SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Tingkat Pendidikan : SMA
Kelas : X
(Sepuluh)
Semester : 2
(Dua)
Tahun Pelajaran : 20.../20...
NEWS ITEM
A. Mendengarkan
Standar Kompetensi: 8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek
dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
8.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative, descriptive, dan
news item.
|
C3
|
Peduli sosial
|
Teks lisan berbentuk news
item
|
· Mengidentifikasi
tokoh dari cerita yang didengar.
· Menyusun
kalimat acak..
|
· Siswa
mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar.
· Siswa dapat
menyusun kalimat acak.
|
C1
C1
|
Tugas Individu dan Tugas
Kelompok
|
· Aplikatif
· Menyusun
kalimat acak.
|
Watch the news in TV, listen
one of its news carefully and write the summary! Do it in your work book,
then submit it to your teacher!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
B. Berbicara
Standar Kompetensi: 10.
Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
10.1 Mengungkapkan makna
dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana
dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. (sustained) secara
akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali,
mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi,
dan memberikan penilaian.
|
C3
|
Peduli sosial
|
Bermain peran
|
Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah news item.
|
Siswa dapat melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah news
item.
|
C3
|
Check Yourself
|
- Pilihan ganda
- Isian
- Uraian
|
Arrange the jumbled letters below to form words! Find the
meaning of the words!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
C. Membaca
Standar Kompetensi: 11. Memahami makna teks tulis monolog yang
berbentuk narrative dan
review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima
yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
C3
|
Peduli sosial
|
Teks tulis berbentuk news item
|
Menghasilkan teks berbentuk news item.
|
Siswa dapat menghasilkan teks berbentuk news item.
|
C2
|
Tugas Individu dan Tugas
Kelompok
|
Aplikatif
|
Find the article about Tsunami
in any sources and rewrite it with your own words! Do it in your work book,
then submit it to your teacher!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
D. Menulis
Standar Kompetensi: 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis
monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
12.2
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk
narrative, descriptive, dan news item.
|
C3
|
Peduli sosial
|
Teks tulis berbentuk news
item
|
Menghasilkan teks berbentuk news item.
|
Siswa dapat menghasilkan teks berbentuk news item.
|
C2
|
Check Yourself
Review
|
- Pilihan ganda
- Isian
- Uraian
|
Match the words in column A
with their meaning in column B!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar