SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Tingkat Pendidikan : SMA
Kelas : X
(Sepuluh)
Semester : 2
(Dua)
Tahun Pelajaran : 20.../20...
NARRATIVE
A. Mendengarkan
Standar Kompetensi: 8. Memahami makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
8.2 Merespon makna dalam
teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk; narrative, descriptive, dan news item.
|
C3
|
Gemar membaca
|
Teks lisan berbentuk narrative
|
Menyusun kalimat acak.
|
Siswa dapat menyusun kalimat acak.
|
C1
|
Tugas Individu dan Tugas Kelompok
|
Menyusun kalimat acak menjadi kalimat benar.
|
Arrange the following jumbled
paragraphs into a good and meaningful fairy tale! Then, translate it into
Indonesian!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
B. Berbicara
Standar Kompetensi: 9. Mengungkapkan
makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional
resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
|||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
||||||||||
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi
secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:
menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan,
tawaran, dan ajakan.
|
C3
|
Gemar membaca
|
Bermain peran
|
Menggunakan tindak tutur tawaran.
|
Siswa dapat menggunakan tindak tutur tawaran.
|
C3
|
Check Yourself
|
- Pilihan ganda
- Isian
- Uraian
|
Arrange the jumbled letters
below to form words! Find the meaning of the words!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
|
C. Membaca
Standar Kompetensi: 11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
11.2
Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan
news item.
|
C3
|
Gemar membaca
|
• Teks tulis berbentuk narrative
|
· Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca.
· Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca.
|
· Siswa dapat mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca.
· Siswa dapat mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang
dibaca.
|
C1
C1
|
Tugas Individu dan Tugas
Kelompok
|
· Menjodohkan kata
· Menerjemahkan teks narrative.
|
Match the words in column A
with their meaning in column B!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
D. Menulis
Standar Kompetensi: 12.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan
review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
12.2 Mengungkap-kan
makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative,
descriptive, dan news item.
|
C3
|
Gemar membaca
|
Teks tulis berbentuk narrative
|
· Mengguna-kan kalimat past tense dalam menyampai-kan sebuah
peristiwa.
· Menganalisa teks berbentuk narrative.
· Melengkapi kalimat rumpang berbentuk teks narrative.
|
· Siswa dapat mengguna-kan kalimat past tense dalam menyampai-kan
sebuah peristiwa.
· Siswa dapat menganalisa teks berbentuk narrative.
· Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang berbentuk teks narrative.
|
C3
C4
C3
|
Check Yourself
Review
|
- Pilihan ganda
- Isian
- Uraian
|
Translate the text below into Indonesian!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar