Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata
Pelajaran : Fisika
Tingkat
Pendidikan : SMA
Kelas : X
Semester : 1 (Satu)
Alokasi
Waktu : ... x 45 menit (...
pertemuan)
I. KOMPETENSI
INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseputal, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif,
jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis,
kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan.
3.2 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri).
4.2 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan
vektor.
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor.
2. Menentukan resultan vektor.
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui aktivitas pembelajaran siswa dapat:
1. menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan vektor,
2. menentukan resultan vektor.
V. MATERI
POKOK
Analisis vektor
VI. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam kemudian
berdoa bersama dan mengabsen siswa.
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini yaitu tentang vektor.
3. Memotivasi siswa dengan
mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan
dibahas dan menggali pengetahuan awal misalnya:
“Tahukah kalian perbedaan
besaran vektor dan besaran skalar?”
|
... menit
... menit
... menit
|
Inti
|
1. Guru memberikan penjelasan
mengenai vektor.
2. Siswa memerhatikan dan merespon
penjelasan guru.
3. Guru memberi tugas kepada siswa
untuk mengerjakan tugas mandiri.
4. Siswa diminta untuk
mempresentasikan tugas mandiri di depan kelas.
5. Siswa bersama dengan kelompoknya
berdiskusi untuk mengerjakan tugas kelompok.
6. Beberapa perwakilan siswa
menyampaikan hasil diskusi dari kegiatan kelompok di depan kelas tentang vektor
resultan.
7. Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
8. Guru memberikan latihan individu
kepada siswa mengenai analisis vektor melalui uji kompetensi pada buku
halaman 26.
|
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
|
Penutup
|
1. Guru melakukan review terhadap
hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan meminta siswa mengungkapkan
pendapatnya.
2. Memberikan tugas rumah kepada
siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan analisis vektor.
3. Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
|
... menit
... menit
... menit
|
VI. SUMBER
BELAJAR
1. Buku : buku
Fisika untuk Kelas X SMA/MA, buku-buku referensi lain yang relevan, internet,
media cetak/elektronik, dan lingkungan sekitar.
2. Alat
Peraga : alat-alat praktikum fisika
VII. PENILAIAN
1. Empat gaya pada bidang datar setitik tangkap masing-masing
besarnya 6 N, 4 N, 8 N, dan 4 N. Terhadap sumbu x positif, membentuk sudut 30o,
60o, 210o, dan 330o. Tentukan besar resultan
dan arahnya terhadap sumbu x positif!
4. Sebuah perahu menyeberangi suatu sungai dengan kecepatan tegak
lurus terhadap arus sungai. Kecepatan arus sungai 0,3 m/s dan lebarnya 60 m.
Agar perahu itu mencapai sisi seberang sungai dalam waktu 150 sekon, maka
tentukanlah besar resultan kecepatan perahu tersebut!
Mengetahui
Kepala
Sekolah
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
...........,
..................... 20 ....
Mengetahui
Guru
Kelas/Mapel Fisika
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar