Selasa, 10 Maret 2015

SILABUS BAHASA INGGRIS NEWS ITEM (Ana Susana)



SILABUS

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris
Tingkat Pendidikan : SMA
Kelas                     : X (Sepuluh)
Semester               : 2 (Dua)
Tahun Pelajaran      : 20.../20...
NEWS ITEM
A.  Mendengarkan
Standar Kompetensi: 8.    Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
Tahapan Berpikir
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan Berpikir
Penilaian
AW
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Bentuk Tes
Contoh Instumen
8.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative, descriptive, dan news item.
C3
Peduli sosial
Teks lisan  berbentuk news item

·        Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar.
·      Menyusun kalimat acak..
·      Siswa mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar.
·      Siswa dapat menyusun kalimat acak.
C1



C1






Tugas Individu dan Tugas Kelompok
·  Aplikatif
·     Menyusun kalimat acak.
Watch the news in TV, listen one of its news carefully and write the summary! Do it in your work book, then submit it to your teacher!

… JP
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan



B.  Berbicara
Standar Kompetensi: 10. Mengungkapkan makna   dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk   narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
Tahapan Berpikir
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan Berpikir
Penilaian
AW
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Bentuk Tes
Contoh Instumen
10.1    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian.
C3
Peduli sosial
Bermain peran

Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah news item.

Siswa dapat melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah news item.


C3



Check Yourself
-             Pilihan ganda
- Isian
-             Uraian

Arrange the jumbled letters below to form words! Find the meaning of the words!

… JP
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan


C.  Membaca
Standar Kompetensi: 11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk   narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
Tahapan Berpikir
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan Berpikir
Penilaian
AW
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Bentuk Tes
Contoh Instumen
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari.
C3
Peduli sosial
Teks tulis berbentuk news item

Menghasilkan teks berbentuk news item.


Siswa dapat menghasilkan teks berbentuk news item.


C2







Tugas Individu dan Tugas Kelompok
Aplikatif
Find the article about Tsunami in any sources and rewrite it with your own words! Do it in your work book, then submit it to your teacher!
… JP
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan



D.  Menulis
Standar Kompetensi: 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review  dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
Tahapan Berpikir
Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan Berpikir
Penilaian
AW
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Bentuk Tes
Contoh Instumen
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.
C3
Peduli sosial
Teks tulis  berbentuk news item

Menghasilkan teks berbentuk news item.

Siswa dapat menghasilkan teks berbentuk news item.


C2
    Check Yourself
    Review
-            Pilihan ganda
- Isian
-     Uraian
Match the words in column A with their meaning in column B!

… JP
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar