SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Tingkat Pendidikan : SMA
Kelas : X
(Sepuluh)
Semester : 2
(Dua)
Tahun Pelajaran : 20.../20...
DESCRIPTIVE
A. Mendengarkan
Standar Kompetensi: 8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek
dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
8.2 Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review.
|
C1
|
Rasa ingin tahu
|
Teks lisan berbentuk descriptive
|
· Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar.
· Membuat teks yang berisi tentang deskripsi.
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar.
· Siswa dapat membuat teks yang berisi tentang deskripsi.
|
C1
C5
|
Tugas Individu dan Tugas Kelompok
|
Aplikatif
|
Describe the tourism spot which
near your home town! Do it in your work book, then submit it to your teacher!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
B. Berbicara
Standar Kompetensi: 9. Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan
pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
9.1Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima
dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan
mengucap-kan.
|
C3
|
Rasa ingin tahu
|
Bermain peran
|
Menggunakan tindak tutur memuji.
|
Siswa dapat menggunakan tindak tutur memuji.
|
C3
|
Check Yourself
|
- Pilihan ganda
- Isian
- Uraian Isian
|
Arrange the jumbled letters below to form words! Find the
meaning of the words!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
C. Membaca
Standar Kompetensi: 11.
Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan
review secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
11.2 Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative,
descriptive, dan news item.
|
C3
|
Rasa ingin tahu
|
Teks tulis berbentuk descriptive
|
· Melengkapi kalimat rumpang tentang teks descriptive.
· Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca.
|
· Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang tentang teks descriptive.
· Siswa dapat mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang
dibaca.
|
C3
C1
|
Tugas Individu dan Tugas
Kelompok
|
· Melengkapi kalimat rumpang pada teks descriptive.
· Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca.
|
Complete the text below with
the words in the box!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
D. Menulis
Standar Kompetensi: 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative
dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Pendidikan Budaya Karakter
Bangsa
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tahapan Berpikir
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber Belajar
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tes
|
Contoh Instumen
|
|||||||||
12.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative,
descriptive, dan news item.
|
C3
|
Rasa ingin tahu
|
Teks tulis berbentuk descriptive
|
Menghasilkan teks berbentuk descriptive.
|
Siswa dapat menghasilkan teks berbentuk descriptive.
|
C2
|
Check Yourself
Review
|
- Pilihan ganda
- Isian
- Uraian
|
Arrange the text below into a good order!
|
… JP
|
Buku Mata Pelajaran
Materi yang relevan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar