SILABUS
BAB 2 VEKTOR
Mata Pelajaran : Fisika
Tingkat Pendidikan : SMA
Kelas :
X
Semester :
1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kompetensi
Inti:
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseputal, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Contoh Instumen
|
AW
|
Sumber Belajar
|
3.2 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor (dengan
pendekatan geometri).
4.2 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk
menentukan resultan vektor.
|
· nalisis vektor
|
· Membedakan besaran vektor dan skalar.
· Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor.
· Menentukan resultan vektor.
· Menerapkan prinsip penjumlahan vektor.
|
· Berilah contoh besaran fisika yang termasuk besaran vektor dan
besaran skalar!
· Dua orang anak berlari ke arah yang berbeda, yaitu ke arah
barat dan ke selatan. Jika jarak tempuh anak pertama dan kedua berturut-turut
500 m dan 800 m, maka tentukan resultan jarak kedua anak tersebut!
|
… JP
|
· Buku Fisika untuk SMA/MA Kelas X
· Buku-buku referensi lain yang relevan
· Internet
· Media cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar.
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
|
...........,
..................... 20 ....
Mengetahui
Guru
Kelas/Mapel Fisika
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar