Minggu, 01 Maret 2015

PROMES FISIKA X K13



Program Semester (PROMES)

Mata Pelajaran           : Fisika
Tingkat Pendidikan     : SMA
Kelas                             : X
Semester                       : 1 (Satu)
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Kompetensi Inti:
KI 1         :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2         :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3         :   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseputal, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4         :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Indikator
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1   Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.1   Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting).
4.1   Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah.
a.   Memahami pengukuran dalam fisika termasuk ketidakpastian, instrumen, kesalahan, dan pengolahan datanya.
b.   Menjelaskan prinsip-prinsip dalam pengukuran.
c.   Memahami besaran-besaran dalam fisika.


... JP































Uji Kompetensi

... JP































Kompetensi Dasar
Indikator
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1   Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.2   Menerapkan prinsip penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri).
4.2   Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor.
a.   Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor.
b.   Menentukan resultan vektor.
... JP































Uji Kompetensi

... JP































Kompetensi Dasar
Indikator
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1   Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.3   Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
4.3   Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
a.   Memahami besaran-besaran pada gerak lurus.
b.   Membedakan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.
c.   Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan gerak lurus.
































Uji Kompetensi

































Kompetensi Dasar
Indikator
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1   Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.4   Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus.
4.4   Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus.
a.   Menjelaskan hukum-hukum Newton tentang gerak.
b.   Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus melalui percobaan.
c.   Menerapkan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
































Uji Kompetensi

































Kompetensi Dasar
Indikator
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1   Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.5   Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi.
4.5   Menyajikan ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda).
a.   Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar.
b.   Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan gerak melingkar dengan laju konstan.
c.   Menerapkan prinsip gerak melingkar dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
































Uji Kompetensi


































Mengetahui
Kepala Sekolah



–––––––––––––––––––––––
NIP.

..........., ..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Fisika



–––––––––––––––––––––––
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar