Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata
Pelajaran : Fisika
Tingkat
Pendidikan : SMA
Kelas : X
Semester : 1 (Satu)
Alokasi
Waktu : ... x 45 menit (...
pertemuan)
I. KOMPETENSI
INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseputal, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
II. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab,
terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan.
3.3 Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak
lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
4.3 Menyajikan data dan grafik hasil percobaan
untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan
konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Memahami besaran-besaran pada gerak lurus.
2. Membedakan gerak lurus beraturan dan gerak
lurus berubah beraturan.
3. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan gerak lurus.
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
aktivitas pembelajaran siswa dapat:
1. memahami besaran-besaran pada gerak lurus,
2. membedakan gerak lurus beraturan dan gerak
lurus berubah beraturan,
3. menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan gerak lurus.
V. MATERI
POKOK
1. Besaran pada gerak lurus
2. Gerak lurus beraturan dan gerak lurus
berubah beraturan
VI. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam kemudian
berdoa bersama dan mengabsen siswa.
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini yaitu tentang gerak lurus.
3. Memotivasi siswa dengan
mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam mempelajari topik yang akan
dibahas dan menggali pengetahuan awal misalnya:
“Pernahkah Anda mengamati
lintasan mobil, kereta api atau sepeda motor?”
|
... menit
... menit
... menit
|
Inti
|
1. Guru
menjelaskan dan memberi contoh mengenai besaran pada gerak lurus.
2. Siswa
memerhatikan dan merespon penjelasan guru.
3. Siswa
secara mandiri diminta untuk mengerjakan lembar evaluasi.
4. Guru
memberikan penjelasan dan contoh mengenai gerak lurus beraturan dan gerak
lurus berubah beraturan.
5. Siswa
memerhatikan dan merespon penjelasan guru.
6. Guru
memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan tugas mandiri.
7. Siswa
diminta untuk mempresentasikan tugas mandiri di depan kelas.
8. Siswa
bersama dengan kelompoknya berdiskusi untuk mengerjakan tugas kelompok.
9. Beberapa
perwakilan siswa menyampaikan hasil diskusi dari kegiatan kelompok di depan
kelas tentang gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.
10. Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
11. Guru memberikan latihan individu kepada
siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan gerak lurus
melalui uji kompetensi pada buku halaman 39.
|
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
... menit
|
Penutup
|
1. Guru melakukan review terhadap
hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan meminta siswa mengungkapkan
pendapatnya.
2. Memberikan tugas rumah kepada
siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan gerak lurus
dalam kehidupan sehari-hari.
3. Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
|
... menit
... menit
... menit
|
VI. SUMBER BELAJAR
1. Buku : buku Fisika untuk Kelas X SMA/MA, buku-buku
referensi lain yang relevan, internet, media cetak/elektronik, dan lingkungan
sekitar.
2. Alat Peraga : alat-alat praktikum fisika
VII. PENILAIAN
1. Sebuah peluru ditembakkan vertikal ke atas
dengan kecepatan awal 30 m/s, di tempat yang memiliki percepatan gravitasi 10
m/s2, tentukan:
a. kecepatan peluru tersebut saat berada pada
ketinggian 25 m di atas tempat penembakan,
b. tinggi maksimum yang dicapai peluru!
2. Sebuah mobil bergerak ditunjukkan dengan
tabel perpindahan x terhadap waktu t.
t (s)
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
x (m)
|
0
|
3
|
5
|
7
|
10
|
14
|
a. Gambarlah grafik
perpindahan x terhadap waktu t!
b. Tentukan kecepatan rata-rata mobil tersebut
selama bergerak 5 sekon!
c. Tentukan kecepatan rata-rata mobil tersebut
dari t = 1 s hingga t = 4 s!
3. Sebuah mobil bergerak lurus dengan kecepatan
awal 3 m/s, dipercepat dengan percepatan tetap 2 m/s2.
a. Tentukan jarak yang ditempuh mobil setelah
berjalan 4 sekon!
b. Lukislah grafik kecepatan v terhadap waktu
t!
c. Lukislah grafik jarak s terhadap waktu t!
Mengetahui
Kepala Sekolah
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
|
..........., .....................
20 ....
Mengetahui
Guru Kelas/Mapel Fisika
–––––––––––––––––––––––
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar