Materi mapel Fisika kelas XI kurikulum 2013
SMK Teknologi dan Rekayasa adalah :
Semester I :
A). Gerak,
Gelombang dan Bunyi
B). Listrik Statis dan Dinamis
C). Medan Elektomanektik.
Semester II : D). Listrik Arus Bolak-Balik ( AC )
E). Optik
F). Fisika Modern dan Radioaktivitas
SILABUS MATA PELAJARAN FISIKA
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN
REKAYASA)
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas
/Semester : XI
Kompetensi Inti :
KI
1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah..
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi
dan seisinya
|
· Pengertian
getaran
· Gerak
harmonik sederhana
· Energi dalam
gerak harmonik sederhana
· Aplikasi
gerak harmonik sederhana
|
Mengamati
·
Mengamati peristiwa ayunan bandul dan pegas dan
menuliskan ke dalam tabel pengamatan
· Menyimak
informasi mengenai getaran, gerak harmonik, dan energi dalam gerak harmonik
·
Menanya
·
Membuat pertanyaan mengenai pengertian getaran dan
energi gerak harmonik
·
Mengajukan pertanyaan dalam diskusi kelompok berkaitan
dengan frekuensi dan periode getaran
Mengeksplorasi
· Melakukan
eksperimen dengan menggunakan bandul sederhana dan pegas untuk memahami
konsep frekuensi dan periode getaran
Mengasosiasi
· Menganalisis
hubungan keterkaitan antara konsep frekuensi dan periode
· Menyimpulkan
hasil analisis data percobaan ayunan bandul dan pegas
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil pengamatan mengenai hubungan antara getaran dan gelombang, dalam bentuk
lisan dan tulisan.
· Menyaji hasil
percobaan ayunan bandul sederhana dan ayunan pegas
· Menyampaikan
kesimpulan berupa konsep dari hasil pengamatan dan percobaan.
|
Tugas
·
Memecahkan permasalahan gerak harmonik sederhana dalam
produk teknologi dan rekayasa
· Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai konsep dan
aplikasi gerak harmonik sederhana
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda
menghitung frekuensi dan
periode getaran dari ayunan bandul sederhana dan pegas.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
3 x 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas XI
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.1 Memahami konsep dan prinsip getaran dan
gerak harmonik sederhana.
3.2 Menerapkan konsep dan prinsip energi
dalam gerak harmonik sederhana
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi
dan seisinya
|
· Frekuensi,
kecepatan rambat dan panjang gelombang
· Gelombang transversal dan longitudinal
· Gelombang tali,
gelombang permukaan air, gelombang bunyi dan gelombang cahaya
· Interferensi, resonansi,
gelombang kejut, efek Doppler
· Gelombang sonar,
supersonik dan sonic boom,
ultrasonik dan infrasonik, gelombang radio, gelombang TV, dan RADAR
|
Mengamati
· Membaca bahan bacaan terkait pengertian dan prinsip gelombang,
dan keterkaitan antara getaran dengan gelombang.
· Mengamati fenomena
perambatan gelombang air dan gelombang suara pada dua mobil yang saling
berpapasan, dan menuliskan ke dalam tabel pengamatan.
· Menyimak
informasi mengenai getaran dan gelombang
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gelombang air dan gelombang suara
·
Mengajukan pertanyaan mengenai jenis-jenis gelombang
Mengeksplorasi
· Melakukan
eksperimen dengan menggunakan tali dan slinki untuk menyelidiki gelombang
longitudinal dan transversal
· Melakukan
eksperimen dengan menggunakan tangki riak
untuk menyelidiki sifat gelombang
· Melakukan
eksperimen efek Doppler untuk merumuskan efek Doppler
· Melakukan
percobaan dengan menggunakan kit optik untuk menyelidiki sifat-sifat
gelombang, seperti dapat dipantulkan, dibiaskan, dilenturkan
Mengasosiasi
· Menganalisis
hubungan keterkaitan antara gelombang air dan gelombang udara
· Menganalisis
data percobaan jenis gelombang (slinki), sifat gelombang (tangki riak), efek Doppler,
dan fenomena gelombang (kit optik).
· Menyimpulkan
hasil analisis data pengamatan dan data percobaan
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil pengamatan mengenai perambatan gelombang di air dan udara, dalam bentuk
lisan atau gambar.
· Menyajikan hasil
percobaan tali slinki, tangki riak, dan alat efek Doppler
· Menyajikan
kesimpulan yang berupa konsep, dari hasil pengamatan dan percobaan
|
Tugas
· Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran
·
Membuat laporan hasil percobaan jenis gelombang,
sifat gelombang, efek Doppler, dan fenomena gelombang
·
Memecahkan masalah penggunaan atau aplikasi konsep
gelombang pada teknologi rekayasa
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda mengenai gelombang.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
4 x 2 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas XI
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.3 Memahami konsep dan prinsip-prinsip gejala gelombang
3.4 Menganalisis perbedaan jenis-jenis
gelombang
|
|||||
4.1
Menyajikan hasil penyelidikan fenomena gelombang (interferensi, resonansi, efek
doppler, dan/atau gelombang kejut)
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi
dan seisinya
|
· Muatan
listrik
· Hukum Coulomb
· Arus dan beda
potensial listrik
· Hambatan dan
rangkaian hambatan listrik
· Hukum Ohm
· Hukum I dan II
Kirchoff
· Analisis pada
rangkaian sederhana
· Perhitungan
energi dan daya listrik
· Perhitungan daya
alat–alat listrik
|
Mengamati
· Mengamati
interaksi muatan listrik statis, dan menuliskan ke dalam tabel pengamatan.
· Mengamati
hubungan kuat arus, tegangan, atau hambatan dalam percobaan
· Menyimak
informasi mengenai listrik statis dan listrik dinamis.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan hubungan antara kuat arus, tegangan, dan hambatan
·
Mengajukan pertanyaan mengenai daya dan energi arus
searah
Mengeksplorasi
· Melakukan
eksperimen menggunakan
elektroskop untuk menunjukkan jenis dan interaksi muatan listrik statis
· Melakukan
eksperimen untuk menyelidiki hubungan antara kuat
arus, tegangan, dan hambatan (hukum Ohm)
· Melakukan
eksperimen untuk mengukur kuat arus,
tegangan, dan hambatan menggunakan alat ukur
·
Melakukan eksperimen menentukan kuat arus listrik pada rangkaian dengan
menggunakan hukum Kirchhoff I
· Melakukan
percobaan untuk menyelidiki kuat arus,
tegangan, dan hambatan pada rangkaian majemuk dengan menggunakan hukum
Kirchhoff II
Mengasosiasi
· Menganalisis
hubungan keterkaitan dalam interaksi muatan
listrik statis
· Menganalisis
data percobaan hokum Ohm, hukum Kirchhoff.
· Menyimpulkan
hasil analisis data pengamatan dan data percobaan
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil pengamatan mengenai interaksi muatan
listrik, dalam
bentuk lisan atau gambar.
· Menyajikan
hasil percobaan hukum Ohm, hukum Kirchhoff I dan hukum Kirchhoff II
· Menyajikan
kesimpulan yang berupa konsep, dari hasil pengamatan dan percobaan
|
Tugas
· Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran
· Membuat
laporan hasil percobaan interaksi muatan, hukum Ohm, hukum Kirchhoff I dan II
· Memecahkan masalah
berkaitan dengan aplikasi daya dan energi listrik pada teknologi rekayasa
· Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai interaksi muatan, hukum Ohm, hukum Kirchhoff I dan
Kirchhoff II
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda mengenai listrik statik dan dinamis.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
8x 2 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas XI
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.5 Memahami konsep listrik statis dan dinamis
3.6 Menerapkan konsep listrik statis
3.7 Menerapkan hukum kelistrikan arus
searah
3.11 Menganalisis hubungan antara tegangan,
hambatan, dan kuat arus pada rangkaian listrik arus searah
|
|||||
4.2
Mengolah informasi yang berkaitan dengan listrik statis
dan dinamis
4.3
Memecahkan masalah teknologi dan rekayasa yang berkaitan
dengan daya dan energi listrik arus searah
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi
dan seisinya
|
· Medan magnet
dari kutub-kutub magnet
· Medan magnet
oleh arus listrik
· Medan magnet di
sekitar kawat berarus lurus
· Medan magnet di
sekitar kawat melingkar berarus
· Medan magnet di
sekitar solenoida
· Medan magnet di
sekitar toroida
· Medan magnet di
sekitar kawat sejajar
· Medan magnet di
sekitar kumparan
· Gerak muatan
dalam medan magnet
· Gelombang
elektromagnetik dan spektrumnya
|
Mengamati
· Mengamati medan
magnet di sekitar kawat berarus listrik, dan menuliskan ke dalam tabel
pengamatan.
· Menyimak
informasi mengenai medan magnet, gelombang elektromagnet.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengaruh arus listrik terhadap
medan magnet
·
Mengajukan pertanyaan mengenai daya dan energi arus
searah
Mengeksplorasi
· Melakukan
eksperimen untuk
menentukan kuat medan magnet pada berbagai bentuk kawat
berarus listrik (hukum
Biot-Savart)
· Melakukan
eksperimen menggunakan magnet pada peralatan listrik (loud
speaker, relay, bel listrik)
·
Melakukan eksperimen untuk menentukan panjang gelombang masing-masing komponen
cahaya natrium dengan menggunakan difraksi cahaya oleh kisi difraksi
Mengasosiasi
· Menganalisis
hubungan keterkaitan antara medan magnet dengan arus listrik
· Menganalisis
data percobaan gaya magnetik (gaya Lorentz), hukum Biot-Savart, dan kisi
difraksi
· Menyimpulkan
hasil analisis data pengamatan dan data percobaan
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil pengamatan mengenai medan magnet di sekitar kawat berarus listrik.
· Menyajikan
hasil percobaan gaya Lorentz, hukum Biot-Savart dan kisi difraksi
· Menyajikan
kesimpulan yang berupa konsep, dari hasil pengamatan dan percobaan
|
Tugas
· Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran
· Membuat
laporan hasil percobaan kemagnetan
· Melakukan pemecahan masalah arus listrik dan kaitannya dengan
medan magnet dalam produk teknologi dan rekayasa
· Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai kemagnetan
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda mengenai kemagnetan.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
4 x 2 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas XI
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.8 Memahami gejala kemagnetan
3.9 Menerapkan hukum-hukum kemagnetan
dengan melakukan perhitungan sederhana
|
|||||
4.4
Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang berkaitan
dengan konsep kemagnetan dan elektromagnet
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi
dan seisinya
|
· Gejala peralihan
pada induktor
· Gejala transien
pada kapasitor
· Sumber tegangan
bolak-balik
· Resistor sumber
tegangan bolak-balik
· Induktor pada
arus bolak-balik
· Perumusan
impedansi RLC seri
· Perumusan
impedansi RLC paralel
· Keadaan
resonansi rangkaian RLC
· Nilai rms pada arus bolak-balik
· Perhitungan daya
pada arus bolak-balik
· Transformator
|
Mengamati
· Mengamati karakteristik alat ukur arus bolak-balik dan menuliskan ke dalam tabel
pengamatan, yang memuat nama alat dan bagaimana prinsip bekerja pada alat
tersebut
· Menyimak
informasi mengenai kelistrikan arus bolak-balik
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan listrik arus searah dan listrik
arus bolak-balik
Mengeksplorasi
· Melakukan
eksperimen untuk mengukur tegangan dan arus bolak-balik dengan menggunakan osiloskop.
·
Melakukan eksperimen untuk mengukur nilai efektif dan nilai maksimum
dari tegangan dan arus bolak-balik yang terbaca dari grafik pada osiloskop
·
Melakukan eksperimen untuk membuat
rangkaian RLC dan mengobservasi faktor-faktor fisis (tegangan, arus, dan
impedansi) yang menjadi variabel pada rangkaian tersebut
Mengasosiasi
· Menganalisis nilai efektif dan nilai maksimum
dari tegangan dan arus bolak-balik yang terbaca dari grafik pada osiloskop
· Menganalisis
data percobaan tegangan dan arus bolak balik, nilai efektif dan maksimum
tagangan dan arus bolak-balik, dan rangkaian RLC
· Menyimpulkan
hasil analisis data pengamatan dan data percobaan
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil pengamatan mengenai medan magnet di sekitar kawat berarus listrik.
· Menyajikan
hasil percobaan gaya Lorentz, hukum Biot-Savart dan kisi difraksi
· Menyajikan
kesimpulan yang berupa konsep, dari hasil pengamatan dan percobaan
|
Tugas
· Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran
·
Membuat laporan hasil percobaan kelistrikan arus
bolak balik.
·
Memecahkan masalah aplikasi konsep kelistrikan arus
bolak balik pada teknologi rekayasa
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai kelistrikan
arus bolak balik
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda mengenai kelistrikan arus bolak balik.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
7 x 2 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas XI
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.10 Menerapkan
hukum kelistrikan arus bolak-balik
3.12
Menganalisis hubungan antara tegangan, impedansi, dan kuat arus pada listrik bolak-balik
|
|||||
4.5
Menyajikan hasil analisis yang berkaitan dengan daya dan
energi listrik arus bolak-balik
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi
dan seisinya
|
· Deskripsi benda
optik cermin dan lensa
· Sinar-sinar
istimewa pada pemantulan
· Sinar-sinar
istimewa pada pembiasan
·
Pembentukan bayangan pada cermin
·
Pembetukan bayangan pada lensa
·
Perbesaran bayangan
·
Mengenal prisma
·
Tumbukan elastik
·
Pemantulan dan pembiasan pada
gelembung sabun, lapisan minyak di atas air, titik-titik hujan (pelangi)
·
Peralatan optik menggunakan lensa dan
cermin
·
Serat optik
|
Mengamati
· Mengamati jalannya
sinar-sinar istimewa pada pemantulan dan pembiasan dan menuliskan ke dalam
tabel pengamatan, pembentukan dan perbesaran bayangan pada pemantulan dan
pembiasan.
· Mengamati
pemanfaatan lensa dan cermin dalam teknologi dan rekayasa
· Menyimak
informasi mengenai cermin dan lensa
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan untuk tentang karakteristik cermin dan lensa
·
Mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tentang pemanfaatan cermin dan lensa dalam teknologi rekayasa seperti serat
optik.
Mengeksplorasi
· Melakukan
eksperimen untuk
membuktikan hukum pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa (hukum
Snellius)
Mengasosiasi
· Menganalisis
perbedaan cermin dan lensa
· Menganalisis
hubungan pembiasan dan pemantulan
· Menganalisis
jalannya sinar-sinar istimewa pada cermin dan lensa
· Menyimpulkan
hasil analisis data pengamatan dan data percobaan.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil pengamatan mengenai pembiasan dan pemantulan pada cermin dan lensa
· Menyajikan
kesimpulan yang berupa konsep, dari hasil pengamatan dan percobaan
|
Tugas
· Melakukan pengukuran, menuliskan hasil
pengukuran
· Membuat laporan
hasil percobaan optik.
· Memecahkan
masalah aplikasi konsep optik pada teknologi rekayasa
· Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai optik
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
·
Tes tertulis berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda mengenai optik.
·
Tes kinerja (performance
test)
|
6 x 2 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas XI
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.13
Memahami ciri-ciri cermin dan lensa
3.14
Menerapkan konsep alat–alat optik dalam teknologi dan
rekayasa
|
|||||
4.6
Mengolah informasi yang berkaitan dengan hukum pemantulan
dan pembiasan cahaya
4.7
Merencanakan pembuatan alat-alat
optik sederhana dengan menerapkan
prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa
|
|||||
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang
menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi
dan seisinya
|
· Radiasi benda
hitam
· Kecepatan cahaya
· Penjumlahan
kecepatan menurut relativitas khusus
· Pemuluran waktu
dan kontraksi panjang
· Kesetaraan massa
dan energi
· Dualisme sifat
partikel dan gelombang
· Model atom
Thompson dan Rutherford
· Teori atom Bohr
· Radioisotop
· Penggunaan
radioaktivitas dalam bidang teknologi dan rekayasa
|
Mengamati
· Menyimak
informasi terkait pengertian benda hitam,
relativitas khusus, dan teori kuantum.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan mengenai konsep benda hitam dan
relativitas khusus Einstein
·
Mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tentang penggunaan radioaktivitas dalam bidang teknologi,
kesehatan dan pertanian
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan
data perhitungan penjumlahan kecepatan, pemuluran waktu, dan kontraksi
panjang menurut relativitas khusus
· Melakukan
pengumpulan data kualitatif mengenai benda hitam, pemuluran waktu, kontraksi
panjang, dan kontraksi massa.
Mengasosiasi
· Menganalisis
hubungan penjumlahan kecepatan, pemuluran waktu, dan kontraksi panjang, dari
data perhitungan dalam relativitas khusus
· Menganalisis
data kualitatif benda hitam
· Menganalisis penggunaan
konsep fisika modern dan radioaktivitas
dalam teknologi dan rekayasa
· Menyimpulkan
hasil analisis data pengamatan dan data percobaan.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil pengamatan mengenai benda hitam, penjumlahan kecepatan secara
relativistik, pemuluran waktu, dan kontraksi panjang.
· Menyajikan
kesimpulan yang berupa konsep, dari hasil pengamatan dan percobaan
|
Tugas
· Mengkaji informasi melalui buku
rujukan dan sumber bacaan lain
·
Membuat laporan hasil pengamatan konsep benda hitam
dan relativitas khusus.
·
Memecahkan masalah aplikasi konsep radioaktivitas
pada teknologi rekayasa
·
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai konsep benda
hitam dan relativitas khusus
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang
ada
Tes
Tes
berbentuk uraian dan/atau pilihan ganda pada topik fisika modern
|
3 x 2 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks Fisika kelas XI
·
Buku teks yang lain
·
Sumber atau referensi lain (internet jika ada)
|
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.15.
Memahami konsep radiasi benda hitam
3.16.
Memahami teori relativitas khusus Einstein dan
penerapannya secara kualitatif
3.17.
Memahami gejala-gejala fisis yang mendorong timbulnya
konsep-konsep kuantum secara kualitatif
|
|||||
4.8
Menyajikan gagasan mengenai konsep fisika modern dan
radioaktivitas dalam teknologi dan rekayasa
|
Catatan:
1.
Lingkup
materi mata pelajaran Fisika dibatasi konsep-konsep dasar.
2.
Perlu
dilakukan pengembangan dan pendalaman materi tertentu yang dibutuhkan di
lingkup program studi keahlian. Untuk itu perlu dialokasikan porsi topik/materi
fisika dalam mata pelajaran dasar kejuruan di tiap program studi keahlian
Contoh:
a.
Di
program studi Teknik Bangunan, mekanika, salah satu topik/materi fisika
dibutuhkan secara lebih dalam oleh program studi teknik bangunan, dialokasikan
dalam mata pelajaran mekanika teknik.
b.
Termodinamika
merupakan topik/materi fisika yang penting untuk lebih didalami di kelompok
program studi keahlian teknik otomotif. Oleh karena itu disarankan ada alokasi
pembelajaran topik/materi termodinamika secara lebih mendalam dalam mata
pelajaran kelompok dasar kejuruan.
SUMBER:
https://japemaste.blogspot.co.id/2015/05/silabus-prota-dan-promes-fisika-smk.html
Jika dirasa masih kurang atau ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan di kolom komenter.
Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar