SILABUS
Mata Pelajaran :
Fisika
Tingkat Pendidikan :
SMA
Kelas :
X
Semester :
1 (Satu)
Tahun Pelajaran :
2014/2015
Kompetensi Inti:
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseputal, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Contoh Instumen
|
AW
|
Sumber Belajar
|
3.3 Menganalisis besaran-besaran fisis pada
gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
konstan.
4.3 Menyajikan data dan grafik hasil percobaan
untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan
konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
|
· Besaran
pada gerak lurus
· Gerak
lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
|
· Memahami besaran-besaran pada gerak lurus.
· Membedakan gerak lurus beraturan dan
gerak lurus berubah beraturan.
· Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan gerak lurus.
· Menerapkan prinsip gerak lurus beraturan
dan gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Ana ke sekolah mengendarai sepeda motor.
Mula-mula kecepatannya 72 km/jam. setelah mendekati sekolahan kecepatannya
dikurangi menjadi 18 km/jam dengan waktu 5 sekon. Besar perlambatan rata-rata
yang dilakukan Ana?
· Sebuah batu dijatuhkan ke sungai dari
jembatan yang tingginya 45 m di atas permukaan air sungai. Batu kedua
dilemparkan vertikal ke bawah 1,0 s setelah batu pertama dijatuhkan. Kedua
batu mencapai permukaan air sungai dalam waktu bersamaan. Berapakah laju awal
batu yang kedua?
|
… JP
|
· Buku Fisika untuk SMA/MA Kelas X
· Buku-buku referensi lain yang relevan
· Internet
· Media cetak/elektronik
· Lingkungan sekitar.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
..........., ..................... 20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Fisika
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar