Selasa, 10 Maret 2015

RPP BAHASA INGGRIS BAB NARATIF (Ana Susana)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Tingkat Pendidikan  : SMA
Kelas                      : X (Sepuluh)
Semester                : 2 (Dua)
Alokasi Waktu         : ... x 45 menit (... pertemuan)

I.    STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan
      Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
      Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Membaca
      Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk   narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Menulis
      Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
II.   KOMPETENSI DASAR
Mendengarkan
      Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
      Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian.
Membaca
      Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Menulis
      Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review.
III.  INDIKATOR
1.   Menyusun kalimat acak.
2.   Menggunakan tindak tutur tawaran.
3.   Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca.
4.   Menggunakan kalimat past tense dalam menyampaikan sebuah peristiwa.
IV.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Siswa dapat menyusun kalimat acak.
2.   Siswa dapat menggunakan tindak tutur tawaran.
3.   Siswa dapat mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca.
4.   Siswa dapat menggunakan kalimat past tense dalam menyampaikan sebuah peristiwa.
Karakter siswa yang diharapkan: Gemar membaca
V.   DAMPAK PENGIRING
      Setelah mempelajari materi Narrative, siswa diharapkan mampu melengkapi dan membuat cerita tentang Narrative.
VI. MATERI PEMBELAJARAN
1.   Teks lisan  berbentuk narrative
2.   Bermain peran
3.   Teks tulis  berbentuk narrative
VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Siswa
Waktu
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal
    Guru mengucapkan salam kemudian berdoa bersama dan mengabsen siswa.
    Memberikan motivasi, mengkondisikan siswa untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
    Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

K

K


K

… menit

… menit


… menit

Religius, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan komunukatif.
2.
Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
    Guru menjelaskan materi tentang narrative.
    Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang narrative.
    Guru menjelaskan pada siswa pertanyaan tentang teks narrative.
    Siswa mendengarkan dengan baik.
Ø  Elaborasi
    Siswa diminta mendengarkan guru dan menuliskan kata tentang narrative yang diucapkan guru pada lembar jawab.
    Siswa diminta untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada di dalam lembar kerja siswa.
    Siswa diminta untuk menyusun kalimat acak pada teks narrative.
    Siswa diminta untuk mengerjakan evaluasi diri.
Ø  Konfirmasi
    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
    Pembahasan lembar tugas
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, dan menyimpulkan materi pelajaran.
    Memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.


K

K

K

K

K



Klp


K

I


K


K
K



K


… menit

… menit

… menit

… menit

… menit



… menit


… menit

… menit


… menit


… menit
… menit



… menit


Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan komunikatif.



Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan tanggung jawab.






Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan komunikatif.
3.
Kegiatan Akhir
    Guru bersama-sama siswa membuat catatan/rangkuman.
    Tindak lanjut (pemberian tugas dari guru).
    Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
    Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

K

I
K

K

… menit

… menit
… menit

… menit

Jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan religius.

Ket: K (kelas), Klp (kelompok), I (individu)

VIII METODE PEMBELAJARAN
·     Articulation
·     contextual learning
IX   SUMBER/BAHAN BELAJAR
·     Buku Mata Pelajaran
·     Materi yang relevan
X    PENILAIAN
Contoh instrument penilaian
·     Arrange these jumbled paragraphs into a good text, then translate it into Indonesian! Do it with your friend in a sheet of foolscap and submit it to your teacher!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar