.   Tentukan besarnya sudut dalam sepihak!
4.   Tentukan jenis sudut yang besarnya 90,3o!
5.   Tentukan jenis dari sudut-sudut berikut ini!
a.   Ð PQR = 90o
b.   Ð KLM = 53,7o
c.   Ð XYZ = 109o
d.   Ð JKL = 180,3o


Mengetahui
Kepala Sekolah


   NIP.

..........., ..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Matematika


        NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran        : Matematika
Tingkat Pendidikan  : SMP
Kelas                      : VII
Semester                : 1 (Satu)
Alokasi Waktu         : ... x 40 menit (... pertemuan)

I.   KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
II.  KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas.
3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri.
4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.   Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi, sudutnya, dan sifat-sifatnya.
2.   Menyelesaikan soal mengenai sudut dalam segitiga.
3.   Mendeskripsikan pengertian persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, layanglayang dan trapesium.
4.   Mengidentifi kasi sifat-sifat persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang dan trapesium.
5.   Menghitung keliling dan luas segitiga.
6.   Menghitung keliling dan luas segi empat.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui aktivitas pembelajaran siswa dapat:
1.   menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi, sudutnya, dan sifat-sifatnya,
2.   menyelesaikan soal mengenai sudut dalam segitiga,
3.   mendeskripsikan pengertian persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, layanglayang dan trapesium,
4.   mengidentifi kasi sifat-sifat persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang dan trapesium,
5.   menghitung keliling dan luas segitiga,
6.   menghitung keliling dan luas segi empat.
V.  MATERI POKOK
Ø   Sifat-sifat Segiempat
Ø   Keliling dan Luas Segiempat
Ø   Sifat-sifat Segitiga
Ø   Luas dan Keliling Segitiga
VI. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
waktu
Pendahuluan
1.  Guru mengucapkan salam kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa.
2.  Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang  segi empat dan segitiga.
3.  Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan dibahas dan menggali pengetahuan awal misalnya: “Bagaimana menyusun model dan melukis bangun datar serta penerapan bangun datar pada kehidupan sehari-hari?”
... menit

... menit

... menit
Inti
1.  Guru menjelaskan dan memberi contoh mengenai sifat-sifat, luas, keliling pada segi empat dan segitiga.
2.  Siswa memerhatikan dan merespon penjelasan guru.
3.  Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan tugas mandiri pada Buku Evaluasi Siswa.
4.  Siswa diminta untuk mempresentasikan tugas mandiri di depan kelas.
5.  Siswa bersama dengan kelompoknya berdiskusi untuk mengerjakan tugas kelompok pada Buku Evaluasi Siswa.

6.  Beberapa perwakilan siswa menyampaikan hasil diskusi dari kegiatan kelompok di depan kelas tentang menghitung luas dan keliling bangun datar.
7.  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
8.  Guru memberikan latihan individu kepada siswa dalam mengaitkan antara sifat-sifat, luas, keliling pada segi empat dan segitiga melalui uji kompetensi.
... menit

... menit
... menit

... menit

... menit


... menit


... menit

... menit
Penutup

1.  Guru melakukan review terhadap hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan meminta siswa mengungkapkan pendapatnya.
2.  Memberikan tugas rumah kepada siswa untuk menemukan hubungan segiempat dan segitiga yang terbentuk menggunakan potongan lidi.
3.  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
... menit


... menit


... menit
VII. SUMBER BELAJAR
1.   Buku            : buku Matematika untuk Kelas VII SMP, buku-buku referensi lain yang relevan.
2.   Alat Peraga  : alat peraga segitiga, penggaris, lingkungan sekitar.
VIII. PENILAIAN
1.   ABCD adalah layang-layang, kedua diagonalnya berpotongan di titik O (0,0) . Jika AC terbagi dua oleh BD dan A (–3,3) , B (4,4) , D (–4,4), maka tentukan koordinat titik C!
2.   Sebuah jajar genjang panjang alasnya sama dengan lima kali tingginya. Jika tingginya 9 cm, maka tentukan luasnya!
3.   Keliling layang-layang ABCD = 44 cm, BC = 12 cm, dan OA = 6 cm. Maka tentukan panjang BD!
4.   Layang-layang luasnya 42 cm2. Jika perbandingan kedua diagonalnya 3 : 7, maka tentukan panjang kedua diagonal!
5.   Belah ketupat ABCD, panjang diagonalnya 8 cm dan 6 cm,. Maka tentukan keliling belah ketupat!


Mengetahui
Kepala Sekolah



   NIP.

..........., ..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Matematika



        NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran            : Matematika
Tingkat Pendidikan     : SMP
Kelas                             : VII
Semester                      : 1 (Satu)
Alokasi Waktu              : ... x 40 menit (... pertemuan)

I.    KOMPETENSI INTI
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

II.   KOMPETENSI DASAR
3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.
4.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik.
4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik.

III.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.   Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
2.   Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
3.   Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai).
4.   Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai).
IV.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui aktivitas pembelajaran siswa dapat:
1.   menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan,
2.   menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala,
3.   memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai),
4.   menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga (nilai).
V.   MATERI POKOK
Ø   Pengertian perbandingan
Ø   Jenis-jenis perbandingan
Ø   Skala sebagai perbandingan
VI.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa.
2.    Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang  perbandingan dan skala.
3.    Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan dibahas dan menggali pengetahuan awal misalnya: “Mengapa konsep perbandingan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari? Apa perbedaan Perbandingan dengan membandingkan selisih diantara dua buah benda dengan membandingkan hasil bagi dari dua buah benda?”
... menit

... menit

... menit
Inti
1.    Guru menjelaskan dan memberi contoh mengenai pengertian, jenis-jenis perbandingan dan skala sebagai perbandingan.
2.    Siswa memerhatikan dan merespon penjelasan guru.
3.    Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan tugas mandiri pada Buku Evaluasi Siswa.
4.    Siswa diminta untuk mempresentasikan tugas mandiri di depan kelas.
5.    Siswa bersama dengan kelompoknya berdiskusi untuk mengerjakan tugas kelompok pada Buku Evaluasi Siswa.
6.    Beberapa perwakilan siswa menyampaikan hasil diskusi dari kegiatan kelompok di depan kelas tentang mencari jarak pada foto dan jarak sebenarnya.
7.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
8.    Guru memberikan latihan individu kepada siswa dalam mengaitkan perbandingan dan skala melalui uji kompetensi.
... menit

... menit
... menit

... menit

... menit

... menit


... menit

... menit
Penutup

1.    Guru melakukan review terhadap hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan meminta siswa mengungkapkan pendapatnya.
2.    Memberikan tugas rumah kepada siswa untuk membuat laporan hasil pengamatan tentang menghitung jarak sebenarnya dari kabupaten ke rumah tempat tinggal.
3.    Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
... menit

... menit


... menit

VII. SUMBER BELAJAR
1.    Buku                        : buku Matematika untuk Kelas VII SMP, buku-buku referensi lain yang relevan.
2.    Alat Peraga     : alat peraga perbandingan dan skala, peristiwa sehari-hari dan lingkungan sekitar.

VIII.      PENILAIAN
1.   Panjang jalan sebuah desa 4 km. Jika digambar pada peta, panjangnya 40 cm. Tentukan skala peta tersebut!
2.   Sebuah kapal panjang sebenarnya 120 m dan tingginya 15 m. Jika kapal itu digambar dalam denah, tingginya 24 cm. Tentukan skala gambar kapal tersebut!
3.   Panjang sebuah bus pada gambar dengan skala 1 : 200 adalah 4 cm, dan tingginya 1,5 cm. Maka, tentukan panjang dan tinggi bus sebenarnya!
4.   Bunga mawar Ani : bunga melati = 3 : 8. Jika selisih bunga mawar dan melati 125 buah, maka tentukan jumlah bunga mawar Ani!
5.   Kelereng Anton kelereng Indra. Kelereng Indra kelereng Eko. Jika selisih kelereng Anton dan Indra 8 butir maka, tentukan jumlah kelereng mereka!



Mengetahui
Kepala Sekolah



   NIP.

..........., ..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Matematika



        NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar