RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas/Semester
: VII/2
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Topik :
It’s a beautiful day
Alokasi Waktu
: 5 JP
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI-1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
B. Kompetensi Dasar
3.5. Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan
sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan
unsur kebahasaan be, adjective).
4.5. Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan
benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mengamati
sebuah gambar di tanam yang banyak hewan dan tumbuhan.
2.
Menyebutkan
sifat-sifat binatang berdasarkan gambar secara lisan.
3.
Menuliskan
kembali sifat-sifat binatang yang ada di lingkungan sekitar.
4.
Menyusun
sendiri teks pendek dan sederhana yang berkaitan dengan sifat binatang.
D. Materi
Pembelajaran
1)
Fungsi social : Mendeskripsikan, mengidentifikasi,
mengkritisi, memberikan penilaian tentang orang, binatang, dan benda dari segi
sifatnya.
2)
Struktur teks : Simple present tense
3)
Unsur
kebahasaan :
·
Pernyataan dan
pertanyaan terkait sifat orang, benda, binatang.
·
Kosakata,
terkait dengan ciri fisik (antara lain. red, big, dark, loud), selera
(antara lain. nice, beautiful, cute), mental (antara lain. clever,
smart), psikologis (antara lain. happy, sad, disappointed, angry, wild),
budi (antara lain. kind, good, polite).
·
Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
4)
Topik : Sifat dan keadaan orang, binatang,
benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar
peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (3 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Salam dan tegur sapa
·
Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku
pelajaranBertanya dan menjawab tentang nama-nama benda yang ada disekitar
·
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan cara bertanya kepada
beberapa siswa.
·
Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari hari.
·
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
·
Guru menyampaikan lingkup penilaian dan
teknik penilaian yang akan digunakan.
|
15’
|
Kegiatan
Inti
|
ü Guru
mengenalkan contoh dalam pembuatan table hewan dan sifatnya
ü Guru
memfasilitasi peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan
penyelesaian table benda dan jumlah benda yang dimiliki
ü Guru
memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan pembuatan tabel nama
hewan beserta karakter sifat yang dimiliki.
ü Guru
memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam pelaksanaan rancangan proyek
yang telah dibuat.
ü Guru
menyampaikan hasil monitoring dan memberi motivasi kepada peserta didik untuk
menyelesaikan tugasnya dirumah.
|
90’
|
Kegiatan
Penutup
|
·
Menanyakan manfaat pembelajaran
yang baru diselesaikan
·
Menanyakan kesulitan dalam melakukan
aktivitas pembelajaran
·
Menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Menyampaikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
15’
|
2. Pertemuan kedua: (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Salam dan tegur sapa
·
Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan buku
pelajaran
·
Bertanya dan menjawab tentang nama-nama
hewan yang ada disekitar
·
Mereview pembahasan pada kegiatan sebelumnya
·
menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·
Guru memfasilitasi dan
memonitoring peserta didik mengidentifikasi kata yang berhubungan dengan sifat
sifat dan ciri-ciri binatang.
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
|
10’
|
Kegiatan
Inti
|
·
Penyusunan laporan dan
presentasi/publikasi hasil proyek: Guru menanyakan hasil tugas yang dikerjakan peserta didik
pada pertemuan sebelumnya.
·
Penyusunan laporan dan presentasi/pubikasi hasil
proyek : Guru memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan dan
mempublikasikan karya
·
Evaluasi proses dan hasil proyek: Guru dan peserta didik pada akhir
proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktifitas dan hasil tugas
proyek.
|
60’
|
Kegiatan
Penutup
|
·
Refleksi tentang apa yang sudah
dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
·
Membuat kesimpulan terkait apa yang telah
dipelajari
·
Menyampaikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10’
|
F. Penilaian
Pembelajaran
1. Teknik
penilaian
- Sikap : Observasi
- Pengetahuan : Penugasan
- Keterampilan : Praktik dan Project
PENYUSUNAN
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
NO
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
TEKNIK
BENTUK PENILAIAN
|
1
|
Mengamati gambar binatang
|
1. Observe the following picture
|
|
2
|
Menyebutkan binatang yang ada di
gambar
|
2. Mention the animals based on
the picture
|
Lisan dan tertulis
|
3
|
Menuliskan ciri dan sifat-sifat
binatang berdasarkan gambar
|
3. Write down the characteristics
and qualities of the animals.
|
Tertulis
|
PENYUSUNAN
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
NO
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
TEKNIK
BENTUK PENILAIAN
|
1
|
Menyusun sendiri teks pendek dan
sederhana yang berkaitan dengan sifat binatang
|
Write the short and simple
sentences about the characteristics and qualities of animals with your own
words
|
Proyek
|
2. Rubrik
Penilaian dan Pedoman Penskoran
.
.a. Rubrik
Penilaian Sikap:
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Sungguh-sungguh
|
5: selalu
sungguh-sungguh
4: sering
sungguh-sungguh
3:
kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang
sungguh-sungguh
1: tidak
pernah sungguh-sungguh
|
|
2.
|
Sopan
|
5: selalu sopan
4: sering sopan
3: kadang-kadang sopan
2: jarang sopan
1: tidak pernah sopan
|
|
3.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
4.
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5.
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1: tidak pernah percaya diri
|
|
6.
|
Bertanggung
jawab
|
5: selalu bertanggung jawab
4: sering bertanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung
jawab
2: jarang bertanggung jawab
1: tidak pernah bertanggung jawab
|
b. Rubrik Penilaian Pengetahuan:
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
Jumlah Soal
|
Skor Perolehan
|
Isi
|
Sangat sesuai
|
3
|
...
|
|
Sesuai
|
2
|
|||
Kurang sesuai
|
1
|
|||
Struktur teks
|
Benar dan
Tepat
|
3
|
...
|
|
Benar tapi
kurang tepat
|
2
|
|||
Kurang tepat
|
1
|
|||
Unsur
kebahasaan
|
Sangat tepat
|
3
|
...
|
|
Tepat
|
2
|
|||
Kurang tepat
|
1
|
|||
Total skor
|
Keterangan:
Nilai Akhir = Nilai Perolehan : Total skor x 100
c. Rubrik
Penilaian Keterampilan (Kinerja)
KRITERIA
|
Deskripsi
|
Rentang Skor
|
Skor Perolehan
|
Mendeskripsikan
secara lisan
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
(89 – 100)
|
...
|
Lancar dan
kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
(76-88)
|
...
|
|
Sesekali
melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
|
(61-75)
|
...
|
|
Membaca
script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
(0-60)
|
...
|
|
JUMLAH
|
...
|
||
Menulis Teks
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
|
(89 – 100)
|
...
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
(76-88)
|
...
|
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
(61-75)
|
...
|
|
Fungsi
sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
(0-60)
|
...
|
|
JUMLAH
|
...
|
G.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Pembelajaran remedial
Siswa yang belum mencapai KKM diberi
kegiatan remedial dengan mendengarkan dan menirukanteks deskriptif lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang,
binatang, dan benda fungsi sosial, struktur, unsur kebahasaan.
- Pembelajaran pengayaan
Siswa yang memperoleh nilai diatas
KKM diberi pengayaan dengan mencari gambar dan mendeskripsikannya untuk
mempromosikan, mengenalkan atau mengkritisi
H. Sumber/Media Pembelajaran
1. Sumber: Kementrian pendidikan dan
kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings The Bell, SMP/Mts kelas vii.
2. Media:
Audio/video, White board, board marker
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs…….............
(
............................................. )
NIP/NIK
: …………………
|
..........,
……………....20...
Guru
Mapel Bahasa Inggris
(
........................................)
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas/Semester
: VII/2
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Topik :
We love what we do
Alokasi Waktu
: 5 JP
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
B. Kompetensi Dasar
3.6 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah
laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative,
interrogative, simple present tense).
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan
benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dari percakapan tentang habit/ kebiasaan.
2.
Menyajikan informasi terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari percakapan tentang
habit/ kebiasaan.
D. Materi
Pembelajaran
Teks interaksi transaksional tentang tingkah
laku/tindakan/fungsi orang, binatang,
benda.
·
Fungsi
sosial :
Conversation tentang habit / kebiasaan antara
siswa di sekolah, di kelas dan di rumah.
·
Struktur
teks : Identitas ekspression tentang habit/kebiasaan antara
siswa di sekolah, di kelas dan di rumah.
·
Unsur
kebahasaan :
- Pernyataan dan pertanyaan terkait tentang habit / kebiasaan antara siswa di sekolah,
di kelas dan di rumah
-
Kalimat deklaratif (positif
dan negatif) dalam simple present tense
-
Kalimat interogative: Yes/No question; Wh-question
-
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik :
Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang,
binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang
dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (3 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Salam dan tegur sapa.
·
Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan
buku pelajaranBertanya dan menjawab tentang habit / kebiasaan
·
Guru mengecek penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan cara bertanya kepada
beberapa siswa.
·
Guru menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai, dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari hari.
·
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
·
Guru menyampaikan lingkup
penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
15’
|
Kegiatan
Inti
|
·
Penentuan proyek: Guru bersama peserta didik
menentukan tema/topik “Habit”
·
Perancangan langkah-langkah
penyelesaian proyek: Guru memfasilitasi
peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan pencatatan kebiasaan
yang dilakukan, seperti kebiasaan siswa pada jam-jam tertentu.
·
Penyusunan jadwal pelaksanaan
proyek: Guru
memberikan pendampingan kepada peserta didik melakukan pembuatan daftar
habit/kebiasaan.
·
Penyelesaian proyek dengan
fasilitasi dan monitoring guru: Guru memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam
pelaksanaan rancangan proyek yang telah dibuat.
Guru menyampaikan hasil monitoring
dan memberi motivasi kepada peserta didik untuk menyelesaikan tugasnya
dirumah.
|
90’
|
Kegiatan
Penutup
|
·
Menanyakan manfaat pembelajaran
yang baru diselesaikan
·
Menanyakan kesulitan dalam melakukan
aktivitas pembelajaran
·
Menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Menyampaikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
15’
|
2. Pertemuan kedua: (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Salam dan tegur sapa
·
Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan
buku pelajaran
·
Bertanya dan menjawab tentang
habit/kebiasaan
·
Mereview pembahasan pada kegiatan
sebelumnya
·
menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·
Guru memfasilitasi dan
memonitoring peserta didik mengidentifikasi kata yang berhubungan dengan
habit/kebiasaan.
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
|
10’
|
Kegiatan
Inti
|
·
Penyusunan laporan dan
presentasi/publikasi hasil proyek: Guru menanyakan hasil tugas yang
dikerjakan peserta didik pada pertemuan sebelumnya.
·
Penyusunan laporan dan presentasi/pubikasi hasil
proyek : Guru memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan dan
mempublikasikan karya
·
Evaluasi proses dan hasil proyek: Guru dan peserta didik pada akhir
proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktifitas dan hasil tugas
proyek.
|
60’
|
Kegiatan
Penutup
|
·
Refleksi tentang apa yang sudah
dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
·
Membuat kesimpulan terkait apa
yang telah dipelajari
·
Menyampaikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10’
|
F. Penilaian
Pembelajaran
1. Teknik
penilaian
- Sikap : Observasi
- Pengetahuan : Penugasan
- Keterampilan : Kinerja
PENYUSUNAN
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Indikator
|
Soal
|
Teknik/
BentukPenilaian
|
1.
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dari percakapan tentang habit/ kebiasaan.
2.
Menyajikan informasi terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari percakapan tentang
habit/ kebiasaan.
|
Read the text below and find some
expression about habit !
Make sentences about your habit in
the table below !
|
Testulis
Portofolio
|
2. Rubrik
Penilaian dan Pedoman Penskoran
.
.a. Rubrik
Penilaian Sikap:
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Sungguh-sungguh
|
5: selalu
sungguh-sungguh
4: sering
sungguh-sungguh
3:
kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang
sungguh-sungguh
1: tidak
pernah sungguh-sungguh
|
|
2.
|
Sopan
|
5: selalu sopan
4: sering sopan
3: kadang-kadang sopan
2: jarang sopan
1: tidak pernah sopan
|
|
3.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
4.
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5.
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1: tidak pernah percaya diri
|
|
6.
|
Bertanggung
jawab
|
5: selalu bertanggung jawab
4: sering bertanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung
jawab
2: jarang bertanggung jawab
1: tidak pernah bertanggung jawab
|
b. Rubrik Penilaian Pengetahuan:
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
Jumlah Soal
|
Skor Perolehan
|
Isi
|
Sangat sesuai
|
3
|
...
|
|
Sesuai
|
2
|
|||
Kurang sesuai
|
1
|
|||
Struktur teks
|
Benar dan
Tepat
|
3
|
...
|
|
Benar tapi
kurang tepat
|
2
|
|||
Kurang tepat
|
1
|
|||
Unsur
kebahasaan
|
Sangat tepat
|
3
|
...
|
|
Tepat
|
2
|
|||
Kurang tepat
|
1
|
|||
Total skor
|
Keterangan:
Nilai Akhir = Nilai Perolehan : Total skor x 100
c. Rubrik
Penilaian Keterampilan (Kinerja)
KRITERIA
|
Deskripsi
|
Rentang Skor
|
Skor Perolehan
|
Mendeskripsikan
secara lisan
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
(89 – 100)
|
...
|
Lancar dan
kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
(76-88)
|
...
|
|
Sesekali
melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
|
(61-75)
|
...
|
|
Membaca
script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
(0-60)
|
...
|
|
JUMLAH
|
...
|
||
Menulis Teks
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
|
(89 – 100)
|
...
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
(76-88)
|
...
|
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
(61-75)
|
...
|
|
Fungsi
sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
(0-60)
|
...
|
|
JUMLAH
|
...
|
G.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Pembelajaran remedial
Siswa yang belum mencapai KKM diberi
kegiatan remedial dengan mendengarkan dan menirukanteks deskriptif lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang,
binatang, dan benda fungsi sosial, struktur, unsur kebahasaan.
- Pembelajaran pengayaan
Siswa yang memperoleh nilai diatas
KKM diberi pengayaan dengan mencari gambar dan mendeskripsikannya untuk
mempromosikan, mengenalkan atau mengkritisi
H. Sumber/Media Pembelajaran
1.
Sumber: Kementrian pendidikan dan kebudayaan, Bahasa Inggris, When
English Rings the Bell, SMP/Mts kelas vii.
2.
Media: Audio/video, White
board, board marker
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs…….............
(
............................................. )
NIP/NIK
: …………………
|
..........,
……………....20...
Guru
Mapel Bahasa Inggris
(
........................................)
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas/Semester
: VII/2
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Topik :
I’m Proud of Indonesia
Alokasi Waktu
: 5 JP
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
B. Kompetensi Dasar
3.7
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks
deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan
deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.7 Teks
Deskriptif.
4.7.1
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,
terkait orang, binatang, dan benda.
4.7.2
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait
orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Peserta didik
mampu mendeskripsikan tentang benda yang ada di sekitarnya (tempat: rumah,
sekolah, dan tempat wisata)
2.
Peserta didik
mampu membuat tabel tentang hal-hal yang disukai dan tidak disukai berdasarkan
objek yang telah ditentukan
3.
Paserta didik mampu
menemukan unsur kebahasaan pada teks deskriptif dengan menyatakan dan
menanyakan tentang benda, orang, binatang dan tempat yang ada di sekitarnya.
4.
Peserta didik mampu
menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang benda, orang,
binatang dan tempat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan
unsur kebahasaan secara benar.
D. Materi
Pembelajaran
Teks interaksi transaksional tentang tingkah
laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda
- Fungsi sosial
Mendeskripsikan,
mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik
- Struktur teks
Dapat mencakup:
ü identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)
ü sifat yang menjadi pencirinya
ü fungsi, perilaku, manfaat, tindakan, kebiasaan
yang menjadi penciri kata benda / tempat.
- Unsur kebahasaan
ü Kalimat deklaratif (positif dan negatif), dan
interogatif (Yes/No question; Wh-question), dalam simple
present tense
ü Nomina singular dan plural dengan
atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
ü Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Tingkah
laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan
lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama (3 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15’
|
Kegiatan Inti
|
·
Peserta didik
diberikan kesempatan untuk bertanya tentang apa yang sudah diamati
·
Guru
memberikan penjelasan terkait materi apa yang akan disampaikan (things that
likes and dislikes related to descriptive text)
·
Peserta didik
menentukan objek yang akan dideskripsikan berdasarkan teks yang sudah
tersedia. Dan mencari informasi tentang hal-hal yang disukai dan tidak
disukai berdasarkan teks tersebut
·
Peserta didik
membuat table tentang hal-hal yang disukai dan tidak disukai yang berkaitan
dengan objek tersebut
·
Peserta didik
menyelesaikan pekerjaan tabelnya selama pembelajaran berlangsung
·
Peserta didik
mempersiapkan diri untuk mempresentasikan hasil pekerjaanya
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil pekerjaannya
·
Peserta didik
berdikusi dan mengkomunikasikan hasil pekerjaan temannya
|
90’
|
Kegiatan Penutup
|
·
Refleksi
tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
·
Membuat
kesimpulan terkait apa yang telah dipelajari
·
Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya
|
15’
|
2. Pertemuan
kedua: (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Salam dan
tegur sapa
·
Cek
kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
·
Bertanya dan menjawab tentang
habit/kebiasaan
·
Mereview
pembahasan pada kegiatan sebelumnya
·
menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
·
Penyusunan
laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek: Guru
menanyakan hasil tugas yang dikerjakan peserta didik pada pertemuan
sebelumnya.
·
Penyusunan
laporan dan presentasi/pubikasi hasil proyek :
Guru memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan
karya
·
Evaluasi
proses dan hasil proyek: Guru dan peserta didik pada akhir
proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktifitas dan hasil tugas
proyek.
|
60’
|
Kegiatan Penutup
|
·
Refleksi
tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
·
Membuat
kesimpulan terkait apa yang telah dipelajari
·
Menyampaikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10’
|
F. Penilaian
Pembelajaran
1. Teknik
penilaian
- Sikap : Observasi
- Pengetahuan : Penugasan
- Keterampilan : Kinerja
2. Rubrik
Penilaian dan Pedoman Penskoran
.
.a. Rubrik
Penilaian Sikap:
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Sungguh-sungguh
|
5: selalu
sungguh-sungguh
4: sering
sungguh-sungguh
3:
kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang
sungguh-sungguh
1: tidak
pernah sungguh-sungguh
|
|
2.
|
Sopan
|
5: selalu sopan
4: sering sopan
3: kadang-kadang sopan
2: jarang sopan
1: tidak pernah sopan
|
|
3.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
4.
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5.
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1: tidak pernah percaya diri
|
|
6.
|
Bertanggung
jawab
|
5: selalu bertanggung jawab
4: sering bertanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung
jawab
2: jarang bertanggung jawab
1: tidak pernah bertanggung jawab
|
b. Rubrik Penilaian Pengetahuan:
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
Jumlah Soal
|
Skor Perolehan
|
Isi
|
Sangat sesuai
|
3
|
...
|
|
Sesuai
|
2
|
|||
Kurang sesuai
|
1
|
|||
Struktur teks
|
Benar dan
Tepat
|
3
|
...
|
|
Benar tapi
kurang tepat
|
2
|
|||
Kurang tepat
|
1
|
|||
Unsur
kebahasaan
|
Sangat tepat
|
3
|
...
|
|
Tepat
|
2
|
|||
Kurang tepat
|
1
|
|||
Total skor
|
Keterangan:
Nilai Akhir = Nilai Perolehan : Total skor x 100
c. Rubrik
Penilaian Keterampilan (Kinerja)
KRITERIA
|
Deskripsi
|
Rentang Skor
|
Skor Perolehan
|
Mendeskripsikan
secara lisan
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
(89 – 100)
|
...
|
Lancar dan
kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
(76-88)
|
...
|
|
Sesekali
melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
|
(61-75)
|
...
|
|
Membaca
script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
(0-60)
|
...
|
|
JUMLAH
|
...
|
||
Menulis Teks
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
|
(89 – 100)
|
...
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
(76-88)
|
...
|
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
(61-75)
|
...
|
|
Fungsi
sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
(0-60)
|
...
|
|
JUMLAH
|
...
|
G.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Pembelajaran remedial
Siswa yang belum mencapai KKM diberi
kegiatan remedial dengan mendengarkan dan menirukanteks deskriptif lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang,
binatang, dan benda fungsi sosial, struktur, unsur kebahasaan.
- Pembelajaran pengayaan
Siswa yang memperoleh nilai diatas
KKM diberi pengayaan dengan mencari gambar dan mendeskripsikannya untuk
mempromosikan, mengenalkan atau mengkritisi
H. Sumber/Media Pembelajaran
1. Sumber: Kementrian pendidikan dan
kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings the Bell, SMP/Mts kelas vii.
2. Media:
Audio/video, White board, board marker
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs…….............
(
............................................. )
NIP/NIK
: …………………
|
..........,
……………....20...
Guru
Mapel Bahasa Inggris
(
........................................)
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Kelas/Semester :
VII/2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Topik :
That’s what friends are supposed to do
Alokasi Waktu : 2 JP
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
B. Kompetensi Dasar
3.8 Menafsirkan fungsi sosial
dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs.
4.8 Menangkap makna secara
kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMP/MTs.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Peserta didik
mampu mengidentifikasi lagu.
2.
Peserta didik
mampu menentukan makna kata/frasa/kalimat yang terdapat dalam lagu.
3.
Peserta didik
mampu menangkap makna isi lagu
4.
Peserta didik
mampu mengapresiasi dan mengekspresikan lagu.
D. Materi Pembelajaran
Lirik lagu terkait dengan kehidupan remaja
SMP/MTs.
·
Fungsi
sosial
Mengembangkan nilai-nilai
kehidupan dan karakter yang positif
·
Unsur
kebahasaan
-
Kosa
kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
-
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (3 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Salam dan tegur sapa
·
Cek kehadiran, berdoa, menyiapkan
buku pelajaran
·
Memotivasi peserta didik secara
kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran teks lagu pendek dan sederhana
.
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan silabus.
|
10’
|
Kegiatan
Inti
|
ü Mengamati
sebuah bait lagu
ü Peserta didik
mendengarkan guru membaca bait lagu sederhana, dan menirukan lirik lagu
dengan pengucapan dan tekanan kata tepat.
ü Peserta didik
mempertanyakan dan menemukan informasi
rinci dalam lirik.
ü Peserta didik
mencari kosa kata dalam lagu dan mencoba mencari arti dari kosa kata baru
yang ditemukan.
ü Peserta didik
mengidentifikasi makna lagu yang sedang dipelajari dengan menjawab pertanyaan.
ü Peserta
didik mengambil pesan dari isi lagu tersebut.
·
Communicating/Networking:
ü Peserta
didik menyanyikan lagu yang diajarkan.
|
60’
|
Kegiatan
Penutup
|
·
Guru memberikan refleksi kepada peserta didik tentang proses dan
hasil belajarnya mengenai lagu tersebut.
·
Memberikan pertanyaan tentang
topik yang diajarkan
·
Meminta peserta didik untuk
memberikan kesimpulan pembelajaran
|
10’
|
F. Penilaian
Pembelajaran
1. Teknik
penilaian
- Sikap : Observasi
- Pengetahuan : Penugasan
- Keterampilan : Kinerja
2. Rubrik
Penilaian dan Pedoman Penskoran
.
.a. Rubrik
Penilaian Sikap:
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Sungguh-sungguh
|
5: selalu
sungguh-sungguh
4: sering
sungguh-sungguh
3:
kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang
sungguh-sungguh
1: tidak
pernah sungguh-sungguh
|
|
2.
|
Sopan
|
5: selalu sopan
4: sering sopan
3: kadang-kadang sopan
2: jarang sopan
1: tidak pernah sopan
|
|
3.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
4.
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5.
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang percaya diri
1: tidak pernah percaya diri
|
|
6.
|
Bertanggung
jawab
|
5: selalu bertanggung jawab
4: sering bertanggung jawab
3: kadang-kadang bertanggung
jawab
2: jarang bertanggung jawab
1: tidak pernah bertanggung jawab
|
b. Rubrik Penilaian Pengetahuan:
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
Jumlah Soal
|
Skor Perolehan
|
Isi
|
Sangat sesuai
|
3
|
...
|
|
Sesuai
|
2
|
|||
Kurang sesuai
|
1
|
|||
Struktur teks
|
Benar dan
Tepat
|
3
|
...
|
|
Benar tapi
kurang tepat
|
2
|
|||
Kurang tepat
|
1
|
|||
Unsur
kebahasaan
|
Sangat tepat
|
3
|
...
|
|
Tepat
|
2
|
|||
Kurang tepat
|
1
|
|||
Total skor
|
Keterangan:
Nilai Akhir = Nilai Perolehan : Total skor x 100
c. Rubrik
Penilaian Keterampilan (Kinerja)
KRITERIA
|
Deskripsi
|
Rentang Skor
|
Skor Perolehan
|
Mendeskripsikan
secara lisan
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
(89 – 100)
|
...
|
Lancar dan
kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
(76-88)
|
...
|
|
Sesekali
melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
|
(61-75)
|
...
|
|
Membaca
script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
(0-60)
|
...
|
|
JUMLAH
|
...
|
||
Menulis Teks
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
|
(89 – 100)
|
...
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
(76-88)
|
...
|
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
(61-75)
|
...
|
|
Fungsi
sosial, Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
(0-60)
|
...
|
|
JUMLAH
|
...
|
G.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Pembelajaran remedial
Siswa yang belum mencapai KKM diberi
kegiatan remedial dengan mendengarkan dan menirukanteks deskriptif lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang,
binatang, dan benda fungsi sosial, struktur, unsur kebahasaan.
- Pembelajaran pengayaan
Siswa yang memperoleh nilai diatas
KKM diberi pengayaan dengan mencari gambar dan mendeskripsikannya untuk
mempromosikan, mengenalkan atau mengkritisi
H. Sumber/Media Pembelajaran
1. Sumber: Kementrian pendidikan dan
kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings the Bell, SMP/Mts kelas vii.
2. Media:
Audio/video, White board, board marker
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs…….............
(
............................................. )
NIP/NIK
: …………………
|
..........,
……………....20...
Guru
Mapel Bahasa Inggris
(
........................................)
NIP/NIK : ……………….
|
MANTAB!!!
BalasHapusTerima kasih Abi Farouq,,,
HapusJika ada yang perlu direvisi mohon sarannya, biar bisa bermanfaat kedepannya.
Kalau ada yng membutuhkan perangkat lain silahkan req, kalo ada bisa saya publkasikan.
Assalamualaikum. Mba Ana, salam kenal. Btw, bisa minta file wordnya mba? Atau klo ada full RPPnya. Makasih...^^
BalasHapusYA BOLEH,, q kirim tlng diedit sendiri ya :D
HapusSMoga bermanfaat
Assalamualaikum mba Ana.. maaf sebelumhya boleh kirim file wordnya ga mba untuk full rpp nya? kalau boleh bisa langsung kirim ke email saya Diyahrdf@gmail.com
BalasHapusterimakasih mba sebelumnya :)
Mohon maaf kak,, q baru buka blog... boleh sekali jika itu bsa membantu..
HapusBisa hub i saya lgi.
Boleh minta data nya mba
BalasHapusBoleh kak,, maaf baru bsa buka blog lg
HapusAssalammualaikum mba ana. Boleh saya minta file word nya mba? bisa minta tolong kirim ke email saya mba? elviyenni7@gmail.com
BalasHapussebelumnya saya ucapkan terimakasih y mbak...
Waalaikumsalam..
HapusBoleh mbk..
Maaf baru buka blog..
assalamualaikum,, mba. terima kasih rppnya. saya boleh minta file wordnya ga mba? ini email saya mohammadherususanto86@gmail.com
BalasHapusWaalaikumsalam..
HapusMaaf ya kak pesannya bru bisa q baca,, sudah lma sekali bru bsa buka blog
assalamu'alaikum, mbak boleh minta data wordnya? email di vzaainubi@gmail.com , terimakasih..
BalasHapusWaalaikumsalam..
HapusMaaf ya kak q bru bsa bca pesannya,, dah lma g buka blog
Assalamualaikum .mbak boleh mnt file nya kah ? Ini email sya wahyusekarsary2293@gmail.com
BalasHapusWaalaikumsalam..
HapusMaaf ya kak, pesannya bru kebaca,,