Rabu, 07 Juni 2017

RPP bahasa inggris SMP K 13 semester 2 (Ana Susana)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : SMP/MTs
Kelas/Semester          : VII/2
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Topik                         : It’s a beautiful day
Alokasi Waktu           :  5 JP

A.  Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3:  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4:  Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

B. Kompetensi Dasar
3.5. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan be, adjective).
4.5. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Mengamati sebuah gambar di tanam yang banyak hewan dan tumbuhan.
2.      Menyebutkan sifat-sifat binatang berdasarkan gambar secara lisan.
3.      Menuliskan kembali sifat-sifat binatang yang ada di lingkungan sekitar.
4.      Menyusun sendiri teks pendek dan sederhana yang berkaitan dengan sifat binatang.

D. Materi Pembelajaran
1)      Fungsi social   : Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi, memberikan penilaian tentang orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya.
2)      Struktur teks   : Simple present tense
3)      Unsur kebahasaan :
·         Pernyataan dan pertanyaan terkait sifat orang, benda, binatang.
·         Kosakata, terkait dengan ciri fisik (antara lain. red, big, dark, loud), selera (antara lain. nice, beautiful, cute), mental (antara lain. clever, smart), psikologis (antara lain. happy, sad, disappointed, angry, wild), budi (antara lain. kind, good, polite).
·         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
4)      Topik :  Sifat dan keadaan orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.

E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (3 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
·         Salam dan tegur sapa
·          Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaranBertanya dan menjawab tentang nama-nama benda yang ada disekitar
·         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan cara bertanya kepada beberapa siswa.
·         Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari hari.
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
·          Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
15’
Kegiatan Inti
  • Penentuan proyek: Guru bersama peserta didik menentukan tema/topik proyek (Tema: Nama Hewan dan Sifatnya)
  • Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek:
ü  Guru mengenalkan contoh dalam pembuatan table hewan dan sifatnya
ü  Guru memfasilitasi peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian table benda dan jumlah benda yang dimiliki
  • Penyusunan jadwal pelaksanaan proyek:
ü  Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan pembuatan tabel nama hewan beserta karakter sifat yang dimiliki.
  • Penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru:
ü  Guru memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam pelaksanaan rancangan proyek yang telah dibuat.
ü  Guru menyampaikan hasil monitoring dan memberi motivasi kepada peserta didik untuk menyelesaikan tugasnya dirumah.
90’
Kegiatan Penutup
·         Menanyakan manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
·         Menanyakan kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
·         Menyimpulkan hasil pembelajaran
·         Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
15’
2. Pertemuan kedua: (2 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
·         Salam dan tegur sapa
·          Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
·         Bertanya dan menjawab tentang nama-nama hewan yang ada disekitar
·          Mereview pembahasan pada kegiatan sebelumnya
·         menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·         Guru memfasilitasi dan memonitoring peserta didik mengidentifikasi kata yang berhubungan dengan sifat sifat dan ciri-ciri binatang.
·          Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
10’
Kegiatan Inti
·         Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek: Guru menanyakan hasil tugas yang dikerjakan peserta didik pada pertemuan sebelumnya.
·         Penyusunan laporan dan presentasi/pubikasi hasil proyek : Guru memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan karya
·         Evaluasi proses dan hasil proyek: Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktifitas dan hasil tugas proyek.
60’
Kegiatan Penutup
·         Refleksi tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
·          Membuat kesimpulan terkait apa yang telah dipelajari
·         Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
10’

F. Penilaian Pembelajaran
1. Teknik penilaian
  • Sikap : Observasi
  • Pengetahuan : Penugasan
  • Keterampilan : Praktik dan Project


PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
NO
INDIKATOR
SOAL
TEKNIK BENTUK PENILAIAN
1
Mengamati gambar binatang
1. Observe the following picture

2
Menyebutkan binatang yang ada di gambar
2. Mention the animals based on the picture
Lisan dan tertulis
3
Menuliskan ciri dan sifat-sifat binatang berdasarkan gambar
3. Write down the characteristics and qualities of the animals.
Tertulis
PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
NO
INDIKATOR
SOAL
TEKNIK BENTUK PENILAIAN
1
Menyusun sendiri teks pendek dan sederhana yang berkaitan dengan sifat binatang
Write the short and simple sentences about the characteristics and qualities of animals with your own words
Proyek

2. Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
.       .a. Rubrik Penilaian Sikap:
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Sungguh-sungguh
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh

2.
Sopan
5: selalu sopan
4: sering sopan
3: kadang-kadang sopan
2: jarang sopan
1: tidak pernah sopan

3.
Jujur
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur

4.
Disiplin
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin

5.
Percaya diri
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1: tidak pernah percaya diri

6.
Bertanggung
jawab
5: selalu bertanggung jawab
4: sering bertanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung
jawab
2: jarang bertanggung jawab
1: tidak pernah bertanggung jawab


b.  Rubrik Penilaian Pengetahuan:
ASPEK
KRITERIA
SKOR
Jumlah Soal
Skor Perolehan
Isi
Sangat sesuai
3
...


Sesuai
2



Kurang sesuai
1


Struktur teks
Benar dan Tepat
3
...


Benar tapi kurang tepat
2



Kurang tepat
1


Unsur kebahasaan
Sangat tepat
3
...


Tepat
2



Kurang tepat
1


Total skor




Keterangan: Nilai Akhir = Nilai Perolehan : Total skor x 100

c. Rubrik Penilaian Keterampilan (Kinerja)
KRITERIA
Deskripsi
Rentang Skor
Skor Perolehan
Mendeskripsikan secara lisan
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
(89 – 100)
...
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
(76-88)
...
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
(61-75)
...
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
(0-60)
...
JUMLAH
...
Menulis Teks
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
(89 – 100)
...
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
(76-88)
...
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat
(61-75)
...
Fungsi sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
(0-60)
...
JUMLAH
...

G. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  • Pembelajaran remedial
Siswa yang belum mencapai KKM diberi kegiatan remedial dengan mendengarkan dan menirukanteks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda fungsi sosial, struktur, unsur kebahasaan.
  • Pembelajaran pengayaan
Siswa yang memperoleh nilai diatas KKM diberi pengayaan dengan mencari gambar dan mendeskripsikannya untuk mempromosikan, mengenalkan atau mengkritisi

H. Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber: Kementrian pendidikan dan kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings The Bell, SMP/Mts kelas vii.
2.      Media: Audio/video, White board, board marker

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…….............


( ............................................. )
NIP/NIK : …………………

.........., ……………....20...
Guru Mapel Bahasa Inggris


( ........................................)
NIP/NIK : ……………….




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : SMP/MTs
Kelas/Semester          : VII/2
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Topik                         : We love what we do
Alokasi Waktu           :  5 JP

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3:  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4:  Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

B. Kompetensi Dasar
3.6 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense).
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari percakapan tentang habit/ kebiasaan.
2.      Menyajikan informasi terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari percakapan tentang habit/ kebiasaan.

D. Materi Pembelajaran
Teks interaksi transaksional tentang tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda.
·         Fungsi sosial :
Conversation tentang habit / kebiasaan antara siswa di sekolah, di kelas dan di rumah.
·         Struktur teks : Identitas ekspression tentang habit/kebiasaan antara siswa di sekolah, di kelas dan di rumah.
·         Unsur kebahasaan :
-       Pernyataan dan pertanyaan terkait tentang habit / kebiasaan antara siswa di sekolah, di kelas dan di rumah
-       Kalimat deklaratif (positif dan negatif) dalam simple present tense
-       Kalimat interogative: Yes/No question; Wh-question
-       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·         Topik :
Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (3 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
·         Salam dan tegur sapa.
·         Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaranBertanya dan menjawab tentang habit / kebiasaan
·         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan cara bertanya kepada beberapa siswa.
·          Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari hari.
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
·         Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
15’
Kegiatan Inti
·         Penentuan proyek: Guru bersama peserta didik menentukan tema/topik “Habit”
·         Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek:  Guru memfasilitasi peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan pencatatan kebiasaan yang dilakukan, seperti kebiasaan siswa pada jam-jam tertentu.
·         Penyusunan jadwal pelaksanaan proyek: Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan pembuatan daftar habit/kebiasaan.
·         Penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru: Guru memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam pelaksanaan rancangan proyek yang telah dibuat.

Guru menyampaikan hasil monitoring dan memberi motivasi kepada peserta didik untuk menyelesaikan tugasnya dirumah.
90’
Kegiatan Penutup
·         Menanyakan manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
·         Menanyakan kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
·         Menyimpulkan hasil pembelajaran
·         Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
15’

2. Pertemuan kedua: (2 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
·         Salam dan tegur sapa
·         Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
·         Bertanya dan menjawab tentang habit/kebiasaan
·         Mereview pembahasan pada kegiatan sebelumnya
·         menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·         Guru memfasilitasi dan memonitoring peserta didik mengidentifikasi kata yang berhubungan dengan habit/kebiasaan.
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
10’
Kegiatan Inti
·         Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek:  Guru menanyakan hasil tugas yang dikerjakan peserta didik pada pertemuan sebelumnya.

·         Penyusunan laporan dan presentasi/pubikasi hasil proyek : Guru memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan karya

·         Evaluasi proses dan hasil proyek: Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktifitas dan hasil tugas proyek.
60’
Kegiatan Penutup
·         Refleksi tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
·         Membuat kesimpulan terkait apa yang telah dipelajari
·         Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
10’

F. Penilaian Pembelajaran
1. Teknik penilaian
  • Sikap : Observasi
  • Pengetahuan : Penugasan
  • Keterampilan : Kinerja
PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

Indikator
Soal
Teknik/ BentukPenilaian
1.      Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari percakapan tentang habit/ kebiasaan.
2.      Menyajikan informasi terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari percakapan tentang habit/ kebiasaan.
Read the text below and find some expression about habit !

Make sentences about your habit in the table below !
Testulis

Portofolio

2. Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
.       .a. Rubrik Penilaian Sikap:
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Sungguh-sungguh
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh

2.
Sopan
5: selalu sopan
4: sering sopan
3: kadang-kadang sopan
2: jarang sopan
1: tidak pernah sopan

3.
Jujur
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur

4.
Disiplin
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin

5.
Percaya diri
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1: tidak pernah percaya diri

6.
Bertanggung
jawab
5: selalu bertanggung jawab
4: sering bertanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung
jawab
2: jarang bertanggung jawab
1: tidak pernah bertanggung jawab

 b.  Rubrik Penilaian Pengetahuan:
ASPEK
KRITERIA
SKOR
Jumlah Soal
Skor Perolehan
Isi
Sangat sesuai
3
...


Sesuai
2



Kurang sesuai
1


Struktur teks
Benar dan Tepat
3
...


Benar tapi kurang tepat
2



Kurang tepat
1


Unsur kebahasaan
Sangat tepat
3
...


Tepat
2



Kurang tepat
1


Total skor




Keterangan: Nilai Akhir = Nilai Perolehan : Total skor x 100

c. Rubrik Penilaian Keterampilan (Kinerja)
KRITERIA
Deskripsi
Rentang Skor
Skor Perolehan
Mendeskripsikan secara lisan
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
(89 – 100)
...
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
(76-88)
...
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
(61-75)
...
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
(0-60)
...
JUMLAH
...
Menulis Teks
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
(89 – 100)
...
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
(76-88)
...
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat
(61-75)
...
Fungsi sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
(0-60)
...
JUMLAH
...

G. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  • Pembelajaran remedial
Siswa yang belum mencapai KKM diberi kegiatan remedial dengan mendengarkan dan menirukanteks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda fungsi sosial, struktur, unsur kebahasaan.
  • Pembelajaran pengayaan
Siswa yang memperoleh nilai diatas KKM diberi pengayaan dengan mencari gambar dan mendeskripsikannya untuk mempromosikan, mengenalkan atau mengkritisi

H. Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber: Kementrian pendidikan dan kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings the Bell, SMP/Mts kelas vii.
2.      Media: Audio/video, White board, board marker




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…….............


( ............................................. )
NIP/NIK : …………………

.........., ……………....20...
Guru Mapel Bahasa Inggris


( ........................................)
NIP/NIK : ……………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : SMP/MTs
Kelas/Semester          : VII/2
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Topik                         : I’m Proud of Indonesia
Alokasi Waktu           :  5 JP

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3:  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4:  Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

B. Kompetensi Dasar
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.7 Teks Deskriptif.
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda.
4.7.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Peserta didik mampu mendeskripsikan tentang benda yang ada di sekitarnya (tempat: rumah, sekolah, dan tempat wisata)
2.      Peserta didik mampu membuat tabel tentang hal-hal yang disukai dan tidak disukai berdasarkan objek yang telah ditentukan
3.      Paserta didik mampu menemukan unsur kebahasaan pada teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang benda, orang, binatang dan tempat yang ada di sekitarnya.
4.      Peserta didik mampu menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang benda, orang, binatang dan tempat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan secara benar.

D. Materi Pembelajaran
Teks interaksi transaksional tentang tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda
  • Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik
  • Struktur teks
Dapat mencakup:
ü  identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)
ü  sifat yang menjadi pencirinya
ü  fungsi, perilaku, manfaat, tindakan, kebiasaan yang menjadi penciri kata benda / tempat.
  • Unsur kebahasaan
ü Kalimat deklaratif (positif dan negatif), dan interogatif (Yes/No question; Wh-question), dalam simple present tense
ü Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
ü Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·         Topik
Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.

E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (3 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
  • Salam dan tegur sapa
  • Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
  • Bertanya dan menjawab tentang kata benda / nama-nama tempat yang pernah dikunjungi
  • Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
15’
Kegiatan Inti
·         Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya tentang apa yang sudah diamati
·         Guru memberikan penjelasan terkait materi apa yang akan disampaikan (things that likes and dislikes related to descriptive text)
·         Peserta didik menentukan objek yang akan dideskripsikan berdasarkan teks yang sudah tersedia. Dan mencari informasi tentang hal-hal yang disukai dan tidak disukai berdasarkan teks tersebut
·         Peserta didik membuat table tentang hal-hal yang disukai dan tidak disukai yang berkaitan dengan objek tersebut
·         Peserta didik menyelesaikan pekerjaan tabelnya selama pembelajaran berlangsung
·         Peserta didik mempersiapkan diri untuk mempresentasikan hasil pekerjaanya
·         Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaannya
·         Peserta didik berdikusi dan mengkomunikasikan hasil pekerjaan temannya
90’
Kegiatan Penutup
·         Refleksi tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
·         Membuat kesimpulan terkait apa yang telah dipelajari
·          Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
15’

2. Pertemuan kedua: (2 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
·         Salam dan tegur sapa
·         Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
·          Bertanya dan menjawab tentang habit/kebiasaan
·         Mereview pembahasan pada kegiatan sebelumnya
·         menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
10’
Kegiatan Inti
·         Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek: Guru menanyakan hasil tugas yang dikerjakan peserta didik pada pertemuan sebelumnya.
·         Penyusunan laporan dan presentasi/pubikasi hasil proyek : Guru memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan karya
·         Evaluasi proses dan hasil proyek: Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktifitas dan hasil tugas proyek.
60’
Kegiatan Penutup
·         Refleksi tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
·         Membuat kesimpulan terkait apa yang telah dipelajari
·         Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
10’

F. Penilaian Pembelajaran
1. Teknik penilaian
  • Sikap : Observasi
  • Pengetahuan : Penugasan
  • Keterampilan : Kinerja
2. Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
.       .a. Rubrik Penilaian Sikap:
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Sungguh-sungguh
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh

2.
Sopan
5: selalu sopan
4: sering sopan
3: kadang-kadang sopan
2: jarang sopan
1: tidak pernah sopan

3.
Jujur
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur

4.
Disiplin
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin

5.
Percaya diri
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1: tidak pernah percaya diri

6.
Bertanggung
jawab
5: selalu bertanggung jawab
4: sering bertanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung
jawab
2: jarang bertanggung jawab
1: tidak pernah bertanggung jawab


b.  Rubrik Penilaian Pengetahuan:
ASPEK
KRITERIA
SKOR
Jumlah Soal
Skor Perolehan
Isi
Sangat sesuai
3
...


Sesuai
2



Kurang sesuai
1


Struktur teks
Benar dan Tepat
3
...


Benar tapi kurang tepat
2



Kurang tepat
1


Unsur kebahasaan
Sangat tepat
3
...


Tepat
2



Kurang tepat
1


Total skor




Keterangan: Nilai Akhir = Nilai Perolehan : Total skor x 100
c. Rubrik Penilaian Keterampilan (Kinerja)
KRITERIA
Deskripsi
Rentang Skor
Skor Perolehan
Mendeskripsikan secara lisan
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
(89 – 100)
...
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
(76-88)
...
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
(61-75)
...
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
(0-60)
...
JUMLAH
...
Menulis Teks
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
(89 – 100)
...
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
(76-88)
...
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat
(61-75)
...
Fungsi sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
(0-60)
...
JUMLAH
...

G. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  • Pembelajaran remedial
Siswa yang belum mencapai KKM diberi kegiatan remedial dengan mendengarkan dan menirukanteks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda fungsi sosial, struktur, unsur kebahasaan.
  • Pembelajaran pengayaan
Siswa yang memperoleh nilai diatas KKM diberi pengayaan dengan mencari gambar dan mendeskripsikannya untuk mempromosikan, mengenalkan atau mengkritisi

H. Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber: Kementrian pendidikan dan kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings the Bell, SMP/Mts kelas vii.
2.      Media: Audio/video, White board, board marker



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…….............



( ............................................. )
NIP/NIK : …………………

.........., ……………....20...
Guru Mapel Bahasa Inggris



( ........................................)
NIP/NIK : ……………….




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP/MTs
Kelas/Semester            : VII/2
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Topik                           : That’s what friends are supposed to do
Alokasi Waktu            :  2 JP

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3:  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4:  Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

B. Kompetensi Dasar
3.8 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs.
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Peserta didik mampu mengidentifikasi lagu.
2.      Peserta didik mampu menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam lagu.
3.      Peserta didik mampu menangkap makna isi lagu
4.      Peserta didik mampu mengapresiasi dan mengekspresikan lagu.

 D. Materi Pembelajaran
Lirik lagu terkait dengan kehidupan remaja SMP/MTs.
·         Fungsi sosial
Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif
·         Unsur kebahasaan
-   Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·         Topik
Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (3 JP)
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
·         Salam dan tegur sapa
·         Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
·         Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran teks lagu pendek dan sederhana .
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan silabus.
10’
Kegiatan Inti
  • Observasing:
ü Mengamati sebuah bait lagu
ü Peserta didik mendengarkan guru membaca bait lagu sederhana, dan menirukan lirik lagu dengan pengucapan dan tekanan kata tepat.
  • Questioning:
ü Peserta didik mempertanyakan dan menemukan informasi rinci dalam lirik.
ü Peserta didik mencari kosa kata dalam lagu dan mencoba mencari arti dari kosa kata baru yang ditemukan.
  • Exploring/Experimenting:
ü  Peserta didik mengidentifikasi makna lagu yang sedang dipelajari dengan menjawab pertanyaan.
  •  Associating:
ü  Peserta didik mengambil pesan dari isi lagu tersebut.
·         Communicating/Networking:
ü  Peserta didik menyanyikan lagu yang diajarkan.
60’
Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan refleksi kepada peserta didik tentang proses dan hasil belajarnya mengenai lagu tersebut.
·         Memberikan pertanyaan tentang topik yang diajarkan
·         Meminta peserta didik untuk memberikan kesimpulan pembelajaran
10’
F. Penilaian Pembelajaran
1. Teknik penilaian
  • Sikap : Observasi
  • Pengetahuan : Penugasan
  • Keterampilan : Kinerja
2. Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
.       .a. Rubrik Penilaian Sikap:
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Sungguh-sungguh
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh

2.
Sopan
5: selalu sopan
4: sering sopan
3: kadang-kadang sopan
2: jarang sopan
1: tidak pernah sopan

3.
Jujur
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur

4.
Disiplin
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin

5.
Percaya diri
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1: tidak pernah percaya diri

6.
Bertanggung
jawab
5: selalu bertanggung jawab
4: sering bertanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung
jawab
2: jarang bertanggung jawab
1: tidak pernah bertanggung jawab



b.  Rubrik Penilaian Pengetahuan:
ASPEK
KRITERIA
SKOR
Jumlah Soal
Skor Perolehan
Isi
Sangat sesuai
3
...


Sesuai
2



Kurang sesuai
1


Struktur teks
Benar dan Tepat
3
...


Benar tapi kurang tepat
2



Kurang tepat
1


Unsur kebahasaan
Sangat tepat
3
...


Tepat
2



Kurang tepat
1


Total skor




Keterangan: Nilai Akhir = Nilai Perolehan : Total skor x 100

c. Rubrik Penilaian Keterampilan (Kinerja)
KRITERIA
Deskripsi
Rentang Skor
Skor Perolehan
Mendeskripsikan secara lisan
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
(89 – 100)
...
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
(76-88)
...
Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
(61-75)
...
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
(0-60)
...
JUMLAH
...
Menulis Teks
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
(89 – 100)
...
Fungsi sosial tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
(76-88)
...
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat
(61-75)
...
Fungsi sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
(0-60)
...
JUMLAH
...

G. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  • Pembelajaran remedial
Siswa yang belum mencapai KKM diberi kegiatan remedial dengan mendengarkan dan menirukanteks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda fungsi sosial, struktur, unsur kebahasaan.
  • Pembelajaran pengayaan
Siswa yang memperoleh nilai diatas KKM diberi pengayaan dengan mencari gambar dan mendeskripsikannya untuk mempromosikan, mengenalkan atau mengkritisi

H. Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber: Kementrian pendidikan dan kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings the Bell, SMP/Mts kelas vii.
2.      Media: Audio/video, White board, board marker

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…….............



( ............................................. )
NIP/NIK : …………………

.........., ……………....20...
Guru Mapel Bahasa Inggris



( ........................................)
NIP/NIK : ……………….

16 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih Abi Farouq,,,
      Jika ada yang perlu direvisi mohon sarannya, biar bisa bermanfaat kedepannya.
      Kalau ada yng membutuhkan perangkat lain silahkan req, kalo ada bisa saya publkasikan.

      Hapus
  2. Assalamualaikum. Mba Ana, salam kenal. Btw, bisa minta file wordnya mba? Atau klo ada full RPPnya. Makasih...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. YA BOLEH,, q kirim tlng diedit sendiri ya :D
      SMoga bermanfaat

      Hapus
  3. Assalamualaikum mba Ana.. maaf sebelumhya boleh kirim file wordnya ga mba untuk full rpp nya? kalau boleh bisa langsung kirim ke email saya Diyahrdf@gmail.com
    terimakasih mba sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kak,, q baru buka blog... boleh sekali jika itu bsa membantu..
      Bisa hub i saya lgi.

      Hapus
  4. Assalammualaikum mba ana. Boleh saya minta file word nya mba? bisa minta tolong kirim ke email saya mba? elviyenni7@gmail.com
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih y mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Boleh mbk..
      Maaf baru buka blog..

      Hapus
  5. assalamualaikum,, mba. terima kasih rppnya. saya boleh minta file wordnya ga mba? ini email saya mohammadherususanto86@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Maaf ya kak pesannya bru bisa q baca,, sudah lma sekali bru bsa buka blog

      Hapus
  6. assalamu'alaikum, mbak boleh minta data wordnya? email di vzaainubi@gmail.com , terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Maaf ya kak q bru bsa bca pesannya,, dah lma g buka blog

      Hapus
  7. Assalamualaikum .mbak boleh mnt file nya kah ? Ini email sya wahyusekarsary2293@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Maaf ya kak, pesannya bru kebaca,,

      Hapus